Tempat Wisata Aquarium di Jakarta Terbaik Pilihan Traveler

Wisata aquarium di Jakarta memang selalu menarik perhatian. Panorama keindahan bawah laut berpadu dengan sistem ekosistem serta perilaku biota laut yang menggemaskan. Ancol sebagai kawasan wisata terbesar, memiliki dua wisata bawah laut dengan konsep yang berbeda.

Pengunjung bisa menikmati pengalaman seru berinteraksi langsung dengan biota laut sambil memperhatikan perilakunya. Wisata edukasi ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Bukan hanya bermain dan bersenang-senang saja, anak-anak juga dapat belajar tentang habitat bawah laut.

Daftar Wisata Aquarium di Jakarta Ancol

Tempat wisata aquarium di Jakarta Ancol memang populer dikunjungi. Hal tersebut terjadi karena nuansa edukasi hingga keseruan dihadirkan pada wisata ini.

Selain itu, Ancol merupakan tempat berlibur ideal yang berada di tengah kota. Pengunjung bisa menikmati berbagai hal jika berlibur ke Ancol. Berikut beberapa pilihan wisata aquarium menarik di Ancol yang mengusung tema kehidupan bawah laut:

1. Sea World

Wisata aquarium di Jakarta Sea World menghadirkan miniatur pesona laut dalam sebuah aquarium besar. Pengunjung bisa secara langsung menikmati suasana dan pesona bawah laut ketika berjalan di bawahnya.

Untuk memberikan pengalaman yang menawan, tempat wisata ini dilengkapi dengan alas berjalan sehingga pengunjung bisa menikmati pesona bawah laut dengan nyaman. Tempat wisata ini sudah berdiri sejak tahun 1994 dengan tujuan pendidikan, hiburan, dan konservasi.

Sea World memiliki koleksi biota laut yang beragam, setidaknya terdapat 7.300 ekor biota air tawar. Di antaranya adalah 48 jenis ikan. Terdapat juga sekitar 11.500 ekor biota laut yang terdiri dari jenis ikan dan avertebrata sebanyak 138 dan 3 jenis reptil.

Semua spesies tersebut disajikan dalam 28 display yang berbeda, bahkan ada yang menggunakan kolam terbuka.

Hal yang menarik dari tempat wisata ini adalah adanya sejumlah atraksi seperti Feeding Show, yaitu saat ikan diberikan makan. Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan beragam wahana lain yang seru untuk dicoba.

Baca Juga : 6 Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Air di Jakarta Paling Seru 2022

2. Ocean Dream Samudra

Wisata aquarium di Jakarta ini dikenal juga dengan sebutan Gelanggang Samudra. Bukan hanya menghadirkan keindahan bawah laut saja, namun tempat wisata ini juga menampilkan pertunjukan kepintaran dari para hewan.

Tempat wisata ini didirikan pada tahun 1974 dengan tujuan untuk memberikan informasi tentang laut, potensinya, dan juga sarana hiburan. 

Tempat wisata yang bernuansa konservasi alam ini mampu memberikan pengalaman yang berbeda sehingga pengunjung bisa lebih dekat dan menyayangi aneka satwa. Pentas satwa yang dihadirkan bukan hanya unik, namun juga bisa memberikan kebahagiaan bagi para penonton.

Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan beragam wahana menarik sehingga pengunjung dapat merasakan keseruan. Bukan hanya hewan laut, terdapat juga habitat bermacam burung.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata Pantai di Jakarta Terindah dan Terbaik

Daya Tarik Sea World

Sea World menjadi wisata aquarium di Jakarta yang paling populer karena memiliki banyak daya tarik. Tidak heran jika tempat wisata ini digandrungi oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Berikut beberapa pesona dan area yang bisa dinikmati pengunjung:

1. Jelly Fish Exhibit

Wahana ini menghadirkan keindahan ubur-ubur yang bercahaya ketika berenang dalam kegelapan. Pengunjung bisa menikmati keindahan sambil memperhatikan gerak gerik ubur-ubur. Terdapat beberapa jenis ubur-ubur yang bisa diamati.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Murah dan Terbaik 2022

2. Aquarium Raksasa

Ini merupakan daya tarik utama dari Sea World. Aquarium raksasa ini diklaim merupakan yang terbesar di Indonesia dan kedua di Asia Tenggara. Aquarium ini menampung sekitar 5 juta liter air dengan ukuran kedalaman yang bervariasi, mulai dari 4,5 hingga 6 m.

Pengunjung bisa melihat ribuan ekor ikan dari spesies yang beragam, mulai dari yang paling lucu hingga ganas. Aquarium ini juga bahkan menampung Tawny Nurse Shark yang memiliki ukuran cukup besar dengan panjang sekitar 3,5 meter.

Ikan hiu ini berada di urutan 32 dari 32 jenis hiu ganas. Atraksi yang paling menarik di aquarium ini disebut dengan Feeding Show. Pengunjung bisa melihat secara langsung interaksi para penyelam dengan biota laut.

3. Lorong Antasena

Ini merupakan area paling menarik yang terdapat di tempat wisata aquarium di Jakarta Sea World. Wahana ini merujuk pada terowongan bawah air yang menjadi spot paling ikonik. Panjang lorong ini sekitar 80 meter dengan pijakan berupa eskalator otomatis.

Kubah tembus pandang juga dihadirkan di atas kolam utama agar pengunjung bisa berjalan sambil melihat keindahan bawah laut. Melalui lorong ini, pengunjung bisa menikmati sensasi menjelajahi laut sambil melihat beragam spesies biota laut yang menarik.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Murah 2022

4. Glow Theater

Bukan hanya hiburan, tempat ini juga menawarkan wisata edukasi. Pengunjung bisa menikmati pemutaran film seperti di bioskop. Pertunjukan ini sangat menarik dan mampu memberikan pembelajaran bagi anak-anak.

Uniknya, area ini akan menampilkan warna warni yang indah saat lampu menjadi padam. Suasana menonton film akan terasa lebih menyenangkan.

5. Touch Pool

Wahana ini berupa kolam yang memungkinkan pengunjung untuk dapat berinteraksi dengan lebih dekat dengan biota laut. Area ini memiliki 4 kolam terbuka dengan koleksi hewan laut yang bergam. Beberapa di antaranya adalah kolam penyu, ikan hiu jinak, bintang laut, dan lainnya.

Bukan hanya dapat berinteraksi secara langsung, pengunjung juga dapat berfoto dengan hewan laut yang ada di kolam. Jangan lupa untuk membaca dan mematuhi aturan yang ada.

Baca Juga : 21 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable dan Murah 2022

Wahana Seru Ocean Dream

Tempat wisata ini menyajikan pesona keindahan biota laut yang juga mengusung tema edukasi. Dengan berkunjung ke tempat ini, pengunjung bisa mempelajari berbagai hal seperti habitat biota laut, berinteraksi langsung dengan hewan laut, dan lain sebagainya.

Selain itu, tempat wisata aquarium di Jakarta yang satu ini juga menawarkan beberapa wahana menarik yang wajib dicoba. Simak uraiannya sebagai berikut:

1. Scorpion Pirates

Pertunjukan ini menghadirkan suasana pertempuran water stuntman yang ada di laut untuk melawan bajak laut Scorpion. Pertunjukan ini terasa semakin seru karena dilengkapi dengan special effect yang memukau.

2. Permainan Balloon Race

Wahana ini disebut juga dengan permainan ubur-ubur. Saat menikmati wahana ini, seluruh anggota keluarga bisa ikut dalam permainan. Wahana berbentuk balon besar ini akan berputar searah jarum jam sehingga mampu memberikan pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Jakarta Terbaik dan Murah 2022

3. Cinema 4D

Wahana pemutaran film ini sangat populer di Ocean Dream. Pengunjung bisa merasakan sensasi menonton film yang terlihat sangat nyata. Saat menikmati wahana ini, pengunjung diwajibkan untuk menggunakan kacamata 3D.

Keseruan semakin terasa karena pengunjung menonton sambil merasakan langsung efek filmnya seperti kursi bergerak, cipratan air, hembusan angin, dan lain sebagainya.

4. Wahana Boto-Boto

Ini merupakan salah satu dari tiga wahana permainan yang dapat memberikan pengalaman menarik bagi anak-anak. Pengunjung bisa menikmati keseruan menaiki wahana berbentuk pesawat ini. Udara sejuk yang dirasakan ketika wahana berputar menambah keseruan menaiki wahana.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Wisata Outdoor Jakarta Murah dan Terbaik 2022

5. Atraksi Biota Laut

Wahana paling seru yang ada di tempat wisata aquarium di Jakarta Ocean Dream adalah arena pertunjukan. Di sana pengunjung bisa melihat kepintaran lumba-lumba dan singa laut. Pelatih hewan akan memandu acara dan memberikan tugas pada hewan.

Pengunjung bisa secara langsung menyaksikan aksi para hewan mengikuti arahan instruktur. Pertunjukan diadakan dengan jadwal yang sudah ditentukan sehingga bagi pengunjung yang ingin menonton pastikan untuk melihat jadwalnya terlebih dahulu agar tidak ketinggalan.

6. Taman Surga Burung

Area ini menghadirkan habitat dari berbagai spesies burung. Pengunjung bisa berfoto dengan burung kakak tua yang sudah jinak dan patuh. Selain itu, pengunjung juga bisa berinteraksi secara langsung dengan burung dan mengambil foto yang menawan.

Jangan khawatir kesulitan mengambil foto karena kegiatan tersebut akan didampingi oleh petugas. Dengan begitu, wahana bisa dikunjungi dengan aman.

Siap untuk menjajal keseruan wisata aquarium di Jakarta Ancol? Ayo segera beli tiket masuknya secara online melalui situs resmi https://www.ancol.com/tiket. Nikmati keseruan bersama keluarga bermain sambil menikmati keindahan bawah laut.