7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Murah dan Terbaik 2022

Tempat wisata di Jakarta sangat beragam sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Bukan hanya Monas dan Kebun Binatang Ragunan saja, keberadaan Taman Impian Jaya Ancol juga tidak kalah populer dan menjadi salah satu destinasi wisata yang difavoritkan.

Bahkan sejak zaman penjajahan, kawasan wisata Ancol sudah menjadi magnet dalam dunia pariwisata dan terus berkembang. Hingga akhirnya di tahun 1966, Taman Impian Jaya Ancol  diresmikan dan menjadi salah satu ikon taman rekreasi terbesar di tanah air.

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta

Berbicara tentang tempat wisata di Jakarta tentu tidak bisa terlepas dari popularitas Ancol yang menjadi salah satu tempat wisata yang difavoritkan. Tidak heran jika kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung saat musim liburan tiba.

Wisata Ancol menyajikan beragam hiburan dengan daya tarik tersendiri yang akan membuat siapapun betah untuk menjelajahinya satu per satu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Ancol, Jakarta yang menarik untuk dieksplore.

1. Dufan

Ke Ancol tidak akan lengkap tanpa menjelajahi keseruan Dunia Fantasi (Dufan) yang merupakan theme park pertama di Indonesia. Tempat wisata di Jakarta ini resmi dibuka pada tahun 1985 dan terus berkembang hingga memiliki beragam wahana seru di dalamnya.

Sebagai pusat hiburan outdoor dan edutainment fisika terbesar di Indonesia, Dufan dilengkapi dengan fantasi keliling dunia. Pengunjung bisa menjelajahi dunia melalui wahana permainan seru yang terbagi menjadi 9 kawasan.

Mulai dari Kereta Misteri, Baling-Baling, Paralayang, Turbo Drop, Zig-Zag, Kolibri, Karavel, Ontang-Anting, Hysteria, Halilintar, Poci-Poci, Rumah Miring, Istana Boneka, Tornado hingga Kora-Kora.

Jika masih belum puas, ada wahana lainnya yang tidak kalah seru untuk dicoba. Diantaranya adalah Bianglala, Ice Age Arctic Adventure, Dream Playground, Galactica, Rumah Jahil, The Mysterious Land, Burung Tempur, Arung Jeram, Kontiki dan lain sebagainya.

Baca Juga : 21 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable dan Murah 2022

2. Sea World

Kawasan wisata di Jakarta ini bukan hanya sekedar mengusung misi hiburan dan rekreasi saja tetapi juga edukasi dan konservasi sehingga menjadi paket liburan yang lengkap. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini menyajikan keanekaragaman biota laut.

Setidaknya ada sekitar 7.300 ekor jenis biota air tawar yang berasal dari 48 jenis ikan di tempat ini. Selain itu juga terdapat jenis reptil, dan berbagai jenis biota perairan laut lainnya dengan jenis yang sangat beragam.

Tempat wisata di Jakarta ini menyediakan 28 display yang terdiri dari 9 akuarium air tawar, 19 akuarium lain serta 4 kolam terbuka dengan berbagai jenis ikan di dalamnya. Selain itu juga tersedia fasilitas museum yang mengedukasi pengunjung dengan koleksi hewan laut purba.

Adapun wahana yang tersedia antara lain adalah Antasena Tunnel, Shark Aquarium, Magic Aquarium, Interactive Aquarium, Jellyfish Sphere, Main Aquarium, Touchpool, Car Aquarium, dan Museum Misteri Kehidupan Laut Dalam.

3. Atlantis Water Adventure

Dengan luas area mencapai 7 hektar, Atlantis Water Adventure resmi dibuka pada tahun 1974 dan menjadi salah satu taman rekreasi air yang difavoritkan. Tempat wisata murah di Jakarta ini akan mengajak pengunjung menikmati petualangan yang seru dan tak terlupakan.

Beberapa jenis wahana yang tidak boleh dilewatkan antara lain adalah Asthatirta, Skybox, Crazy Slide, Dragon Race, Dragon Slide, Poseidon Wave, Antila River, Apollo Pool, Rainbow Splash Pool, hingga Elephant Pool.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Murah 2022

4. Ocean Dream Samudera

Tempat wisata di Jakarta ini resmi dibuka pada tahun 1974 dan mengusung konsep edutainment theme park dengan nuansa konservasi alam. Sebagai unit oceanarium terbesar, tempat ini menyajikan pertunjukan aneka satwa yang sangat menghibur.

Diantaranya adalah pentas lumba-lumba, singa laut, akuarium ikan air tawar dan laut, peragaan satwa, serta taman burung yang menjadi habitat dari berbagai jenis burung. Tempat ini juga sekaligus menjadi pusat studi konservasi ikan lumba-lumba.

Selain menikmati pertunjukan aneka satwa, di kawasan ini pengunjung juga bisa mencoba berbagai macam wahana seru. Diantaranya adalah Mola-Mola, Istana Pinguin, Cinema 5D, Karausel, Ubur-Ubur, Scorpion Pirates, Boto-Boto, Laga Lagoon, dan Kids Playground.

5. Allianz Eco Park

Dengan mengusung konsep edukasi dan rekreasi, Ocean Ecopark mengajak pengunjung untuk menikmati liburan seru dengan nuansa alam yang asri dan sejuk. Dengan luas area mencapai 34 hektar, berbagai permaian seru juga bisa dilakukan di tempat ini.

Diantaranya adalah paintball yang cukup memicu adrenalin, panahan serta berperahu. Selain itu, di kawasan Ocean Ecopark juga tersedia fasilitas menarik seperti danau buatan, area taman yang luas dan fasilitas pendukung lainnya yang memadai.

Tempat wisata di Jakarta ini terbagi menjadi 4 zona dengan daya tarik masing-masing yang akan memanjakan pengunjung dengan berbagai macam aktivitas seru di dalamnya. Adapun zona yang dimaksud adalah:

a. Zona Eco Care

Zona ini akan mengajak para pengunjung untuk menikmati berbagai macam permainan edukatif yang seru dan menyenangkan dalam suasana kekeluargaan yang akrab.

b. Zona Eco Art

Sementara Zona Eco Art akan memanjakan pengunjung dengan berbagai jenis pentas seni serta pameran yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

c. Zona Eco Nature

Di zona ini pengunjung akan diajak untuk mengenal berbagai jenis flora maupun fauna dengan ciri khas dan karakteristiknya masing-masing yang unik sehingga bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

d. Zona Eco Energy

Dengan konsep Go-Green, zona ini akan mengedukasi pengunjung mengenai pemanfaatan energi yang tepat serta pengenalan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan.

Adapun beberapa wahana yang bisa dieksplor di tempat ini, diantaranya adalah Learning Farm, Rumah Lebah, Eco-Bike, hingga Eco-Market.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta 2022

6. Pasar Seni

Tempat wisata di Jakarta ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi para pecinta dan kolektor seni. Pasar Seni Ancol sendiri didirikan sebagai bentuk kepedulian terhadap para seniman dengan karya-karyanya yang bernilai seni tinggi.

Pasar Seni ini didirikan pada awal tahun 1977 dan kemudian diresmikan pada akhir tahun 1977. Keberadaan Pasar Seni ini disambut dengan antusias oleh masyarakat dan menjadi media berkumpulnya para seniman.

Dengan luas lahan sekitar 5,25 hektar, pengunjung akan diajak untuk menikmati rekreasi dengan cara yang kreatif dan menyenangkan. Selain berkeliling dan menikmati karya seni para seniman, pengunjung juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas seru lainnya. 

Diantaranya adalah  mengikuti kelas workshop seperti membatik Betawi, graffiti, stone painting, mix media art, keramik, macrame, wayang ondel-ondel, dream catcher, kelas komik, dan lain sebagainya.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Wisata Outdoor Jakarta Murah dan Terbaik 2022

7. Putri Duyung Ancol

Resort dengan pemandangan laut yang eksotis ini sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga. Dengan luas area sekitar 7 hektar, tempat ini menyediakan 131 cottages bergaya unik dengan fasilitas lengkap di dalamnya.

Mulai dari room service 24 jam, kids playground, jogging track, fun bike, infinity pool dan lain sebagainya. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati momen santai yang sebenarnya dengan suasana alam yang memanjakan mata. Ancol merupakan tempat wisata di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba. Ada banyak wahana seru dan edukatif yang bisa dijelajahi satu per satu sehingga momen liburan semakin lengkap. Jadi tunggu apalagi, segera beli tiket Ancol sekarang juga dan nikmati semua keseruan di dalamnya!