7 Rekomendasi Wisata Outdoor Jakarta Murah dan Terbaik 2022

Wisata outdoor Jakarta memang selalu menarik untuk dikunjungi. Liburan di alam terbuka diyakini mampu memberikan dampak positif yang akan membuat pikiran kembali rileks. Salah satu yang paling populer untuk dikunjungi adalah Pantai Ancol di Jakarta Utara. 

Di Ancol sendiri terdapat deretan pantai yang akan memanjakan mata sehingga membuat momen liburan semakin menyenangkan. Mulai dari Pantai Lagoon, Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Marina, Pantai Carnaval, Pantai Bende, Pantai Ria hingga Danau Impian. 

Rekomendasi Wisata Outdoor Jakarta 2022

Berbicara tentang wisata Ancol seolah tidak ada habisnya, karena di kawasan wisata ini tersedia deretan pantai nan indah lengkap dengan berbagai macam fasilitas dan wahana permainan modern di dalamnya. 

Dengan garis pantai sepanjang 6,5 km, di lokasi ini terdapat 7 kawasan pantai yang akan memanjakan pengunjung dengan pesona dan keindahannya.

1. Pantai Lagoon Ancol

Pantai Lagoon Ancol merupakan salah satu tempat wisata outdoor di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Nuansa pantai yang indah di tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto dan diunggah di media sosial.

Di lokasi wisata ini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai bersama keluarga dan sejenak menyingkir dari rutinitas dan kesibukan. Selain bersantai di tepi pantai dan bermain air, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi ski air yang seru.

2. Pantai Festival Ancol

Di tempat wisata outdoor Jakarta ini pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dengan latar yang unik berupa gedung-gedung tinggi pencakar langit sehingga menyajikan pemandangan yang cukup kontras.

Pemandangan tersebut menghadirkan siluet yang begitu indah ketika senja menghampiri. Tidak heran jika banyak pengunjung yang tertarik untuk mengabadikan momen sunset di tempat ini dalam bidikan kamera.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Murah dan Terbaik 2022

3. Pantai Carnaval Ancol

Sebutan Pantai Carnaval di lokasi wisata outdoor Jakarta ini disebabkan karena pantai ini sering dijadikan pusat hiburan dan event-event besar bahkan hingga skala internasional. Termasuk event akhir tahun yang banyak diagendakan berlangsung di pantai ini.

Di kawasan pantai ini pengunjung bukan hanya menikmati keindahan di tepi pantai saja tetapi juga bisa menyewa perahu dan menikmati suasana laut yang indah. Selain itu, untuk pengalaman yang lebih seru, pengunjung juga bisa mencoba wahana gondola yang seru.

Di pantai ini pengunjung bisa menikmati suasana pantai yang indah, berolahraga, berburu kuliner dan nongkrong di beberapa restoran dan cafe yang ada di sekitar pantai. Seperti Jimbaran Resto dan Segarra Resto.

4. Pantai Bende

Kawasan pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang indah dan romantis, terutama ketika matahari mulai tenggelam di sore hari. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk melepas penat dan menikmati momen sunset yang begitu syahdu.

Di lokasi wisata outdoor Jakarta ini terdapat dermaga cinta yang menjadi ikon Pantai Bende. Selain banyak digunakan untuk sesi foto prewedding, di lokasi ini juga sering digunakan untuk penyelenggaraan pesta pernikahan. Suasana romantis memang begitu terasa di tempat ini.

Baca Juga : 21 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable dan Murah 2022

5. Pantai Ria Ancol

Di kawasan wisata outdoor Jakarta ini banyak terdapat fasilitas dan wahana yang disediakan khusus untuk anak-anak sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga bersama si kecil. Mulai dari perosotan, miniatur kapal, hingga stasiun kereta api mini untuk berkeliling pantai.

Di pantai ini terdapat replika kapal pecah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Namun perlu diingat bahwa di pantai ini pengunjung tidak diperbolehkan berenang karena karakteristik pantainya cukup curam.

Untuk memberikan kenyamanan lebih, di kawasan pantai sudah dilengkapi dengan tanggul dan juga jogging track untuk berolahraga. Selain itu juga terdapat fasilitas wisata kuliner yang akan memanjakan pengunjung dengan aneka menu yang menggugah selera.

6. Pantai Indah Ancol

Pantai Indah memiliki garis pantai sepanjang 500 meter dengan pemandangan laut lepas yang sangat memanjakan mata. Lokasi ini sangat cocok bagi pengunjung yang suka memancing. Selain dibangun tanggul, tersedia pula fasilitas jogging track untuk berolahraga.

Bagi yang ingin berlama-lama di pantai bisa mengunjungi tempat makan atau cafe yang ada di kawasan ini. Sembari menikmati hidangan yang tersaji, pengunjung bisa sekaligus menikmati suasana pantai yang indah dan eksotis.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Murah 2022

7. Pantai Marina Ancol

Wisata outdoor Jakarta selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah Pantai Marina Ancol yang merupakan pelabuhan kecil untuk penyeberangan ke tempat wisata Kepulauan Seribu. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi untuk sesi pemotretan foto prewedding.

Garis pantai sepanjang 500 meter di pantai ini memang tidak seluas Pantai Carnaval yang mampu menampung ribuan orang, namun keberadaan dermaga di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri. Panorama yang disajikan pantai ini juga tidak kalah eksotis dari pantai lainnya.

Salah satunya adalah momen sunset yang terlihat begitu syahdu dan romantis. Selain itu, di kawasan Pantai Marina pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru seperti bermain kano, jet sky, hingga wind surfing.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta 2022

Aktivitas Seru di Pantai Ancol

Liburan ke Pantai Ancol merupakan pilihan tepat bagi siapapun yang ingin melepas penat dan merefresh pikiran setelah lelah beraktivitas. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru di Pantai Ancol seperti berikut ini:

A. Fun Dance

Bermain air sambil menari memang sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan oleh banyak orang, pasti akan memberikan keseruan tersendiri. Program Fun Dance ini biasanya diselenggarakan secara rutin setiap akhir pekan dan pengunjung bisa ikut berpartisipasi.

B. Segaraga

Hampir sama dengan Fun Dance, program ini juga dipimpin oleh instruktur profesional dan bertujuan untuk kegiatan olahraga agar tubuh semakin sehat. Untuk jenis olahraganya sendiri cukup beragam sehingga pengunjung bisa memilih sesuai keinginan.

C. Aquafun

Wisata outdoor Jakarta ini merupakan wahana permainan yang cukup menantang namun dijamin permainannya tetap aman dan tidak membahayakan. Karena wahana dilengkapi dengan material balon serta pelampung sehingga efektif untuk mencegah resiko terluka.

Untuk bisa bermain di wahana ini ada batasan usia minimal yaitu 6 tahun, sementara untuk tarif permainannya sebesar Rp 30.000 – Rp 40.000. Dalam permainan ini pengunjung harus berjalan di lintasan yang sangat licin sehingga harus ekstra hati-hati agar tidak terpeleset.

D. Swan Pedal Boat

Wahana ini disediakan bagi pengunjung yang ingin berkeliling danau buatan yang ada di sekitar Monumen Ancol. Wahana ini cukup menarik perhatian dan menjadi salah satu spot foto yang banyak diabadikan dalam bidikan kamera.

E. Outbound Holic

Wahana yang satu ini menyediakan berbagai macam permainan yang seru dan menantang bagi pengunjung sehingga sangat layak untuk dicoba. Demi keamanan, permainan yang disediakan disesuaikan dengan rentang usia pengunjung sehingga aman bagi anak-anak.Sebagai tempat wisata outdoor Jakarta, Pantai Ancol adalah pilihan terbaik untuk menikmati momen liburan bersama keluarga. Selain murah, fasilitas yang tersedia juga lengkap dan pastinya bikin betah. Segera pesan tiket Ancol sekarang juga dan persiapkan diri untuk liburan seru ke Pantai Ancol Jakarta.