10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Murah 2022

Tempat wisata di Jakarta Utara yang paling terkenal adalah Taman Impian Jaya Ancol. Pusat wisata dan hiburan ini sudah berdiri sejak tahun 1966 dan menjadi salah satu pusat rekreasi terbesar di Indonesia. Tidak heran jika tempat ini menjadi destinasi wisata yang difavoritkan oleh wisatawan.

Hal ini tidak terlepas dari beragam fasilitas yang tersedia di dalamnya sehingga membuat pengunjung semakin betah dan tertarik untuk menjelajahi setiap wahana yang tersedia. Bukan hanya wisata pantai dan taman saja, di Ancol pengunjung juga bisa mencoba berbagai macam wahana yang seru.

Rekomendasi Tempat wisata di Jakarta Utara yang Murah

Liburan di Jakarta Utara tidak perlu bingung mau ke mana, karena ada Taman Impian Jaya Ancol yang menjadi ikon wisata dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Sebagai referensi, berikut ini adalah rekomendasi tempat wisata murah di Jakarta Utara yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai dan Taman Ancol

Suasana pantai yang sejuk dengan beragam fasilitas dan wahana di dalamnya menjadi salah satu daya tarik wisata Ancol yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Tempat wisata di Jakarta Utara ini memang menyuguhkan keindahan pantai yang memanjakan mata. 

Di kawasan ini ada beberapa pantai yang menjadi salah satu tempat favorit masyarakat Jakarta untuk menghabiskan waktu liburan. Diantaranya adalah Pantai Festival, Pantai Indah, Pantai Ria, Pantai Elok, dan Pantai Carnival.

Di kawasan ini juga terdapat area Beach Park dengan aneka macam permainan watersport di dalamnya. Mulai dari Swan Pedal Boat, Donut Boat, Kayak, Banana Boat hingga Aqua Fun.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Murah dan Terbaik 2022

2. Dunia Fantasi (Dufan)

Tempat wisata di Jakarta Utara ini terkenal dengan sebutan Dufan dan merupakan pusat hiburan dan rekreasi outdoor terbesar di tanah air. Tempat ini bukan hanya sekedar menyediakan wahana permainan seru saja tetapi juga bersifat edukatif.

Beberapa wahana yang bisa dicoba antara lain adalah Rumah Misteri, Paralayang, Baling-Baling, Zig Zag, Turbo Drop, Karavel, Kolibri, Poci Poci, Kora-Kora, Rumah Miring, Istana Boneka hingga Hysteria yang akan membuat adrenalin semakin terpacu.

3. Fauna Land

Dengan luas area sekitar 5 hektar, pengunjung bisa menyaksikan keanekaragaman satwa di lokasi wisata ini. Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah koleksi hewan yang langka dan unik di dalamnya. Diantaranya adalah singa putih yang berasal dari Afrika Selatan.

Tempat wisata di Jakarta Utara ini juga menyajikan pertunjukan Bird Show yang sangat menghibur. Selain itu, beberapa satwa jinak di tempat ini juga bisa diajak untuk berinteraksi secara langsung.

Baca Juga : 21 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Instagramable dan Murah 2022

4. Atlantis Water Adventure

Theme Park ini merupakan revitalisasi dari Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol dengan luas area mencapai 5 hektar. Di tempat wisata ini pengunjung akan diajak untuk menikmati petualangan seru dengan beberapa wahana permainan yang ada.

Mulai dari Asthatirta, Skybox, Crazy Slide, Dragon Race, Poseidon Wave, Dragon Slide, Antila River, Apollo Pool, Rainbow Splash Pool, hingga Elephant Pool.

5. Ocean Dream Samudra

Tempat wisata di Jakarta Utara ini menawarkan sensasi liburan seru dan menyenangkan dengan muatan edukasi di dalamnya. Dengan nuansa konservasi, pengunjung juga akan diajak menikmati beragam atraksi satwa yang menghibur.

Adapun beberapa wahana yang tersedia antara lain adalah Mola-Mola, Istana Pinguin, Karausel, Cinema 5D, Atraksi Lumba-Lumba, Atraksi Singa Laut, Scorpion Pirates, Ubur-Ubur, Boto-Boto, Laga Logon, serta Kids Playground.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Jakarta 2022

6. Sea World

Tempat wisata yang ada di Jakarta Utara ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Dengan mengusung konsep edukasi, hiburan dan konservasi, Sea World Ancol menawarkan paket liburan yang lengkap.

Di tempat wisata ini pengunjung akan diajak untuk mengenal berbagai jenis biota laut dan air tawar dengan karakteristik dan keunikannya masing-masing. Pengunjung bisa menyaksikan keanekaragaman biota air tawar dan laut melalui 19 akuarium dan kolam terbuka.

Masing-masing akuarium yang ada di tempat ini memiliki konsep dan tema yang berbeda sehingga membuat pengunjung semakin betah untuk menjelajahinya. 

Mulai dari Interactive Aquarium, Shark Aquarium, Antasena Tunnel, Main Aquarium, Touch Pool, Car Aquarium, Jellyfish Sphere, hingga Museum Misteri Kehidupan Laut Dalam. Selain itu juga ada wahana Magic Aquarium yang unik.

7. Allianz Ecopark

Lahan seluas 34 hektar yang digunakan sebagai Allianz Ecopark ini merupakan alih fungsi dari Padang Golf Ancol. Dengan konsep rekreasi sekaligus edukasi dan petualangan, tempat wisata di Jakarta Utara ini sangat cocok untuk liburan keluarga.

Ada empat zona yang tersedia di tempat wisata ini dengan nuansa edukasi dan petualangan di dalamnya. Mulai dari Eco Care, Eco Art, Eco Nature, hingga Eco Energy. Kawasan ini sekaligus menjadi tempat pembelajaran untuk lebih mengenal alam dan lingkungan.

Adapun wahana yang tersedia di Allianz Park antara lain adalah Learning Farm, Eco-Bike, Rumah Lebah, serta Eco-Market.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Wisata Outdoor Jakarta Murah dan Terbaik 2022

8. Pasar Seni

Tempat wisata di Jakarta Utara ini merupakan pusat kesenian dan kerajinan di kawasan wisata Ancol yang menjadi tempat para seniman berkumpul sekaligus memamerkan karya seni mereka. 

Dengan luas area sekitar 5,25 hektar, Pasar Seni menawarkan pengalaman liburan yang menarik dengan nuansa seni dan edukasi. Ada banyak kegiatan seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di tempat ini. 

Salah satunya adalah mengikuti kelas workshop art dengan materi seperti membatik Betawi, DIY Mainan Robot, Merajut, Macrame, Craft Menghias Topeng, Kelas Komik, Craft Membuat Kalung dan lain sebagainya.

9. Gondola Ancol

Di Taman Impian Jaya Ancol pengunjung juga bisa menikmati sensasi naik gondola atau kereta gantung dengan sensasi yang seru dan menyenangkan. Dari atas ketinggian kereta pengunjung bisa menyaksikan keindahan pantai dan berbagai macam wahana yang ada.

Gondola ini menghubungkan perjalanan dari Stasiun Pantai Festival ke Stasiun Teater Mobil. Dalam perjalanannya pengunjung juga akan melintasi Pantai Indah dan selanjutnya pada saat turun bisa langsung berjalan kaki menjelajahi berbagai macam wahana yang tersedia.

10. Putri Duyung Cottages

Tempat wisata di Jakarta Utara ini sangat cocok untuk acara refreshing bersama keluarga dan sejenak menyingkir dari kebisingan kota. Di kawasan wisata ini pengunjung bisa menikmati suasana pantai dengan pemandangan hutan tropis yang asri dan memanjakan mata.

Tidak perlu jauh-jauh ke Bali untuk menikmati suasana pantai yang jauh dari keramaian dan kesibukan ibukota. Dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, pengunjung akan diajak untuk menikmati momen liburan yang sesungguhnya.

Di kawasan wisata ini tersedia 131 cottages dengan gaya arsitektur yang unik dan berbeda-beda. Sementara untuk fasilitasnya sendiri sangat lengkap, mulai dari layanan room service 24 jam, kiddy swimming pool, infinity pool, jogging track, kids playground dan lain sebagainya.Mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta Utara adalah pilihan yang paling tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Untuk cara yang lebih praktis, pembelian tiket bisa dilakukan secara online melalui website Ancol. Ayo buruan pesan!