8 Tempat Wisata Pantai di Jakarta Terindah dan Terbaik

Wisata pantai di Jakarta Ancol menghadirkan pesona yang tidak ada habisnya. Kawasan wisata terpadu ini memiliki beberapa pantai dengan pesona menawan yang beragam. Tidak heran jika tempat wisata ini terkenal sebagai ikon wisata di tengah kota yang ramai.

Taman Impian Jaya Ancol terletak di wilayah Jakarta Utara sehingga memiliki akses yang mudah. Pengunjung bisa datang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Lokasi ini menawarkan wisata ria dan wahana taman bahari yang cocok dikunjungi bersama keluarga.

Daftar Wisata Pantai di Jakarta Ancol

Ancol menghadirkan wisata pantai di Jakarta dengan keindahan panorama yang indah dan menawan. Suasananya yang sejuk membuat pengunjung bisa merasa nyaman ketika berkunjung. Serunya lagi, lokasi pantai sering sekali diadakan berbagai acara yang seru.

Fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap sehingga pengunjung bisa menikmati waktu liburan dengan menyenangkan. Berikut beberapa pantai yang ada di area Ancol dan bisa dikunjungi bersama keluarga:

1. Beach Pool (Lagoon)

Untuk berkunjung ke wisata pantai di Jakarta ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Hanya dengan membeli harga tiket seharga 25 ribu rupiah, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai yang dibalut dengan suasana yang menyegarkan.

Pantai ini berada di sebelah kanan Pantai Ria yang memiliki topografi yang bagus. Lokasi pantai ini dilengkapi dengan area yang bisa digunakan untuk berenang. Area pantai ini aman untuk dikunjungi anak-anak hingga orang dewasa.

Pantai ini cukup populer sehingga selalu ramai ketika waktu liburan telah tiba. Bukan hanya menyenangkan bagi anak-anak, namun pengunjung dewasa juga menikmati momen menyenangkan sambal berjemur maupun bersantai.

2. Pantai Festival

Tempat wisata pantai di Jakarta ini sudah sangat populer karena di lokasi ini sering diadakan festival yang menarik. Bahkan pada beberapa waktu tertentu, lokasi ini sangat ramai pengunjung. Lokasi pantai ini berada di pesisir barat kawasan Ancol.

Keunikan dari pantai ini adalah memiliki dermaga kayu yang kokoh. Dermaga dibuat melintang di bibir bahari pantai sehingga memudahkan pengunjung untuk menikmati keindahan kuat yang menawan. Area ini memiliki spot foto populer berupa jembatan kecil yang mengarah ke dermaga.

Spot foto ini sangat menarik karena memiliki latar yang menawan. Selain itu, pengunjung juga bisa menaiki gondola untuk menikmati keindahan laut dan area sekitar dari atas.

3. Pantai Marina

Tempat wisata pantai di Jakarta murah yang satu ini sudah sangat populer karena berada di kawasan Ancol. Pesona pantai ini semakin terlihat indah karena adanya deretan kapal.

Pantai Marina bukan hanya menghadirkan suasana yang nyaman, namun juga dilengkapi dengan pelabuhan kecil yang digunakan untuk bersandarnya kapal pribadi maupun kapal pesiar.

Para pengunjung yang ingin menyeberang ke area Kepulauan Seribu biasanya menyewa kapal dan memulai perjalanan dari lokasi ini. Tersedia berbagai ukuran kapal yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan penumpang.

Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, pengunjung tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Pesona keindahan pantai membuat area ini seringkali dijadikan sebagai spot untuk foto prewedding.

Bahkan, tempat ini sudah menjadi populer dan banyak dipilih. Akses menuju kawasan wisata terpadu Ancol sangatlah mudah dan banyak alternatif kendaraan umum seperti busway, sepeda motor, dan lainnya.

4. Ancol Beach City (ABC)

Ancol merupakan kawasan wisata terpadu yang sudah direklamasi sehingga bukan hanya menyuguhkan keindahan alam bahari yang ada di pesisir Jakarta saja. Namun juga menyediakan beragam wahana menarik yang menarik untuk dikunjungi.

Beberapa tempat hiburan menarik yang tersedia antara lain seperti Sea World, Atlantis, Dufan, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat juga pantai khusus yang memiliki panorama menarik. Area ini memiliki fasilitas yang mendukung sehingga sering dijadikan tempat acara.

Ancol Beach City mempunyai venue outdoor yang bisa menampung pengunjung sekitar 5.000 orang. Wisata pantai di Jakarta yang satu ini terlihat berbeda karena sudah dilengkapi dengan panggung dan juga sound system sehingga sangat cocok untuk tempat terselenggaranya berbagai acara.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Murah dan Terbaik 2022

5. Pantai Indah Ancol

Tempat wisata pantai terbaik di Jakarta adalah Pantai Indah Ancol. Pantai ini memiliki lokasi yang sangat strategis dan menyediakan berbagai macam wisata mulai dari kuliner, bahari hingga kegiatan lainnya.

Selain itu, lokasi ini sangat populer karena dekat dengan mall dan Hotel Mercure. Akses dari pantai ke lokasi lain terasa sangat dekat sehingga mampu memberikan pengalaman yang seru. 

Hotel Mercure berdiri dengan megah di pinggir pantai sehingga mampu memberikan view terbaik dari kamar. Pesisir pantai ini memiliki area yang cukup luas sehingga seringkali dijadikan sebagai lokasi untuk penyelenggaraan berbagai festival.

Menariknya lagi, di area pantai ini sudah dibangun panggung musik yang bertujuan untuk memfasilitasi berbagai acara.

6. Pantai Ria

Pantai ini berlokasi dekat dengan gerbang timur Ancol. Ketika masuk melalui gerbang tersebut, pengunjung akan langsung disambut dengan view bahari yang indah dari Pantai Ria.

Keindahan pantai ini didominasi dengan pohon kelapa yang tinggi menjulang dan hamparan pasir putih yang menawan. Pohon yang rindang membuat wisata pantai di Jakarta mampu menghadirkan suasana yang sejuk dan nyaman meskipun berada di tengah kota.

Tempat ini sangat cocok untuk liburan keluarga. Pengunjung bisa secara bebas menghabiskan waktu sesuka hati di pantai ini. Kawasan ini sudah dilengkapi dengan arena permainan untuk anak yang bentuknya mirip dengan kapal terdampar.

Pada bagian dalam kapal ini terdapat seluncuran dan jembatan berwarna warni yang membuat permainan semakin seru. Area pantai ini tidak bisa digunakan untuk berenang karena tergolong curam. Namun, pengunjung bisa melakukan kegiatan lain seperti bersepeda, jogging, dan bermain.

7. Pantai Bende

Lokasi pantai ini tidak jauh dari area Pantai Ria. Pantai ini menyuguhkan pemandangan sebuah bahari kecil yang dilengkapi dengan jembatan kayu. Bentuknya jembatannya terlihat sangat unik dan menawan karena memiliki bentuk yang melengkung ke arah pendopo.

Jembatan tersebut terlihat mengapung megah di tengah laut. Panorama keindahan alam berpadu dengan suasana romantis membuat jembatan tersebut menjadi salah satu ikon yang membuat pantai ini terlihat indah.

Suasana romantis membuat lokasi ini sangat direkomendasikan untuk sesi foto prewedding atau acara pernikahan. Bukan hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati sunset yang menawan di dermaga cinta. Dijamin liburan ke pantai ini bisa menjadi pengalaman yang paling berkesan.

Spot jembatan gembok cinta terlihat sangat indah dengan langit yang berwarna kemerahan. Lokasi ini sangat cocok untuk mengambil video atau foto yang menarik.

8. Pantai Karnaval

Wisata pantai di Jakarta yang satu ini sudah sejak lama menjadi tujuan wisata keluarga. Di sana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati udara yang segar. Lokasi pantai ini berada di kawasan rekreasi terpadu Ancol.

Untuk menikmati pesona pantai ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk gerbang Ancol seharga Rp25.000. Suasana pantai dihiasi dengan pohon yang rindang sehingga mampu menghadirkan kenyamanan dan ketenangan.

Pengunjung bisa sambil duduk, menikmati angin, dan suara ombak atau berjalan mengelilingi pantai sambil menikmati keindahan alam bahari.

Lokasi ini menawarkan banyak teman untuk berwisata, menikmati kuliner, berfoto, jogging, dan lain sebagainya. Pengunjung bisa bersantai di pantai hingga matahari terbenam. Langsung saja beli tiket wisata pantai di Jakarta untuk menikmati suasana indah dan menenangkan. Pembelian tiket bisa dilakukan secara online melalui website https://www.ancol.com/tiket. Pengunjung bisa mencoba berbagai wisata lain yang berada di kawasan Ancol.