5 Rekomendasi Tempat Wisata Aman saat PPKM di Jakarta 2022

Menikmati liburan di masa PPKM perlu mempertimbangkan banyak hal agar momen liburan tetap menyenangkan. Salah satunya adalah memilih tempat wisata aman saat PPKM. Dari sekian banyak tempat wisata yang sudah buka, rekomendasi terbaik yang bisa dikunjungi adalah Taman Wisata Ancol.

Saat ini resiko tertular virus Corona memang menjadi salah satu alasan mengapa wisatawan harus jeli dalam memilih tempat wisata yang akan dikunjungi. Untuk kawasan wisata Ancol sendiri rupanya sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga pengunjung bisa berwisata dengan nyaman.

Rekomendasi Tempat Wisata Aman saat PPKM di Jakarta

Sebagai taman rekreasi yang terbesar di Indonesia, Ancol menyediakan berbagai macam tempat wisata yang bisa dijelajahi satu per satu. Kawasan wisata terpadu ini tentu memudahkan wisatawan untuk menikmati momen liburan sesuai agenda liburan yang telah direncanakan.

Jadi bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata aman saat PPKM bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Ancol seperti berikut ini:

1. Pantai Ancol

Menikmati suasana pantai di Kota Jakarta yang identik dengan kesibukan kota merupakan pilihan yang paling tepat bagi keluarga. Apalagi harga tiket masuk ke Pantai Ancol juga cukup terjangkau sehingga semua kalangan bisa menikmati serunya liburan di pantai.

Untuk masa PPKM sendiri jam buka pantai diberlakukan mulai pukul 06.00 WIB – 20.00 WIB sehingga ada banyak waktu untuk menikmati liburan di tempat ini. Agar semakin seru, pengunjung bisa naik kereta wisata Sato-Sato dan berkeliling di taman wisata Ancol yang luas.

Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti bermain pasir, jalan-jalan santai atau bahkan berenang di tepi pantai. Perlu diingat bahwa ada larangan berenang  di tengah pantai karena bisa membahayakan.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata Pantai di Jakarta Terindah dan Terbaik

2. Dunia Fantasi (Dufan)

Wisata aman saat PPKM juga bisa dilakukan dengan mengunjungi Dunia Fantasi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Dufan. Di lahan seluas 9,5 hektar ini pengunjung bisa mencoba berbagai wahana seru dan menantang yang tersedia.

Dufan sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1985 dan menjadi taman rekreasi terpadu pertama di Indonesia. Tempat ini bukan hanya sekedar sebagai pusat rekreasi dan hiburan saja tetapi juga mengusung konsep edukasi yang bermanfaat di dalamnya.

Tempat wisata ini buka mulai pukul 10.00 WIB – 17.00 WIB dan menyediakan wahana permainan seru indoor maupun outdoor bagi pengunjung yang datang. Untuk wahananya sendiri tersedia dalam beberapa kategori umur sehingga bisa diakses sesuai kebutuhan.

Untuk zona Playground dikhususkan bagi anak-anak usia 5 – 12 tahun dan di dalamnya terdapat berbagai macam permainan seru. Mulai dari mini rides, trampoline, sand pool, block puzzle, hingga wahana Ubanga Banga dengan permainan mobilnya yang cukup menantang.

Wahana permainan lainnya menawarkan sensasi ketegangan yang memacu adrenalin, mulai dari Ontang Anting, Niagara-Gara, Arum Jeram, Halilintar, Tornado hingga Hysteria yang akan membuat pengunjung berteriak histeris ketika mencobanya.

3. Sea World

Wisata aman saat PPKM lainnya adalah mengunjungi Sea World Ancol. Tempat ini mengusung tiga tema sekaligus yaitu hiburan, edukasi dan konservasi. Di tempat ini pengunjung akan diajak untuk lebih mengenal tentang kehidupan laut termasuk keanekaragaman biota laut.

Karena di tempat ini terdapat ribuan biota laut dan satwa perairan lainnya yang terbagi menjadi tiga zona. Yaitu zona perairan laut, pesisir dan zona perairan tawar. Sementara untuk keperluan display telah disediakan berbagai jenis akuarium dengan tema yang berbeda.

Pada masa PPKM Sea World buka mulai pukul 09.30 WIB – 16.00 WIB. Dengan jam buka tersebut maka pengunjung bisa mengeksplor setiap sudut Sea World dan melakukan berbagai macam aktivitas seru.

Seperti memberi makan biota laut pada jam-jam tertentu, menyentuh satwa laut melalui Touch Pool, menyusuri terowongan kaca di bawah air sepanjang 80 meter serta menyaksikan film edukasi laut yang menghibur.

Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan satwa serta keunikan ubur-ubur yang mengeluarkan cahaya di kegelapan. Bahkan bagi yang ingin menyelam bersama ikan bisa mencoba wahana Fun Dive yang tersedia di tempat ini.

Baca Juga : 6 Daftar Rekomendasi Tempat Wisata Air di Jakarta Paling Seru 2022

4. Ocean Dream Samudra

Wisata aman saat PPKM selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah mengunjungi Ocean Dream Samudra. Tempat wisata ini buka mulai pukul 09.30 WIB – 16.00 WIB dan menjadi salah satu tempat konservasi untuk satwa laut, khususnya jenis ikan lumba-lumba.

Ada banyak aktivitas menarik dan seru yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Mulai dari menyaksikan pertunjukan yang menegangkan di Water Stuntman Show, atraksi satwa yang menghibur, hingga pertunjukan di bawah air dan ikan lumba-lumba yang lucu.

Baca Juga : 8 Taman Bermain di Jakarta Paling Seru untuk Liburan

5. Atlantis Water Adventures Ancol

Pilihan lainnya untuk wisata aman saat PPKM adalah Atlantis Water Adventures Ancol yang buka mulai pukul 08.00 WIB – 15.30 WIB. Sesuai dengan namanya, di tempat ini pengunjung akan diajak untuk menikmati petualangan seru di 8 kolam utama yang tersedia.

Wahana yang ada di taman rekreasi air ini terbagi menjadi 4 kategori, yaitu Children Ride, Family Ride, Water Ride dan Thrill Ride. Dengan pembagian tersebut maka pengunjung bisa mencoba permainan sesuai dengan klasifikasinya masing-masing.

Untuk anak-anak tersedia kolam Kiddy 1, 2 serta Kolam Bola atau Rainbow Splash. Selain itu juga tersedia Kolam Tanding untuk adu kecepatan berenang. Kalau ingin yang lebih menantang bisa mencoba Skybox, Dragon Race dan Crazy The Highest Longest Slide.

Baca Juga : 8 Daftar Rekomendasi Tempat Wisata New Normal di Jakarta 2022

Syarat Wisata Aman saat PPKM di Ancol

Wisata aman di Ancol memungkinkan pengunjung untuk menikmati liburan bersama keluarga dengan lebih nyaman. Hal ini didukung dengan adanya pemberlakuan protokol kesehatan yang cukup ketat demi kebaikan dan kenyamanan bersama. Adapun syarat berwisata di Ancol antara lain adalah:

  • Wajib menggunakan masker dengan benar dan menjaga jarak selama berada di tempat wisata.
  • Wajib log in melalui aplikasi PeduliLindungi dan hanya kategori hijau yang diperbolehkan masuk.
  • Wajib sudah vaksin minimal dosis pertama dan bagi anak di bawah 12 tahun wajib didampingi oleh orang tua/wali yang sudah divaksin (minimal dosis pertama)
  • Wajib mematuhi pembatasan kunjungan sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing tempat wisata.
  • Wajib cek suhu badan di area pintu masuk, jika suhu melebihi 37,3 derajat Celcius maka tidak diperbolehkan masuk.
  • Transaksi yang diberlakukan di tempat wisata tanpa uang tunai baik di restoran, tempat belanja, toko souvenir dan tempat lainnya.
  • Pemesanan dan pembelian tiket hanya bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Ancol atau situs penjualan tiket Ancol lainnya yang telah bekerjasama.
  • Ancol menyediakan berbagai macam fasilitas untuk cuci tangan maupun hand sanitizer di seluruh kawasan wisata Ancol.

Wisata aman saat PPKM bisa dilakukan dengan lebih nyaman jika mengunjungi kawasan wisata Ancol. Karena tempat wisata ini memberlakukan aturan dan syarat yang cukup ketat bagi pengunjung yang akan berwisata. Termasuk untuk pembelian tiketnya yang hanya bisa secara online melalui https://www.ancol.com/tiket .