Museum di Jakarta Terbaik yang Asyik Dikunjungi Saat Weekend

Jakarta memiliki beragam destinasi yang asyik sekali untuk dikunjungi, salah satunya adalah museum. Di Jakarta ada berbagai macam museum yang mengabadikan barang-barang koleksi untuk dikenang. Namun, ada museum lain yang asyik dan anti mainstream, yakni museum di Jakarta Ancol.

Nama bangunan itu adalah Pasar Seni dan Sea World. Apabila dibandingkan dengan beberapa museum lainnya yang ada di Jakarta, memang keduanya menjadi yang terunik karena menampilkan karya seni dan biota laut dengan bangunan yang berbeda. Seperti apa keunikan dua museum tersebut?

Rekomendasi Museum di Jakarta Ancol

1. Pasar Seni

Meski bukan museum pada umumnya, namun Pasar Seni juga menyimpan banyak pameran seni yang bisa diamati dan diapresiasi. Di Pasar Seni inilah, para pengunjung bisa melihat berbagai seni yang dibuat oleh seniman langsung dan dipamerkan di dalam pasar.

Pasar Seni Ancol memiliki luas 5 hektar. Artinya pasar ini cukup besar untuk menampung berton-ton karya seni. Singkatnya, Pasar Seni Ancol adalah lokasi untuk membuat, memperdagangkan, dan menampilkan seni!

 Tidak hanya pengunjung lokal yang berdatangan ke Pasar Seni, bahkan menarik wisatawan dari provinsi lain dan turis mancanegara juga berdatangan. Sebagian besar pengunjung adalah seniman lokal dan mereka yang menyukai seni. 

Ada sekitar 70 seniman yang bekerja di Pasar Seni Ancol. Mereka bahkan mempromosikan karya mereka kepada para pengunjung yang berdatangan. 

Jika dilihat dari sejarahnya, Pasar Seni diresmikan pada tahun 1975 oleh Ali Sadikin. Hingga saat ini, Pasar Seni menjadi tempat wisata terbaik di Jakarta baik untuk penduduk lokal maupun orang luar.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Murah dan Terbaik 2022

Banyak jenis atraksi yang tersedia, sehingga wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang menyenangkan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan adalah :

  • Menyaksikan Proses Pembuatan Karya Seni

Wisatawan bisa menyaksikan proses pembuatan seni karena di sini para seniman lokal akan membuat karya seni di pasar langsung dan bisa disaksikan oleh pengunjung. 

Kreativitas mereka tidak ada duanya dan para seniman menerapkan aliran yang berbeda seperti naturalisme, abstrak, dll.

  • Belajar Membuat Seni

 Selain jalan-jalan, para wisatawan  diperbolehkan untuk berbicara dengan para seniman. Bahkan dimungkinkan untuk melakukan pameran seni bersama mereka.Belajar membuat karya seni juga menjadi kegiatan yang menarik di Pasar Seni Ancol. 

Baca Juga : 4 Destinasi Wisata Budaya Jakarta Terbaik dan Populer yang Wajib Dikunjungi

  • Pergi ke Night Art Market

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menikmati acara khusus yang disebut Night Art Market. Biasanya acara ini dilakukan pada Sabtu malam. 

Acara mingguan ini sebenarnya menjadi daya tarik utama Pasar Seni Ancol karena memberi kesempatan untuk membeli barang dan souvenir yang lebih menarik. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan belajar membuat lukisan, keramik, dan kerajinan lainnya. 

Acara ini juga menawarkan pertunjukan musik seperti musik akustik dan musik tradisional. Night Art Market menjadi cara yang bagus untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga dan teman karena bisa menghibur dan mendidik.

  • Wisata Kuliner

Kegiatan seru lainnya yang bisa dilakukan di Pasar Seni adalah menyantap makanan lokal di stand makanan yang tersedia. Beberapa pilihan menu terbaik adalah teh, wedang jahe, kentang goreng, kue putu, dan ketoprak.

 Jangan khawatir, harganya terjangkau dan penjualnya ramah. Adapun tipsnya, lebih baik datang ke Pasar Seni Ancol saat ada acara khusus atau pameran. Oleh karena itu, wisatawan harus mengetahui jadwalnya terlebih dahulu.

Bisa dibilang Pasar Seni ini adalah pusat pembelian berbagai macam souvenir karya para seniman yang handal. Pengunjung bisa melihat aneka macam karya seni seperti :

-       Lukisan

-       Patung

-       Foto

-       Kerajinan tangan

Ada ratusan kios souvenir yang menjual berbagai macam kerajinan tangan untuk diburu dan semuanya memiliki nilai seni yang tinggi. Kawasan wisata yang bisa ditemukan di Ancol Jakarta ini selalu menjadi sorotan dan akan sayang jika dilewatkan.

Baca Juga : 9 Tempat Wisata Kuliner Jakarta Murah Enak dengan Cita Rasa Bintang Lima

Untuk masuk ke Pasar Seni Ancol ini, pengunjung tidak akan dikenakan tiket karena biaya masuknya yang masih gratis. Meski kadang-kadang untuk masuk ke Pasar Seni Ancol juga dipatok biaya apabila ada event yang digelar di sini.

Siapapun bisa menikmati pameran seni yang indah di pasar ini bersama orang tercinta. Tidak harus jauh-jauh ke museum seni untuk bisa menyaksikan beragam pameran seni yang mempesona. Bahkan, pengunjung juga bisa beli langsung seni yang disukai di sini.

Mengunjungi Pasar Seni Ancol di Jakarta tidak akan membuat pengunjung bosan, apalagi jika memiliki selera seni tinggi. Nah, kawasan destinasi satu ini buka setiap hari mulai 10.00 – 20.00 WIB.

2. Sea World Ancol

Museum selanjutnya yang tidak kalah menarik dari Pasar Seni adalah Seaworld Ancol, yang menjadi museum hidup berbagai koleksi biota laut. Sea World Ancol didirikan pada tahun 1980 dan dianggap sebagai akuarium terbesar di Asia Tenggara.

 Setiap hari, perusahaan pengelola semakin berupaya untuk mengubah objek wisata populer ini menjadi akuarium terbesar di dunia. Ada lebih dari 3500 biota laut di Seaworld, termasuk ubur-ubur yang bisa bersinar di akuarium gelap, dan pari manta. 

Saat ini, seluruh area taman terdiri dari 19 akuarium laut, 9 akuarium dengan air tawar, dan 4 kolam luar ruangan.

Di sini, ada akuarium utama yang menampung berbagai hewan air asin. Akuarium utama di Sea World ini adalah akuarium air asin terbesar di Asia Tenggara yang mampu menyimpan hingga 5 juta liter air asin. 

Tempat lain yang layak dikunjungi adalah area air tawar dimana wisatawan dapat menonton belut listrik, lele air tawar, dan bahkan piranha.

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan jika sedang berada di Sea World Ancol ini, yaitu :

  • Menyaksikan Ikan Hiu 

Untuk menyaksikan hiu besar, Sea World Ancol memiliki kolam bundar yang terpisah. Di sini wisatawan  tidak hanya dapat melihat spesies hiu yang berbeda tetapi juga melihat proses memberi mereka makan. Pemberian makan ke ikan hiu menjadi pertunjukan yang selalu menarik sejumlah besar penonton. 

Dua penyelam profesional turun ke akuarium dan memberi mereka makan seperti hewan peliharaan yang tidak berbahaya. Tontonan ini sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja. 

  • Mengunjungi Terowongan Antasena

Hal yang tidak boleh dilewatkan kalau sedang berada di Sea World adalah menjelajahi terowongan Antasena. Tabung akrilik walk-through sepanjang 80 meter akan memberi wisatawan pengalaman menyaksikan panorama laut yang indah.

 Ditambah lagi terowongan ini dilengkapi dengan conveyor sehingga pengunjung dapat menonton dan mengamati berbagai jenis dan warna ikan yang berenang di atas kepala.

  • Pergi ke Contact Pool

SeaWorld Ancol adalah fasilitas pendidikan dan rekreasi bawah laut yang memamerkan keanekaragaman hayati laut tropis Indonesia. 

Di sini juga ada sebuah area kolam sentuh tempat di mana anak-anak dapat menyentuh bayi hiu, bintang laut, penyu besar, kura-kura, hiu kecil dan sebagainya. Jadi, contact pool ini memudahkan pengunjung untuk menyentuh makhluk menarik namun tidak berbahaya.

Penasaran dengan wisata museum di Jakarta Ancol untuk ditelusuri? Destinasi di atas bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk ditelusuri bersama teman-teman. Pesan tiket masuk ke Ancol dan jelajahi setiap wisata di atas!