4 Destinasi Wisata Budaya Jakarta Terbaik dan Populer yang Wajib Dikunjungi

Sebagai suatu megalopolis, Jakarta menjadi rumah bagi penduduk dengan keberagaman budaya. Apabila Anda ingin mengunjungi wisata budaya Jakarta yang menawarkan sensasi berakhir pekan baru, pastikan tidak melewatkan rekomendasi ini.

Wisata rekreasi dengan unsur edukasi ini dapat mengenalkan masyarakat mengenai budaya tradisional maupun modern. Spesial bagi yang tertarik meluaskan wawasan, simak terus ulasan berikut ini!

Tempat Wisata Budaya di Jakarta Terbaik

Kawasan yang terdapat di Jakarta Utara ini menyediakan beragam wisata yang bisa dikunjungi. Berikut sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di masing-masing tempat:

1. Pasar Seni

Bisa dibilang Pasar Seni Ancol merupakan pusat budaya terlengkap ibu kota yang menjual pernak-pernik kerajinan. Kalau biasanya pasar seni hanya menjajakan lukisan, disini pengunjung dapat memberikan apresiasi karya seni mulai dari seni pahatan, patung, musik, dan lain-lain.

Selama jalan-jalan di wisata budaya Jakarta ini, sempatkan diri untuk mencoba aktivitas yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Belajar di Akademi Seni

Dari namanya sudah jelas kalau wisata ini menawarkan program edukasi seni. Para peserta akan didampingi pengajar berpengalaman terkait cara membuat karya seni dari batu, kayu, hingga barang bekas.

Pengunjung juga bisa menimba ilmu musik, seperti belajar teknik bernyanyi, cara main drum, gitar, dan lain sebagainya disini.

  • Berbelanja Karya Seni

Bagi para penikmat seni, pastikan bawa uang yang banyak. Siap-siap dibuat gatal untuk mengoleksi berbagai macam kerajinan tangan yang indah dan berestetika.

  • Menonton Pagelaran Seni

Pagelaran seni kerap diadakan pada waktu-waktu tertentu. Beberapa pagelaran yang bisa dijumpai meliputi pentas tari, teater drama, penampilan live music, dan pentas puisi.

Kala mampir ke Pasar Seni, pastikan selalu cek panggung terbuka. Siapa tahu ada acara yang sedang berlangsung.

2. Alive Museum

Museum yang berada di kawasan Ancol Beach City ini wajib dikunjungi para peminat lukisan. Dengan lahan seluas 2,5 km ini, pengunjung bisa menemukan lukisan-lukisan tiga dimensi yang terlihat sangat nyata.

Lukisan dengan konsep ilusi yang dibuat dengan rapi dan apik ini dapat meluluhlantakkan hati penggemar lukisan. Tidak hanya pelukis yang dibuat ternganga, para pemburu foto dapat membuat jepretan dengan latar yang anti-mainstream.

Menariknya lagi, lukisan yang dipajang dibuat secara tradisional dan digital. Jadi, pengunjung bisa benar-benar meresapi nilai seni yang terkandung. Perlu diketahui, Alive Museum terbagi menjadi lima zona utama, yaitu:

  • Zona Travel

Bagi yang belum kesampaian ke Korea Selatan, bisa mengunjungi wisata budaya Jakarta satu ini terlebih dulu. Sedikit informasi, Alive Museum berasal dari Negeri Ginseng. Fakta tersebut turut mempengaruhi inspirasi lukisan di zona ini.

Kebanyakan spot foto di zona travel didominasi oleh budaya Korea, pas sekali untuk Anda yang bermimpi ke sana suatu waktu.

  • Zona Sirkus

Dengan nuansa gembira dan menyenangkan, zona sirkus dibuat seolah-olah pengunjung sedang berada di pertunjukkan sirkus. Ada lukisan dengan objek meriam besar yang sangat instagramable. Pasang ekspresi terbaik Anda biar hasil fotonya keren dan sesuai dengan tema.

  • Zona Horor

Sesaat setelah memijakkan kaki di zona ini, pengunjung akan dibuat merinding. Berbagai lukisan bertemakan horor tampak sangat nyata. Tak heran bulu kuduk berdiri ketika melihat makhluk-makhluk menyeramkan yang digambarkan disini.

  • Zona Fantasi

Biarkan daya imajinasi bebas di zona fantasi. Dengan 10 lukisan berbeda nan menarik, keluarkan kemampuan pose terbaik dan minta teman untuk menjepretnya. Biar terlihat lebih nyata, jangan lupa pasang ekspresi wajah yang sesuai dengan gambar.

  • Zona Ekstrim

Para pecinta adrenalin harus menyempatkan diri untuk mengambil beberapa jepretan disini. Sesuai namanya, latar lukisan di zona ini menggambarkan kegiatan ekstrem.

3. Alive Star Museum

Wisata budaya Jakarta berikutnya bersebelahan dengan Alive Museum. Dibuat terpisah karena daya tarik tempat ini bukanlah lukisan tiga dimensi yang menipu mata, tetapi patung lilin yang didatangkan langsung dari Korea.

Mau foto dengan Spiderman, aktor Hollywood papan atas, atau politikus ternama? Inilah tempat yang dapat mengakomodasi keinginan tersebut. Museum patung lilin terbesar di Indonesia ini memajang kurang lebih 50 patung.

Waktunya kamera beraksi dan bagikan foto ke sosial media biar orang-orang menyangka Anda sedang berada di museum Madame Tussauds.

4. Pantai Ancol

Pantai Ancol tidak hanya populer akan keindahan pantai pasir putihnya saja, tetapi juga acara budaya yang rutin diadakan beberapa waktu sekali. Umumnya, menjelang peringatan HUT RI, liburan sekolah, lebaran, dan perayaan-perayaan lainnya.

Datanglah setiap tanggal 31 Desember untuk menyaksikan pesta kembang api yang didampingi dengan kemeriahan pertunjukkan live music yang diisi oleh penyanyi-penyanyi populer. Bagi para peminat musik, pasti akan puas menghadiri acara ini.

Coba sekali-kali sambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di wisata budaya Jakarta ini untuk mengenang berbagai permainan tradisional tanah air, seperti mengikuti lomba panjat pinang di Pantai Carnaval. Asah kemampuan memanjat dan bersiap membawa pulang jutaan rupiah.Tidak hanya itu, latih keterampilan menari Anda di acara beach fun dance yang biasa digelar saat akhir pekan. Ada pula fasilitas olahraga yang bisa dinikmati secara gratis sembari menyaksikan panorama laut yang ciamik.

5. Ecopark

Ingin melatih diri untuk hidup dengan gaya ramah lingkungan? Wisata budaya Jakarta Eco-park ini bisa menjadi langkah awal. Dengan kawasan yang sangat luas, pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas edukatif dengan tujuan mencintai alam.

Taman yang berada di Taman Impian Jaya Ancol ini terbagi menjadi 4 zona utama, di antaranya:

  • Zona Eco-Care, yaitu tempat dengan beragam permainan edukatif.
  • Zona Eco-Art, yaitu tempat digelarnya pameran dan pertunjukkan seni.
  • Zona Eco-Nature, yaitu tempat belajar macam-macam tumbuhan dan satwa.
  • Zona Eco-Energy, yaitu tempat belajar konservasi energi dan pembuatan energi alternatif.

Disamping itu, pengunjung dapat menikmati aktivitas lain yang tidak kalah asyik, seperti:

Glamping: Glam camping menjadi tren kegiatan akhir pekan yang mulai populer. Satu tenda sudah dilengkapi dengan AC yang dingin serta fasilitas memadai lainnya.

Bersepeda santai: Mengingat wisata ini sangat luas, tidak mungkin kalau Anda mengelilingi seluruh taman dengan berjalan kaki. Kabar baiknya, Allianz Ecopark menyediakan penyewaan sepeda, eco-bike hingga boogie car yang siap membawa Anda berkeliling tanpa capek.

Belajar mengolah madu di Rumah Lebah: Rumah Lebah merupakan atraksi yang ramai dikunjungi. Disini pengunjung diajak belajar cara mengolah madu mulai dari sarang hingga menjadi madu siap pakai.Ayo, kunjungi wisata budaya Jakarta untuk memperluas cakrawala. Semangat berkreasi yang surut dapat kembali terisi setelah melihat atraksi budaya di tempat-tempat tersebut. Langsung saja, siapkan tiket dari www.ancol.com/tiket dan isi akhir pekan dengan aktivitas menarik.