Destinasi Wisata Budaya Jakarta Terbaik dan Populer yang Wajib Dikunjungi

Sebagai suatu megalopolis, Jakarta menjadi rumah bagi penduduk dengan keberagaman budaya. Apabila Anda ingin mengunjungi wisata budaya Jakarta yang menawarkan sensasi berakhir pekan baru, pastikan tidak melewatkan rekomendasi ini.

Wisata rekreasi dengan unsur edukasi ini dapat mengenalkan masyarakat mengenai budaya tradisional maupun modern. Spesial bagi yang tertarik meluaskan wawasan, simak terus ulasan berikut ini!

Tempat Wisata Budaya di Jakarta Terbaik

Kawasan yang terdapat di Jakarta Utara ini menyediakan beragam wisata yang bisa dikunjungi. Berikut sejumlah aktivitas yang bisa dilakukan di masing-masing tempat:

1. Pasar Seni

Bisa dibilang Pasar Seni Ancol merupakan pusat budaya terlengkap ibu kota yang menjual pernak-pernik kerajinan. Kalau biasanya pasar seni hanya menjajakan lukisan, disini pengunjung dapat memberikan apresiasi karya seni mulai dari seni pahatan, patung, musik, dan lain-lain.

Selama jalan-jalan di wisata budaya Jakarta ini, sempatkan diri untuk mencoba aktivitas yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Belajar di Akademi Seni

Dari namanya sudah jelas kalau wisata ini menawarkan program edukasi seni. Para peserta akan didampingi pengajar berpengalaman terkait cara membuat karya seni dari batu, kayu, hingga barang bekas.

Pengunjung juga bisa menimba ilmu musik, seperti belajar teknik bernyanyi, cara main drum, gitar, dan lain sebagainya disini.

  • Berbelanja Karya Seni

Bagi para penikmat seni, pastikan bawa uang yang banyak. Siap-siap dibuat gatal untuk mengoleksi berbagai macam kerajinan tangan yang indah dan berestetika.

  • Menonton Pagelaran Seni

Pagelaran seni kerap diadakan pada waktu-waktu tertentu. Beberapa pagelaran yang bisa dijumpai meliputi pentas tari, teater drama, penampilan live music, dan pentas puisi.

Kala mampir ke Pasar Seni, pastikan selalu cek panggung terbuka. Siapa tahu ada acara yang sedang berlangsung.

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol tidak hanya populer akan keindahan pantai pasir putihnya saja, tetapi juga acara budaya yang rutin diadakan beberapa waktu sekali. Umumnya, menjelang peringatan HUT RI, liburan sekolah, lebaran, dan perayaan-perayaan lainnya.

Datanglah setiap tanggal 31 Desember untuk menyaksikan pesta kembang api yang didampingi dengan kemeriahan pertunjukkan live music yang diisi oleh penyanyi-penyanyi populer. Bagi para peminat musik, pasti akan puas menghadiri acara ini.

Coba sekali-kali sambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di wisata budaya Jakarta ini untuk mengenang berbagai permainan tradisional tanah air, seperti mengikuti lomba panjat pinang di Pantai Carnaval. Asah kemampuan memanjat dan bersiap membawa pulang jutaan rupiah.Tidak hanya itu, latih keterampilan menari Anda di acara beach fun dance yang biasa digelar saat akhir pekan. Ada pula fasilitas olahraga yang bisa dinikmati secara gratis sembari menyaksikan panorama laut yang ciamik.

Acara Wonders Of Jakarta

Dalam menyemarakkan HUT DKI Jakarta ke 496, Taman Impian Jaya Ancol mengadakan acara yaitu Wonders Of Jakarta Fest. Dimana nantinya akan diisi oleh Live Music, Tenant Kuliner Betawi, Pentas Budaya Betawi, Stand Up Comedy, dan Zona Aktifitas yang dapat dinikmati seluruh pengunjung Taman Impian Jaya Ancol.

Tanggal : 21 Mei - 22 Juni 2023

Tempat : SOTS - Stone Area

Participant : Tenant Kuliner, Retail & Games

Puncak Acara Wonders Of Jakarta Fest 

Tanggal : 22 Juni 2023

Tempat : Pantai Festival

Waktu : 15.30 - 23.00 WIB

Jadwal Performance Budaya Jakarta Show di Acara Wonders Of Jakarta Fest

Tiap Weekday | Selasa, Kamis

19.30 - 20.00 : Performance Budaya Betawi seperti Tarian Betawi, Pencak Silat & Lenong

Tiap Weekend | Sabtu, Minggu

19.15 - 20.00 : Performance Budaya Betawi seperti Tarian Betawi, Pencak Silat & Lenong

Puncak Acara Wonders Of Jakarta Fest (22 Juni 2023)

15.30 - 17.30 : Performance Budaya Betawi seperti Band Betawi, Tarian Betawi, Pencak Silat / Palang Pintu

Segera Resevasi Sekarang melalui pembelian tiket online di www.ancol.com

3. Ancol Ecopark

Ingin melatih diri untuk hidup dengan gaya ramah lingkungan? Wisata budaya Jakarta Eco-park ini bisa menjadi langkah awal. Dengan kawasan yang sangat luas, pengunjung dapat menikmati beragam aktivitas edukatif dengan tujuan mencintai alam.

Taman yang berada di Taman Impian Jaya Ancol ini terbagi menjadi 4 zona utama, di antaranya:

  • Zona Eco-Care, yaitu tempat dengan beragam permainan edukatif.
  • Zona Eco-Art, yaitu tempat digelarnya pameran dan pertunjukkan seni.
  • Zona Eco-Nature, yaitu tempat belajar macam-macam tumbuhan dan satwa.
  • Zona Eco-Energy, yaitu tempat belajar konservasi energi dan pembuatan energi alternatif.

Disamping itu, pengunjung dapat menikmati aktivitas lain yang tidak kalah asyik, seperti:

Glamping: Glam camping menjadi tren kegiatan akhir pekan yang mulai populer. Satu tenda sudah dilengkapi dengan AC yang dingin serta fasilitas memadai lainnya.

Bersepeda santai: Mengingat wisata ini sangat luas, tidak mungkin kalau Anda mengelilingi seluruh taman dengan berjalan kaki. Kabar baiknya, Ancol Ecopark menyediakan penyewaan sepeda, eco-bike hingga boogie car yang siap membawa Anda berkeliling tanpa capek.

Belajar mengolah madu di Rumah Lebah: Rumah Lebah merupakan atraksi yang ramai dikunjungi. Disini pengunjung diajak belajar cara mengolah madu mulai dari sarang hingga menjadi madu siap pakai.

Ayo, kunjungi wisata budaya Jakarta untuk memperluas cakrawala. Semangat berkreasi yang surut dapat kembali terisi setelah melihat atraksi budaya di tempat-tempat tersebut. Langsung saja, siapkan tiket dari www.ancol.com/tiket dan isi akhir pekan dengan aktivitas menarik.