KORPORAT


Sejak awal berdirinya di tahun 1966, Ancol Taman Impian Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.
 
Sejalan dengan peningkatan kinerja, pada tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992, sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.

Pada 2 Juli 2004, Ancol melakukan go public dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. dengan status kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah go public ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan serta menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif ini akan memacu perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang secara sehat di masa depan.

PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. juga melakukan upaya repositioning dengan diluncurkannya logo baru Ancol pada 10 Juli 2005. Perubahan tersebut tidak semata mengganti logo perusahaan, tetapi juga untuk memacu semangat dan budaya perusahaan secara keseluruhan.
 

 


 

 
Sejak awal berdirinya di tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.

Sejalan dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat di tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.

Pada 2 Juli 2004 Ancol melakukan "go public" dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk., dengan kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah "go public" ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja perusahaan, karena akan lebih terkontrol, terukur, efisien dan efektif dengan tingkat profesionalisme yang tinggi serta menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif ini akan menjadikan perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara sehat di masa depan.   

PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk juga melakukan upaya repositioning dengan diluncurkannya logo Ancol yang baru pada 10 Juli 2005. Perubahan tersebut tidak semata mengganti logo perusahaan, tetapi juga untuk memacu semangat dan budaya perusahaan secara keseluruhan.   

Visi
Menjadi perusahaan pengembang properti dengan kawasan wisata terpadu terbesar dan terbaik di Asia Tenggara yang memiliki jaringan sentra rekreasi terluas.

Misi
Sebagai komunitas pembaharuan kehidupan masyarakat yang menjadi kebanggaan bangsa.
Senantiasa menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik melalui sajian hiburan berkualitas yang berunsur seni, Budaya dan pengetahuan, dalam rangka mewujudkan komunitas ‘Life Re-Creation' yang menjadi kebanggaan bangsa.

JAYA ANCOL MENJADI SELALU LEBIH BAIK
PT. Pembangunan Jaya Ancol , Tbk ("Perseroan"), seiring dengan Visi Ancol Spectacular, mengembangkan core value perusahaan untuk memiliki budaya pemberani berani untuk memilih yang benar, berani untuk adil, berani untuk tegas dan yang paling penting, berani untuk selalu menjadi lebih baik. Ancol terus menerus mengamalkan 6 (enam) kebiasaan untuk dikembangkan menjadi budaya setiap "Ancol Man".

 

 

BELAJAR TERUS-MENERUS
Semangat belajar dan diajakarkan, dan rasa keingintahuan yang besar untuk senantiasa mencari beragam cara baru untuk menuntaskan aneka masalah.

 

PERDULI DENGAN YANG LAIN
Perusahaan mengerti bahwa tidak ada kesuksesan sejati tanpa terlebih
dahulu melayani sesama dan perusahaan membutuhkan orang lain untuk sukses.

 

BERPIKIR KREATIF
Perusahaan mengerti bahwa pemecahan masalah yang baik dan pertumbuhan sejati tidak hanya berasal dari sisi pemikiran logika tetapi juga dari sisi pemikiran kreatif.

 

TERPANGGIL
Perusahaan dan semua karyawannya terpanggil untuk melakukan hal yang benar, setiap kali.

 

BERTANGGUNG JAWAB
Insan Jaya Ancol memahami akan ekspektasi yang diletakkan pada bahu mereka oleh konsumen (termasuk pemegang saham) dan sepenuhnya menerima tanggung jawab diberikan kepada mereka.
Insan Jaya Ancol berjanji untuk mengerjakan tugasnya dengan baik, tuntas dan benar untuk memenuhi atau bahkan melebihi amanah.

 

INTEGRITAS
Insan Jaya Ancol memahami bahwa semua pilar-pilar di atas dilandasi dan tidak bisa lepas dari fondasi Integritas. Insan Jaya Ancol menyadari bahwa integritas adalah kesetiaan yang tidak bisa ditawar dan pada sesungguhnya adalah gaya hidup, bukan pilihan hidup.

 

 
 
 





Komisaris

1. Trisna Muliadi
2. Catharina Suryowati
Komisaris Independent

3. Ermaya S.
4. KRMH. Daryanto Mangoenpratolo Yosodiningrat

 

 

 

Direktur Utama
1. Gatot Setyo Waluyo

Direktur
  2. Harianto Badjoeri
  3. Winarto
  4. Budiwidiantoro
  5. Arif Nugroho
  6. Muhamad Haryo Yunianto
  7. Teuku Sahir Sahali

 » Back to Top

Usaha Pariwisata (Rekreasi dan Resor)

Dikelola oleh anak perusahaannya terutama oleh PT Taman Impian Jaya Ancol (“TIJA”) yang meliputi pengelolaan kawasan pariwisata (rekreasi dan resor) dan kegiatan usaha penunjang: entertainment, konvensi dan wisata belanja. PJAA mengelola “area pariwisata terintegrasi” seluas 552 Ha, lokasi dekat pantai, terbaik di Jakarta dengan kemudahan akses melalui jalan tol, busway dan kereta api.

Pantai dan Taman
Taman dan pantai merupakan wahana hiburan yang menawarkan kesegaran suasana pantai bagi semua kalangan dan usia. Pantai dan Taman memiliki 5 pantai (Pantai Festival, Indah, Elok, Ria dan Carnival Beach Club) dan Danau Impian, sepanjang kurang lebih 5 km, dengan promenade sepanjang 4 km.

Dunia Fantasi
Dunia Fantasi yang dibuka untuk umum pada 29 Agustus 1986, dan popular dengan sebutan Dufan, merupakan theme park pertama yang dikembangkan oleh Ancol. Dufan merupakan pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang memanjakan pengunjung dengan Fantasi Keliling Dunia, melalui berbagai content wahana permainan berteknologi tinggi, yang terbagi dalam 8 kawasan, yaitu: Indonesia, Jakarta, Asia, Eropa, Amerika, Yunani, Hikayat dan Balada Kera. Perseroan juga menjadikan Dufan sebagai salah satu pusat edutainment yang ada di Ancol yakni dengan dibukanya Fisika Dunia Fantasi (Fidufa) dan Pentas Prestasi. Dufan telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008 sejak 2009.

Atlantis Water Adventure
Atlantis Water Adventure (AWA) merupakan theme park kedua yang dikembangkan oleh Ancol dan berdiri diatas lahan seluas 5 hektar. AWA merupakan hasil revitalisasi Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol yang akan memberi pengunjung petualangan wisata air dengan 8 kolam utama, yaitu: Poseidon, Antila, Plaza Atlas, Aquarius, Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool.

Gelanggang Samudra
Gelanggang Samudra Ancol ("Samudra") merupakan theme park ketiga yang dikembangkan oleh Anco. Samudra merupakan edutainment theme park bernuansa konservasi alam yang memberikan pengalaman kepada pengunjung untuk mengenal lebih dekat dan menyayangi aneka satwa, antara lain lumba-lumba, paus putih, anjing laut, dan lain-lain

Sea World
Sea World adalah underwater aquarium pertama dan satu-satunya di Indonesia, dengan area seluas 2 Ha (dikelola dengan format BOT).

Putri Duyung Cottages
Penginapan tepi pantai bergaya unik berbentuk cottages dengan 133 kamar ini memiliki berbagai fasilitas khusus, seperti : ruang serba guna, ruang rapat dan lokasi pesta pantai. Putri Duyung juga menawarkan fasilitas olahraga, seperti kolam renang, tenis meja, sepeda, lapangan tenis, serta lapangan voli pantai. Arsitektur artistik Putri Duyung Ancol kental dengan perpaduan gaya posmo dan romantisme Indonesia Timur, ditata selaras dengan lingkungan pantai untuk menciptakan suasana yang berselera dan eksotik.

Ocean Ecopark Ancol
Ocean Ecopark yang memiliki luas hampir 34 hektar merupakan sebuah sarana rekreasi terbaru yang menawarkan nilai-nilai edukasi (edutainment) dan petualangan (adventure). Selain itu Ocean Ecopark juga menyediakan beragam fasilitas yang membuat kita semakin nyaman liburan dengan tema berpetualang sambil belajar. Untuk kita yang menyukai jogging atau bersepeda di Ocean Ecopark sudah tersedia MTB, SEGWAY dan Golf Car dengan didukung fasilitas jalur jogging dan bicycle track sepanjang 2 km. Jika bosan bersepeda, Anda dapat menggunakan fasilitas perahu wisata yang dapat mengantarkan kita mengelilingi kanal sepanjang 2 km dan lebar 5 meter di ocean Ecopark.Anda juga bisa bermain sambil belajar dengan menikmati fasilitas Learning farm dan juga kebun sayur organik yang ada di Ocean Ecopark. Selesai berkeliling Anda dapat beristirahat, makan sambil mengobrol santai, atau bahkan melakukan meeting dengan menggunakan fasilitas yang telah disediakan seperti: Restoran, Cafe, Club House Ecopark, Dermaga Ecopark, Meeting room dan juga VIP room di Ocean Ecopark.Dan tidak ketinggalan terdapatnya fasilitas wahana yang terdapat di Ocean Ecopark yaitu Funtastic Magic Fountain Show yang berkapasitas 1500 orang, medley tarian nusantara, 3D Mapping, Magic Fountain, Fireworks dll.

Marina
Dermaga kapal pesiar (speed boat dan yacht) bergaya kosmopolitan yang pertama dan terlengkap di Indonesia, dirancang untuk tempat berlabuh kapal pesiar berbagai ukuran. Marina juga berfungsi sebagai pusat olahraga laut, ski air, wind surfing, diving, sailing, serta pelabuhan kapal pesiar untuk menuju Kepulauan Seribu. Marina dilengkapi dengan fasilitias dermaga, marine band, pompa bensin, dermaga bongkar muat, agen perjalanan wisata dan olahraga bahari.

Pasar Seni
Pasar Seni merupakan pusat kegiatan seni dan kerajinan yang memberikan inspirasi serta wawasan bagi penikmat dan kolektor seni. Pasar seni merupakan wujud nyata kepedulian Ancol atas kelangsungan hidup para seniman berbakat. Pasar Seni juga dilengkapi dengan Galeri Pameran (North Art Space/NAS), Toko Cinderamata, Plaza dan Panggung     Pertunjukkan Seni.

Ancol Beach City
Ancol Beach City merupakan Mall dengan pusat gaya hidup life style. Dengan luas sekitar 58.000 meter persegi yang dirancang untuk menarik perhatian keluarga perkotaan dan kaum muda dari Jakarta di mana mereka dapat bersantai dan menikmati angin laut sementara dan dimanjakan dengan daya tarik yang luas dan pilihan yang luas dari makanan lezat, persembahan ritel, dan rekreasi.Terletak di tepi pantai dengan pemandangan langsung ke laut, Ancol Beach City menyediakan restoran, kafe, butik, dan layanan yang dikombinasikan untuk membentuk kuliner yang paling komprehensif dan kompleks hiburan tidak pernah terlihat sebelumnya di Jakarta. Selain Lifestyle Center, Ancol Beach City juga memiliki fitur Stadion Indoor terbesar di Asia Tenggara, Mata Elang International Stadium (Meis) dengan kapasitas 20.000 orang di bagian atas bangunan. 

Ancol Epic Cable Park
Jika ingin berolahraga air dengan cara yang menyenangkan dan menantang maka anda bisa mencoba salah satu olahraga air yang sedang popular di dunia sekarang ini. Wakeboarding dapat memacu adrenalin namun tetap aman untuk dimainkan siapa saja. Dapat dibayangkan penggabungan skateboarding dan surfing di atas air? Ya itulah wakeboarding. Sebagai salah satu olahraga air yang paling berkembang di dunia dan telah menjadi salah satu cabang dalam SEA GAMES, Wakeboarding memberikan kesempatan untuk merasakan kecepatan di atas ombak. Dengan berdiri di atas papan wakeboard dan ditarik dengan kecepatan yang cukup tinggi wakeboarder harus berusaha menjaga keseimbangannya dan meluncur di atas air. Semakin menguasai gaya yang bervariasi, maka olahraga ini akan semakin menarik dan menantang. Namun mengingat cukup mahalnya olahraga ini karena penggunaan kapal boat, akhirnya memunculkan alternatif baru dalam wakeboard yakni dengan penggunaan kabel.Perkembangan wakeboarding sendiri sudah dapat dilihat dengan penggunaan kabel yang terpasang di tower untuk menggantikan boat. Dengan ‘rasa' yang sama, tidak perlu speed boat yang mahal, tidak perlu bensin, tidak perlu perawatan, tidak ada polusi udara dan air (ramah lingkungan) lebih sedikit risiko pada tubuh kita, tapi kita tetap bisa bersenang-senang dengan teman-teman kita. Konsep yang cukup menarik bukan? EPIC sendiri berharap dengan adanya EPIC CABLE PARK di Indonesia, dapat memberikan sensasi yang baru bagi setiap orang dan dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk olahraga air Indonesia menuju skala internasional. 

Pulau Bidadari
Sebuah pulau untuk kalangan menengah di Kepulauan Seribu yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dari Marina. Pulau Bidadari memiliki 49 cottages yang terdiri dari 23 unit tipe deluxe, 20 unit tipe family, 3 unit tipe family suite, dan 3 unit tipe suite serta memiliki sarana olahraga, 2 aula serba guna, restoran, bar dan toko cinderamata. Sebuah atraksi unik, yakni wahana berenang bersama dengan lumba-lumba (swimming with the dolphin), bisa dinikmati di Pulau Bidadari.

Ritel
Lebih dari 30 kios penjualan souvenir, makanan dan minuman

Hailai Executive Club
Hailai merupakan klub eksekutif bertaraf internasional yang dilengkapi dengan restoran yang menyediakan 3.000 kursi, sarana olahraga, dan hiburan. Hailai dikelola oleh PT Philindo Sporting Amusement and Tourism Corporation yang bekerja sama dengan PT Sarana Ria.

Kereta Gantung
Gondola (sky lift) merupakan kereta gantung yang menghubungkan tempat wisata satu dengan yang lainnya di kawasan Ancol yang terbentang sepanjang kurang lebih 2,4 km dari Pantai Festival hingga area parker AWA. Gondola Ancol memiliki 37 unit gondola dengan kapasitas enam orang per gondola dan tiga stasiun pemberhentian. Gondola Ancol merupakan unit usaha hasil kerjasama Ancol dengan PT Karsa Surya Indonesia (KSI).

Bowling
Fasilitas olahraga bowling bertaraf internasional dengan 60 lintasan

Wisata Kuliner
Fasilitas resto dan cafe

Usaha Properti/ Real Estat

Meliputi pengembangan:

  • Hunian: kavling dan unit townhouse
  • Komersial: ruko/rukan, gedung kantor, service residence, penyewaan lahan.

Properti / Real Estat – Lokasi Strategis

Properti PJA memiliki lokasi strategis, akses langsung jalan tol, dekat dengan pusat perdagangan teramai di Jakarta dan terletak kurang dari 10 km dari Central Business District.

Nama Proyek

Coasta Villa Best Resort Living

Area Pantai Carnaval Ancol Timur 

Apartemen Northland Ancol Residence

Area Pademangan Barat 

Capital Coast

Area komersial terintegrasi

Puri Jimbaran

Area perumahan bernuansa art deco

Townhouse Puri Marina

Townhouse bernuansa Mediterania

Carnaval Beach

Pusat hiburan dan olahraga maritim

Marina Coast Royal Residence

Perumahan thematik pantai

Puri Nusa Dua

Kawasan pemukiman exclusive

Pengembangan properti ke depan akan terfokus pada Marina Coast dan Carnaval Beach serta reklamasi untuk menambah landbank.

KANTOR PERWAKILAN CABANG JAWA BARAT

  • The Value Creator Award 2005 sebagai ‘The Best Companies Based on EVA concept with an asset of under 1 trillion rupiahs category’ oleh majalah SWA (2005).
  • KADIN Award 2005 dari KADIN DKI Jakarta sebagai perusahaan pariwisata penyumbang Pendapatan Asli Daerah Propinsi DKI Jakarta terbesar di bidang hiburan, yaitu sebesar Rp 62,88 miliar.
  • ISRA Award 2005 Laporan kegiatan CSR 2005 PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk meraih penghargaan “The Best Environment and Social Reports Award 2005.”
  • The Value Creator Award 2006 : PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk meraih predikat “The Public Companies 2006 based on EVA Concept” yang diluncurkan sejak 2003 oleh majalah SWA, MarkPlus & Co, dan MAKSI Universitas Indonesia.
  • Reforestation of Housing and Residential Environment Award
  • Greening of Gardens and Office Buildings Award 1993
  • Winner Leisure Category, FIABCI Prix D’Excellence 1994
  • Payer of Corporate Income Tax Awards 1993 – 1996
  • Certificate of Appreciation, Leisure Asia ’96 Tile Asia
  • Best Environmental Re-Greening and Environment Management Awards 1992 -1996
  • The Best Garden Cottage Award
  • Adikaryottama Wisata Tourism dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (1995-2001)
  • dhikarya Wisata Tourism dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (2001)
  • Dunia Fantasi memperoleh Sertifikat standar pelayanan mutu ISO9001:2000 dari L’oyd Quality Registered (2002).
  • Danamon Award 2006 : PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk masuk dalam tiga besar perusahaan yang telah melakukan program CSR. Penghargaan ini diberikan oleh Bank Danamon, bekerja sama dengan kelompok Tempo Inti Media.
  • KEHATI Award 2006 :Keberhasilan program Ancol Sayang Lingkungan (ASL) berhasil meraih penghargaan dari Yayasan Keanekaragaman Hayati (KEHATI). Program ASL, antara lain, berbentuk produksi pupuk kompos, kertas daur ulang, dan penghijauan lingkungan.
  • 200 Best Companies in Asia & Australia 2006 :PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk bersama empat perusahaan lain di Indonesia dengan penjualan di bawah USD 1 milyar, menjadi bagian dari “200 Perusahaan Terbaik Asia dan Australia” berdasarkan pemeringkatan oleh Majalah FORBES ASIA.
  • Indonesia Property Award 2006 :PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk mendapatkan penghargaan sebagai “Pengembang dengan Layanan Purna Jual Terbaik” yang diberikan oleh Majalah Property dan Bank.
  • BUMD & CEO BUMD Award 2006 :PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk ditetapkan sebagai “BUMD yang unggul di bidang pemasaran dan pariwisata” berdasarkan penilaian Leadership Inc., Stern Stewart & Co., dan Mark Plus & Co. Atas pencapaian ini, perusahaan mendapatkan penghargaan dari Majalah Business Review dan BKSBUMDSI (Badan Koordinasi Sekretariat BUMD Seluruh Indonesia). Masih dalam rangkaian penganugerahan ini, perusahaan juga mendapatkan penghargaan sebagai “Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan Terbaik 2006”.
  • Service for 2006". CGPI (Corporate Governance Perception Index) 2006 Awar II
  • Marketing Award 2007 kategori Building and Implementing Experiential Marketing & Customer experience strategy.
  • Experiential Marketing & Customer Experience Strategy’ Category Investor Award kategori Emiten Terbaik sektor Restoran, Hotel dan Pariwisata (2007)
  • Wahana Lestari dari MentriKehutanan (2010)
 
 
 
  
KANTOR PERWAKILAN CABANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
 
 
 
 
 
KANTOR PERWAKILAN CABANG JAWA BARAT
 

 
 

.......................................................................................................................................>> Back to Top