BERITA

Flora Fest Ecopark Ancol Edutainment Lingkungan yang Menarik dan Layak Dikunjungi

Rabu, 26 September 2012

 

Jakarta, 23 September 2012

 

Ancol Taman Impian kembali menggelar acara hiburan yang menarik dan mendidik bagi para pengunjung. Melalui Flora Fest 2012, destinasi wisata keluarga yang terbesar di Indonesia ini menggelar pameran flora terbesar, serta terlengkap di Jakarta yang dikemas dalam konsep edutainment.

 

Selama lebih dari 3 (tiga) pekan (23 September – 14 Oktober 2012), pengunjung, bisa menyaksikan beragam flora, serta mengikuti berbagai kegiatan menarik bertema lingkungan dalam Flora Fest 2012 yang digelar di kawasan Ocean Ecopark Ancol Taman Impian. Pameran yang didukung pula oleh Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta, diharapkan bisa menjadi event tahunan skala nasional dan menjadi sarana wisata edukasi lingkungan yang layak dikunjungi masyarakat dari berbagai tingkatan usia.

 

Penyelenggaraan Flora Fest adalah bagian dari upaya Ancol menanamkan cinta tanaman sejak dini kepada masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, yang bersih dan hijau. Kegiatan pameran flora ini diharapkan mampu menjadi sarana masyarakat untuk menyalurkan hobi keanekaragaman flora dan juga ajang edutainment bagi keluarga,” kata Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, perusahaan pengelola kawasan wisata dan rekreasi terpadu Ancol Taman Impian.

 

Sebanyak hampir 200 booth akan memeriahkan Flora Fest 2012 yang juga akan menampilkan aneka lomba, dan coaching clinic. Selain petani dan pedagang flora, serta kolektor tanaman hias, tanaman buah, serta tanaman langka, booth-booth tersebut juga akan diisi oleh pedagang dan supplier perlengkapan taman, komunitas dan pedagang reptil, burung kicau dan binatang peliharaan, serta 25 booth kuliner.

 

Pada kegiatan ini, selain menyaksikan, pengunjung juga dapat membeli berbagai jenis tanaman-tanaman langka, seperti aglonema, aneka anggrek, sansivera, anthuvium, kaktus, bonsai, serta pohon buah-buahan seperti durian, mangga, jambu, dan lainnya.

 

Untuk memeriahkan suasana, Flora Fest 2012 juga akan menghadirkan kelompok music terkenal Hijau Daun. Selain sebagai endorser dengan kegiatan-kegiatan Go Green, sebuah program lingkungan yang didukung Ancol Taman Impian dan melibatkan kaum muda, Hijau Daun yang ditunjuk sebagai Duta Flora Fest 2012 ini juga akan tampil menghibur pengunjung.

 

Dalam Flora Fest 2012, selain kegiatan pameran, pengunjung juga bisa mengikuti serangkaian kegiatan seperti kursus gratis bercocok tanam merawat tabulampot, anggrek berbunga lebat, daur ulang, lomba merangkai bunga, lomba burung berkicau, ayam serama, ayam ketawa serta kegiatan-kegiatan edutainmnet lainnya.

 

Selain itu, kegiatan ini juga akan diisi dengan photography coaching clinic oleh Jakarta Bird Society dan Indonesian Wildlife Photography. Konten ini menyediakan tempat terbatas hanya untuk 40 orang peserta tanpa dipungut biaya, cukup membayar tiket di pintu gerbang Ancol dan membawa kamera sendiri peserta dapat menikmati hadiah-hadiah menarik. Pemenang Utama akan mendapatkan paket menginap 1 (satu) hari di Putri Duyung Cottage, Pemenang kedua mendapatkan 5 (lima) buah tiket Atlantis Water Adventure, dan pemenang ketiga mendapatkan 4 (empat) buah tiket Ocean Dream Samudera.

Sebelumnya Ancol juga telah meresmikan sebuah truk edukasi sebagai basis pengembangan berbagai wahana dan program hiburan bagi para pengunjung. Bekerjasama dengan WWF Indonesia, Ancol mempersembahkan Panda Mobile sebagai bentuk apresiasi atas upaya WWF Indonesia dalam melakukan kampanye konservasi lingkungan. Panda Mobile with Ancol yang telah aktif ini turut mengisi kegiatan di Flora Fest 2012 dengan kegiatan daur ulang kertas, kreasi botol plastik, serta kegiatan edutainment lainnya bersama Teens Go Green, ASL (Ancol Sayang Lingkungan) dan Bob Novandy.

Menjadi sebuah kawasan wisata terpadu yang mampu berperan sebagai agen perubahan bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarat merupakan amanah yang diemban Ancol Taman Impian sejak awal berdirinya. Kami optimis peran tersebut bisa terus dilakoni Ancol Taman Impian, tidak terkecuali di bidang lingkungan hidup sehingga upaya menjadi kawasan wisata yang pengelolaaanya didasari oleh prinsip-prinisp green company bisa segera terwujud,” tutur Budi Karya.