BERITA

KARYA TEKNOLOGI ANAK BANGSA

Jumat, 25 Desember 2009

Edufantasi merupakan sebuah rangkaian dari acara ITB Fair yang bekerja sama dengan Dunia Fantasi. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 26, 27, dan 28 Desember 2009 di Panggung Maksima Dunia Fantasi. Edufantasi membawa tema edutainment, sinergi dalam belajar dan bermain.
Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Budi Karya Sumadi mengatakan Dunia Fantasi merupakan wahana bermain yang di dalamnya sarat dengan aplikasi ilmu pengetahuan, namun banyak yang tidak menyadari hal tersebut. Sejalan dengan visi dufan, melalui edufantasi diharapkan dapat memberikan imej belajar dapat dilakukan dengan menyenangkan dan sambil bermain. Sehingga belajar tidak lagi menjadi suatu proses yang tidak menyenangkan.
“Oleh karenanya, kami bekerjasama dengan berbagai  universitas dengan berbagai reputasi unggul , salah satunya adalah Institut teknologi Bandung (ITB), yang taleh mencetak para alumni yang berkualitas,” lanjut Budi Karya.  
Edufantasi turut menampilkan karya-karya mahasiswa dan keprofesian yang ada di ITB kepada masyarakat umum terutama pengunjung Dunia Fantasi. Tujuan dari acara ini adalah untuk membangkitkan rasa percaya diri anak bangsa terhadap potensi yang dimiliki oleh putra-putri bangsa agar termotivasi untuk terus belajar dan berkarya. Diharapkan melalui penampilan dan pameran karya yang telah dibuat oleh mahasiswa ITB, masyarakat dapat belajar, mendapatkan wawasan, juga terinspirasi untuk dapat menciptakan karya yang lebih baik lagi dan berguna bagi bangsa dan Negara.
Selain itu, edufantasi merupakan salah satu sarana penyampaian ilmu pengetahuan yang disajikan dengan ringan dan menyenangkan. Ini merupakan salah satu wujud pengabdian mahasiswa kepada masyarakat umum agar ilmu yang telah dipelajari di perkuliahan dapat bermanfaat juga bagi masyarakat luas.
 Bentuk acara dari Edufantasi terdiri dari pameran karya dan keprofesian, peragaan karya dan profesi, serta hiburan. Pameran karya dan keprofesian akan diisi oleh kurang lebih 20 karya dan keprofesian yang ada di ITB seperti robot pencari jejak (line follower), mesin pendaur ulang, water rocket, software permainan, multitouchscreen games, inovasi sepeda anak, pelontar tenaga elektromagnetik, sulap kimia, teropong bintang, dan masih banyak karya-karya lainnya. Karya-karya tersebut adalah sebagian kecil dari karya mahasiswa yang akan dipamerkan juga pada acara ITB Fair 2010 (5,6,7 Februari 2010).  Kemudian akan ada peragaan dan penjelasan mengenai karya –karya dan keprofesian yang ada. Lalu akan ada hiburan dari band-band kampus ITB.