Mengenal Jakarta Bird Land: Wahana Terbaru Ancol

Ancol merupakan salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia. Setelah pandemi berakhir, jumlah pengunjung Ancol naik secara signifikan. Momentum ini dimanfaatkan oleh Ancol untuk membuka sebuah wahana baru bernama Jakarta Bird Land - Kawan Jaga Langit. 

Seperti apakah Jakarta Bird Land? Yuk, simak penjelasan di bawah untuk tahu lebih banyak tentang wahana baru di Ancol ini.

Ada Apa Saja di Jakarta Bird Land?

1. Area Makau dan Kakaktua

Di area ini terdapat dua jenis burung, yaitu Makau Amerika dan Kakatua Indonesia. Pengunjung bisa melakukan beberapa aktivitas yang seru, antara lain:

  • Berinteraksi langsung dengan burung makau dan kakatua
  • Memberi makan burung 
  • Mendapatkan penjelasan dari petugas
  • Berfoto bersama burung

Untuk aktivitas foto bersama burung atau photo spot bisa dilakukan pada pukul 10.00 - 16.00 setiap hari. Sedangkan aktivitas lainnya seperti memberi makan burung bisa dilakukan pada dua sesi. Sesi pertama ada di jam 09.30 - 11.00 dan sesi kedua pukul 13.00 - 16.00.

2. Area Hornbill Family

Hornbill atau Rangkong merupakan salah satu burung yang punya paruh melengkung berukuran besar. Paruh berwarna terang tersebut menjadi daya tarik utama Rangkong. 

Di Jakarta Bird Land terdapat burung Rangkong jantan dan betina yang bisa berinteraksi langsung dengan para pengunjung. Aktivitas yang bisa dilakukan di area ini kurang lebih sama seperti di area Makau. 

3. Area Para Pemangsa

Di habitatnya, ada beberapa burung yang berperan menjadi pemangsa. Contohnya antara lain Elang, Alap-alap, dan Elang Tikus. 

Itulah 3 spesies burung pemangsa yang dimiliki oleh Jakarta Bird Land. Karena burung-burung ini cukup berbahaya, pengunjung tidak bisa berinteraksi secara langsung dengannya. Tapi Anda pasti tidak akan kecewa karena masih bisa menyaksikan pertunjukan memukau dari burung tersebut.

4. Area Burung Perairan (Water Bird)

Tidak hanya di darat, beberapa spesies burung juga memiliki habitat di perairan. Untuk memperkenalkan burung tersebut, Jakarta Bird Land menyediakan area khusus yang berisi burung-burung berikut ini.

  • Bebek Mandarin 
  • Angsa Hitam
  • Pelikan
  • Pecuk/Komoran
  • Pecuk Ular Asia
  • Bangau Bluwok

Karena relatif tenang dan tidak membahayakan, pengunjung bisa berinteraksi langsung dan memberi makan burung-burung di atas.

5. Kandang Burung

Ingin berinteraksi langsung dengan burung di kandangnya? Aktivitas ini bisa dilakukan di area kandang burung atau Aviary and Free Range Bird. Di area Aviary & Free Range terdapat burung dari berbagai macam spesies. 

Pengunjung Jakarta Bird Land bisa berinteraksi dengan burung-burung di Aviary selama jam operasional. Berbeda dengan area Free Range yang hanya tersedia di dua sesi, pada 09.00-11.00 dan 13.00-14.00.

6. Mini Show 

Kurang lengkap rasanya kalau datang ke wahana atraksi burung tanpa menonton pertunjukan. Jakarta Bird Land menggelar 4 mini show setiap hari di beberapa area. Konsep dari show ini adalah fun education.

Selain bersenang-senang melihat pertunjukan, pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan baru tentang burung. Berikut ini adalah jadwal pertunjukan mini show yang bisa Anda saksikan. 

JadwalAreaJenis Burung
10.00 WIBWater Bird dan American MacawBerbagai jenis MakauPelikanBebek Mandarindll.
13.00 WIBRangkong dan KakaktuaAneka rangkongTritonAlbaJambul Kuning
14.30 WIBAviaryBeoBetetSun Conure
16.00 WIBFree RangeCrowned PigeonMerak

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Murah dan Terbaik 2022

Pertunjukan Utama 

Tidak hanya mini show di setiap area, Jakarta Bird Land juga menggelar show yang lebih besar di area tribun. Ada 2 jenis tribun berukuran besar dan kecil. Masing-masing digunakan untuk menggelar main show dan mini show.

Main show digelar di tribun utama yang memiliki kapasitas 850 penonton. Durasi pertunjukannya sendiri 22 menit dengan mempertontonkan atraksi dari 5 spesies burung berbeda. Saat weekday, main show digelar 1 kali. Sedangkan saat weekend digelar sebanyak 2 kali.

Di tribun yang lebih kecil berkapasitas 150 orang digelar mini show. Pertunjukan dijadwalkan 3 kali sehari saat weekday dan 4 kali sehari saat weekend. Durasi show ini hanya 10 menit dengan atraksi 1-2 jenis burung.

Kenapa Harus ke Jakarta Bird Land?

Jakarta Bird Land direncanakan akan dibuka pada musim liburan akhir tahun 2022. Ini dia beberapa alasan kenapa Anda wajib datang ke wahana ini setelah pembukaan.

1. Melihat Kehidupan Burung Lebih Dekat

Selama ini, Anda mungkin hanya melihat kehidupan burung di Youtube atau tayangan televisi. Di Jakarta Bird Land, Anda bisa menyaksikan kehidupan binatang berdarah panas tersebut dengan lebih dekat. 

Bahkan Anda tidak hanya bisa menyaksikan kehidupannya. Anda dipersilakan untuk berinteraksi secara langsung seperti menyentuh dan memberi makan burung-burung di Jakarta Bird Land.

2. Pengalaman Baru

Jakarta Bird Land memiliki area bernama Free Range Bird. Area ini dibuat sedemikian rupa sehingga sama dengan habitat burung-burung di alam liar. 

Burung-burung di area Free Range menjalani kehidupan secara alami. Menyaksikan hal ini tentu akan menjadi pengalaman baru yang menarik untuk Anda.

3. Mudah Dijangkau

Jakarta Bird Land berada di kawasan wisata Ancol yang sangat mudah untuk dijangkau. Untuk datang ke lokasi ini, Anda bisa menggunakan berbagai jenis transportasi. 

Anda bisa mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil, sepeda motor, bahkan sepeda. Ada juga berbagai opsi kendaraan umum untuk datang ke Ancol seperti Bus Transjakarta dan Kereta Rel Listrik (KRL/Commuter Line).

4. Lokasi Instagramable

Seluruh area di Jakarta Bird Land berada di dalam dome raksasa dengan luas 3.600 meter persegi dan ketinggian 15 meter. Dome ini punya banyak sekal spot menarik yang bisa digunakan untuk mengambil foto dan membagikannya di Instagram.

5. Meningkatkan Kepedulian Terhadap Alam 

Menyaksikan kehidupan satwa, khususnya burung secara langsung akan meningkatkan empati serta kepedulian terhadap alam. Hal ini mendorong para pengunjung untuk lebih menjaga lingkungan dan alam agar tetap lestari.

Mengajak anak-anak ke objek wisata ini merupakan opsi terbaik untuk mengenalkan kehidupan alam kepada mereka. Serta mengajarkan sikap peduli dan empati kepada alam.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Utara yang Murah 2022

Lokasi dan Tiket Jakarta Bird Land

Jakarta Bird Land sangat menarik, bukan? Wahana yang satu ini berada di dalam lokasi Taman Rekreasi Ancol. Berikut ini alamat lengkapnya.

Jalan Pasir Putih Nomor 1 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara

Lalu, bagaimana cara membeli tiketnya? Anda bisa mendapatkan tiket masuk wahana Jakarta Bird Land melalui laman resmi Ancol (www.ancol.com). Kemudian klik pada menu Tiket & Promo dan pilih tiket Jakarta Bird Land.

Pastikan beli tiket terlebih dahulu sebelum datang ke lokasi Jakarta Bird Land. Pastikan Anda membelinya di website resmi Ancol untuk mendapatkan penawaran menarik.

Jakarta Bird Land menawarkan banyak keseruan yang bisa dinikmati oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sangat cocok untuk menjadikan wahana ini sebagai tujuan rekreasi bersama keluarga.