7 Tempat Wisata Lebaran Jakarta yang Tetap Buka, Wajib Jadi Bucket-List!

Mencari wisata lebaran Jakarta untuk merayakan hari kemenangan mendatang? Tak perlu pergi jauh, di ibu kota sendiri banyak tersebar tempat liburan asyik untuk mengisi liburan. Salah satunya Taman Impian Jaya Ancol.

Sebagai taman hiburan yang sangat luas, wisata ini menawarkan berbagai aktivitas seru selama lebaran. Dalam satu kompleks saja, Anda bisa menjumpai pantai, taman bermain, penginapan, dan lain sebagainya. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Tempat Wisata Lebaran Jakarta untuk Liburan

Wisata-wisata berikut jauh lebih asyik ditemani sahabat, keluarga maupun orang tersayang. Pastikan ajak mereka untuk berlibur bersama:

1. Dunia Fantasi (Dufan)

Dikenal sebagai tempat dengan wahana ramah anak hingga ekstrem yang kerap menjadi tujuan akhir pekan masyarakat. Ada wahana tornado yang siap memompa adrenalin dengan gerakan jungkir balik di udara yang sangat menantang.

Tak lupa wahana Niagara untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi naik perahu yang diluncurkan dari ketinggian sekian meter. Istana boneka juga menanti kehadiran rombongan keluarga yang mencari wahana ramah anak.

Area seluas 9,5 hektar ini mampu memenuhi para pemburu adrenalin dengan pilihan wahana yang bervariasi. Beberapa wahana lain yang wajib dicoba yakni arung jeram, bianglala, alap-alap, dan halilintar.

2. Pantai Ancol

Menyajikan wisata alam yang memiliki daya tariknya sendiri. Pantai Ancol patut masuk ke daftar wisata lebaran Jakarta terbaik tahun ini. Dengan garis pantai yang membentang sepanjang 6,5 km ini, terbagi menjadi beberapa area.

Pantai Festival, Karnaval, dan Beach Pool merupakan area yang paling populer. Rasakan petualangan air di wahana Outbondholic yang dijamin akan memacu jantung.

Ada juga perahu kayuh bentuk bebek untuk pasangan yang ingin bermanja-manja sembari menikmati pemandangan Danau Monumen Ancol. Sedangkan bagi yang ingin basah-basahan wajib menjajal Aquafun dan berbagai permainannya.

Jangan lupa bawa matras yoga pribadi untuk pengunjung yang ingin mengikuti kelas yoga gratis di Plaza Lagoon setiap hari Minggu pukul 6 pagi. Pengunjung juga dapat menyewa sepeda untuk menyusuri promenade sepanjang Pantai Ancol yang akan membuat hari lebaran lebih berwarna.

3. Putri Duyung Resort

Saking asyiknya bermain di wisata lebaran Jakarta, sampai lupa pulang? Jangan khawatir, tersedia penginapan dengan pemandangan menakjubkan di pinggir pantai. Putri Duyung Resort menjanjikan pengalaman menginap eksklusif dengan semilir angin laut.

Interior dibuat dengan paduan furniture serba kayu menimbulkan nuansa homey yang sangat cocok untuk menampung tamu keluarga. Terdapat beragam pilihan tipe kamar dengan tarif yang bervariasi. Bahkan, ada kamar utama dengan teras belakang yang langsung menghadap ke laut.

Disediakan kursi-kursi santai yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai di bawah kehangatan matahari pagi tanpa harus keluar kamar. Fasilitas disini sangat lengkap dan memadai. Tiap kamar disediakan alat mandi dan handuk yang disterilkan.

Jangan lupa berenang di kolam infinity outdoor berbentuk kapal yang bisa dinikmati semua pengunjung. Nikmati alunan dari ombak yang bergulung-gulung landai saat lari pagi di pesisir pantai atau habiskan malam di bar premium dengan fasilitas tempat barbeque bersama sahabat.

4. Ocean Dream Samudra

Temui beragam satwa laut jinak yang mampu menghibur hati yang gelisah. Jadikan Gelanggang Samudra sebagai wisata lebaran Jakarta sekaligus mengedukasi diri tentang lumba-lumba, singa laut dan satwa-satwa eksotis lainnya.

Kenali lebih dekat satwa menggemaskan ini dengan berinteraksi secara langsung. Oleh karena itu, penting untuk mencatat jadwal pertunjukkan satwa sebelum tancap gas ke wisata ini. Direkomendasikan datang sebelum 09.30 agar puas menikmati seluruh rangkaian acara.

Bawa kamera untuk mengabadikan momen dan simak jadwalnya di bawah ini:

JadwalKegiatan
Pukul 09.45 WIBPentas beragam satwa cerdas yang berhitung dan bermain bola.
Pukul 10.30 WIBPentas lumba-lumba dan berbagai aksi kerennya
Pukul Jam 11.00 WIBSinema 4D dengan film berjudul Dora Adventure
Pukul Jam 12.00 WIBSinema 4D dengan film berjudul Turtle Vision
Pukul 12.30 – 13.00 WIBWaktu istirahat
Pukul 13.00 WIBSinema 4D dengan film berjudul The Little Prince
Pukul 13.30 WIBPentas burung-burung cerdas
Pukul 14.30 WIBAtraksi Underwater Theater yang menampilkan aksi putri duyung, penyelam dan lumba-lumba dalam akuarium raksasa.
Pukul 15.15 WIBAtraksi Scorpion Pirates Water Stuntman yang menampilkan aksi akrobat jetski dan pertarungan dengan special effect menantang.

5. Pasar Seni Ancol

Tak banyak yang tahu kalau pasar seni terbesar di dunia ada di Jakarta, tepatnya di Ancol. Dengan hamparan lahan yang seluas 5,2 hektare ini terdiri dari 240 kios yang menjajakan kerajinan tangan, lukisan, seni pahat, dan lain-lain.

Setengah dari angka tersebut merupakan kios yang menjadi studio seniman. Segarkan mata dengan keindahan karya seni yang dibuat oleh pengrajin totalitas sembari menikmati kesegaran tiupan angin laut.

Wisata ini bisa dijadikan tempat untuk para seniman penuh ambisi untuk mencari pengalaman baru nan bernilai dengan berinteraksi secara akrab bersama seniman lainnya. Sesuai namanya, wisata ini menyuguhkan karya seni dalam beragam bentuk.

Tidak hanya lukisan atau kerajinan tangan saja, terdapat pagelaran musik jazz, rock, serta pementasan wayang yang akan menemani waktu lebaran. Jika sedang beruntung, pengunjung dapat menghadiri pameran, workshop, sesi diskusi, pemutaran film, dan berbagai aktivitas lainnya.

6. Alive Museum Ancol

Bagi yang ingin mempercantik feeds Instagram, tak boleh melewatkan wisata lebaran Jakarta murah satu ini. Disini tersebar banyak spot foto menarik, unik, dan instagramable dengan latar lukisan penuh ilusi.

Ya, karya yang dibuat oleh seniman dari Korea ini menampilkan objek gambar yang seolah-olah nyata dan timbul. Para pemburu spot foto bagus pasti dibuat kalap dengan keindahan lukisan tiga dimensi ini.

Lokasi foto dikelompokkan menjadi 6 tema, diantaranya zona unik, zona horror, zona sirkus, zona travel, dan dark road. Masing-masing memiliki daya tariknya tersendiri. Kalau berjalan ke area di sebelahnya, pengunjung akan mendapati dirinya di Alive Star Ancol.

Area swafoto cantik yang diresmikan pada tahun 2015 ini bisa dibilang museum Madame Tussauds-nya Indonesia. Ada berbagai figur lilin realistis yang bisa diajak swafoto bersama. Setidaknya ada sekitar 50 patung terkenal, seperti idol Korea, aktor Hollywood, dan lain-lain.

7. Gondola Ancol

Buat waktu lebaran lebih romantis bersama pasangan dengan menaiki Gondola Ancol. Dari ketinggian, pengunjung dibuat terpukau dengan keindahan Teluk Jakarta selama kurang lebih 20 menit.

Wisata lebaran Jakarta ini terletak di dalam Taman Impian Jaya Ancol dan bisa diakses dari Stasiun Pantai Festival atau Stasiun Teater Mobil. Satu kereta mampu menampung 6 orang dewasa. Jadi jangan lupa ajak teman-teman atau keluarga tersayang.

Tak perlu khawatir soal keamanannya, wisata ini didukung dengan teknologi mutakhir yang menjamin keamanan operasional kereta gantung. Semakin asyik lagi ketika menaiki Gondola Ancol di sore hari, pemandangan sunset dari ketinggian tidak akan bisa dikalahkan.Sudah tahu mau mengunjungi wisata lebaran Jakarta mana nanti? Keseruan wahana dan aktivitas di Ancol ini menantikan kehadiran Anda dan teman-teman. Dapatkan tiketnya di www.ancol.com/tiket dan temukan penawaran menarik. Ayo, siapkan rencana liburan Anda sekarang juga!