8 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta Keren Terbaik

Berlibur paling asyik kalau menyambangi tempat wisata gratis di Jakarta. Siapa saja pastinya suka menghabiskan waktu di tempat yang banyak aktivitas seru. Lantas, di mana lokasinya? Buat yang penasaran, jawabannya ada di Ancol!

Ancol selalu percaya bahwa setiap orang berhak untuk menikmati hiburan kelas dunia, yang dapat menghubungkan perasaan dan memori seseorang dalam menciptakan komunitas yang bahagia dan menyenangkan.

Memiliki nama lengkap Taman Impian Jaya Ancol, tempat wisata terbesar di Jakarta ini telah menjadi bagian dari masa kecil masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Jadi, tak usah pergi ke luar kota buat menikmati fasilitas gratis bersama keluarga atau teman-teman.

Inilah Tempat Liburan Gratis di Jakarta

Dengan perkembangan kota Jakarta yang semakin pesat, semakin mudah pula bagi penduduknya untuk menemukan tempat refreshing terbaik. Buat yang sedang merencanakan kegiatan untuk menyambut liburan nanti, inilah kegiatan asyik dan gratis yang bisa ditambahkan ke wishlist:

1. Nonton Konser Musik

Pantai Festival adalah salah satu dari banyaknya pantai yang ada di Ancol. Pada acara tertentu, acapkali konser musik digelar di sini. Tentunya ini bisa menjadi memori mengesankan. Pasalnya, di mana lagi bisa menyaksikan penampilan artis favorit di panggung tepi pantai, bukan?

Alunan musik yang upbeat bikin hati semakin riang. Apalagi, beberapa artis internasional pernah tampil di panggung tersebut, salah satunya band Inggris Iron Maiden.

Selain itu, acara musik juga sering diadakan di Pantai Carnaval dan Pantai Lagoon Ancol. Pantau jadwal pertunjukkan melalui website resmi atau sosial media Ancol biar tidak ketinggalan.

2. Main Pasir Putih di Pantai Ancol

Tanpa naik kapal atau pesawat, penduduk Jakarta bisa bermain pasir putih sepuasnya di Pantai Ancol. Tempat wisata gratis di Jakarta ini selalu ramai menjelang akhir pekan atau liburan besar. Berkat areanya yang luas, pengunjung tidak akan merasa sesak.

Bawa perlengkapan main pasir, tikar untuk yang mau piknik, dan baju ganti apabila ingin bermain air. Silakan nikmati wahana dan fasilitas yang tersedia. Bahkan pengunjung bisa bermain bola pasir sepuasnya sembari menikmati keindahan teluk Jakarta.

Pengujung memungkinkan untuk bermain air di pinggir laut bersama buah hati. Ada lifeguard yang menjaga dengan ketat. Tidak hanya rekreasi seru saja, pengunjung juga dimanjakan dengan berbagai fasilitas olahraga yang dapat ditemukan pada titik-titik tertentu.

Ditambah lagi, semuanya gratis. Tak heran banyak yang berbondong-bondong datang ke tempat ini. Pastikan bawa tabir surya untuk menjaga kenyamanan selama bermain. Datang di pagi atau sore hari adalah pilihan yang bagus jika ingin menghindari sengatan matahari.

3. Berburu Spot Foto Instagramable

Bukan sesuatu yang asing lagi kalau suasana Ancol membuat foto jadi hits di sosial media. Para photogenic bisa menghabiskan waktu dari pagi sampai malam hanya untuk berburu spot foto menarik. Lokasinya tersebar dari area pantai, Allianz Ecopark, Dufan, Ocean Dream Samudra dan lain-lain.

Bawa kamera terbaik dan keluarkan jurus bergaya untuk menghasilkan gambar yang instagramable. Pastinya, jangan sampai melewatkan kesempatan swafoto di Jembatan Cinta. Ini merupakan spot paling ikonik di Ancol.

Ada juga dermaga yang terasa seperti di Singapura dengan jajaran perahu putih bersih. Photo frame yang dipasang di sepanjang pantai sama-sama bisa menjadi latar swafoto gratis yang unik. Apabila naik kereta Sato-sato, jangan lupa menjepret satu atau dua foto, ya.

4. Jalan Bareng Orang Tersayang di Promenade

Promenade adalah area pejalan kaki yang disediakan oleh tempat wisata gratis di Jakarta. Pengunjung dapat menemukan promenade di sepanjang Pantai Ancol.

Jalan dengan lebar 9 m dan panjang 3,5 km ini biasa digunakan sebagai lintasan sepeda atau trek jogging. Tidak seperti Allianz Ecopark, pemandangan promenade berupa hamparan pasir putih dan laut yang tenang. Pengunjung akan dimanjakan dengan suara deburan ombak yang menenangkan.

Ada pula beberapa fasilitas olahraga yang bisa digunakan secara gratis. Disarankan datang di pagi hari supaya udara terasa lebih sejuk.

Latar kereta lokomotif ini akan membuat hasil foto terlihat anti-mainstream. Masih banyak spot-spot foto hebat di sini yang menunggu untuk disambangi. 

5. Icip Kuliner Pinggir Laut

Seafood menjadi salah satu kudapan yang paling diburu di wisata pinggir laut ini. Jadi jangan kaget kalau menemukan kebanyakan tempat makan menjajakan olahan seafood. Bagi yang alergi atau memiliki preferensi lain pun bisa memuaskan perut dengan pilihan non hidangan laut.

Baik itu hidangan Nusantara, western dan lain sebagainya. Datangi The Pier by Kalaha untuk merasakan sensasi makan malam mewah dengan pemandangan langsung ke laut biru. Ada pula Nyiur Resto yang terkenal akan layout tempatnya berupa kolam renang bentuk kapal.

Buat yang rindu seafood khas Jimbaran, tak perlu jauh-jauh ke Bali. Di Ancol ada Jimbaran Resto yang patut didatangi saat mampir ke Pantai Carnaval. Selain perut kenyang, hati pun tenang melihat keindahan laut lepas. Ini juga bisa jadi referensi tempat ngedate yang romantis.

6. Main ke Pasar Seni Ancol

Pasar Seni adalah tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa diakses dengan bermodalkan tiket masuk Ancol saja. Sesuai namanya, pasar ini menjual berbagai macam karya seni luar biasa, seperti patung, lukisan, pahatan, dan lain sebagainya.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1977, Pasar Seni kerap menjadi tempat yang mempertemukan penikmat seni dari berbagai daerah di Indonesia.

Pengunjung bisa membeli sebagai bentuk apresiasi atau hanya melihat-lihat untuk memuaskan hati. Pasar semakin ramai pada akhir pekan, di mana seringkali diadakan pertunjukkan musik blues dan jazz.

7. Bersepeda Santai Sambil Menikmati Udara Sejuk

Sebagai salah satu tempat rekreasi gratis di Jakarta, Ancol tidak ada habis-habisnya membuat pengunjung puas dengan beragam aktivitas menarik yang ditawarkan. Bukan hanya hiburan rekreatif, Allianz Ecopark menyediakan ruang hijau luas untuk bersepeda santai.

Rutenya memiliki panjang hingga 2 kilometer dan area sekelilingnya ditumbuhi oleh pepohonan rindang nan lebat. Udara pun terasa sangat sejuk, meski menjelang siang hari. Bukan tipe pesepeda? Tenang, ada trek lari pagi dan area luas untuk mewadahi kegiatan olahraga lainnya.

Bagi yang berminat bersepeda di kawasan hijau ini, bisa memilih untuk menyewa atau membawa sendiri dari rumah. 

Kalau sudah pernah ke sini sekali, pastinya bakal ketagihan datang lagi pada kesempatan berikutnya. Terlebih lagi, Allianz Ecopark sangat mudah dijangkau dari gerbang utama Ancol. 

8. Wara-wiri dengan Kereta Sato-sato

Pengunjung mungkin akan melihat kereta menggemaskan yang berlalu-lalang di Ancol. Kereta itu adalah kereta Sato-sato, yaitu transportasi yang mengajak pengunjung untuk wara-wiri ke berbagai tempat menarik. 

Siapa saja bebas naik dengan gratis dan kereta akan membawa pengunjung berkeliling tanpa capek. Buat yang berangkat menggunakan transportasi umum bisa sekali memanfaatkan fasilitas ini untuk memudahkan mobilitas. 

Tinggal tunggu di Stasiun Pantai Carnaval, Stasiun Dufan, Stasiun Beachpool, dan Stasiun Seaworld Ancol, lalu ambil tempat duduk terbaik untuk melihat pemandangan yang paling memorable.
Adanya tempat wisata gratis di Jakarta membuktikan bahwa liburan asyik itu tidaklah mahal. Semua yang disebutkan di atas bisa dinikmati secara gratis dengan modal tiket masuk ke Ancol yang bisa didapatkan di Ancol.com. Jadi, sudah menentukan rencana akhir pekan nanti?