15+ Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Seru dan Menyenangkan

Karakter anak yang mudah rewel membuat orang tua lebih selektif dalam menentukan tempat berlibur. Di tengah hiruk pikuk ibu kota, ada wisata anak di Jakarta terbesar yang pasti bikin buah hati betah bermain hingga berjam-jam.

Tidak hanya menyediakan wahana untuk anak-anak saja. Orang tua yang jenuh pun dapat menaiki wahana, mulai dari yang asyik hingga menantang. Semua ini bisa ditemukan di Taman Impian Jaya Ancol. Dengan kelengkapan wahana yang ada, pusat hiburan ini pas menyandang taman impian.

Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Seru

Saking banyaknya, total wahana permainan di Ancol tidak bisa dihitung dengan sepuluh jari. Tentunya ini membuat Ancol sebagai surga dunia bagi si Kecil. Jadi, tunggu apalagi? Ajak anak-anak Anda untuk menghabiskan waktu di wahana pilihan di bawah ini:

1. Bioskop 4D

Apabila biasanya bioskop dikhususkan untuk remaja ke atas, wisata anak di Jakarta ini kerap dipenuhi oleh pengunjung anak-anak. Wahana yang bernama Cinema 4D ini bisa ditemukan di kawasan Ocean Dream Samudra.

Film yang diputarkan menceritakan tentang kisah biota laut yang menggemaskan. Namun bukan itu yang menjadi incaran pengunjung, melainkan sensasi nyata seperti masuk ke dalam film. Selama film diputar, pengunjung wajib mengenakan kacamata 3 dimensi.

Saking totalitasnya, pengunjung akan dikejutkan dengan efek-efek luar biasa seperti kursi bergerak, cipratan air, tiupan angin dan lain-lain selama menonton.

2. Animal Show

Mengingat anak-anak sedang berada di masa eksplorasi, wahana anak ini tak boleh dilewati. Mereka akan dibuat terhibur dengan aksi lumba-lumba, singa laut, dan berbagai satwa lainnya yang sangat cerdas.

Sebelum mendatangi wahana ini, pastikan mengecek jadwalnya terlebih dahulu biar tidak ketinggalan acara ini.

3. Boto-boto

Masih di Ocean Dream Samudra, wahana boto-boto cukup menjadi incaran anak-anak. Wahana ini dirancang seperti pesawat terbang yang bisa berputar di udara.

4. Outbond

Ancol bukan hanya menyajikan wahana outdoor berbasis teknologi saja. Wisata anak di Jakarta ini digelar di ruang terbuka yang cukup luas. Asyiknya lagi, pengunjung bisa mencoba berbagai wahana permainan outbound tanpa membayar tiket apa pun.

5. Atlantis Water Adventure

Mengambil tema kota Atlantis yang melegenda tersebut, taman hiburan air ini sangat cocok dijadikan tujuan akhir pekan yang tak terlupakan. Berbagai macam wahana anak bisa dicoba untuk mewarnai waktu liburan.

Terlebih, tempat yang dahulunya bernama Gelanggang Renang Ancol didesain dengan bangunan kuno khas Mediterania yang sangat kental.

6. Eco-bike

Meski ada sepeda yang bisa dilipat dan bisa dibawa kemana-mana, namun terkadang hal itu cukup merepotkan. Di Ocean Ecopark yang letaknya bersebelahan dengan Ancol ini menawarkan sensasi bersepeda di kawasan hijau luas dengan udara yang sejuk.

Hamparan trek sepeda memiliki panjang sekitar 2 km. Pinggiran trek ditumbuhi dengan pepohonan rindang nan rimbun yang semakin menambah rasa nyaman. Untuk sepeda tunggal disewakan dengan harga Rp35.000 per jam dan Rp65.000 per jam untuk sepeda tandem.

7. Kereta Gantung

Mencari wisata anak di Jakarta yang bisa dinikmati ramai-ramai? Kereta gantung atau gondola bisa menjadi solusi. Wahana yang membentang dari Pantai Festival hingga ke area parkir Atlantis Water Adventure ini akan membawa pengunjung menikmati keindahan Ancol dari udara.

Hamparan pasir putih, pusat hiburan dan laut lepas di sisinya tentu menjadi pemandangan yang cukup langka. Satu kali perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 20 menit untuk menyusuri trek sepanjang 2,4 km. Selama perjalanan, gondola akan berhenti sejenak di 3 stasiun yang disediakan.

8. Rumah Lebah

Dikenal sebagai serangga yang ditakuti, kebanyakan anak langsung ketar-ketir ketika melihat lebah beterbangan. Namun di Rumah Lebah, anak-anak malah diajak bermain langsung dengan serangga penghasil madu ini.

Tutor akan membimbing anak-anak dalam program edukasi interaktif mengenai lebah, mulai dari mengenali jenis-jenis, manfaat, pola hidup dan berbagai informasi menarik lainnya.

Bahkan, nantinya pengunjung bisa menjajal langsung cara menggunakan alat ekstraksi madu dari sarang lebah. Menarik sekali, bukan?

9. Learning Farm

Ajak anak-anak menjadi petani untuk sehari di wisata Learning Farm Ocean Ecopark Ancol. Tutor akan mengajarkan tata cara menjadi petani sesungguhnya, mulai dari membajak sawah, menanam bibit, hingga memanen hasil tanam di tempat yang tampak seperti sawah asli.

Sarana edukasi sambil bermain ini akan memperluas imajinasi dan daya kreativitas anak di bidang pertanian.

10. Sahabat Satwa

Wisata anak di Jakarta menyuguhkan taman hijau dengan berbagai wahana yang bisa dieksplorasi. Bertempat di Ocean Ecopark Ancol, Sahabat Satwa cocok dijadikan wisata untuk jalan santai di sore hari.

11. Balloon Race

Beberapa tahun yang lalu, wahana ini bernama Ubur-ubur. Namun, telah berganti menjadi Balloon Race. Pengunjung bisa menemui wahana berbentuk balon besar ini di area Ocean Dream Samudra. Nantinya, wahana akan membawa pengunjung berputar-putar searah jarum jam. 

12. Scorpion Pirates

Bagi anak yang menyukai wahan bertema bajak laut, wajib dibawa ke wahana satu ini. Cukup datangi area Ocean Dream Ancol untuk menonton pertunjukkan penuh aksi antara bajak laut dan water stuntman.

Aksi yang dikemas dengan berbagai special effect ini selalu berhasil memikat perhatian penonton.

13. Taman Surga Burung

Wahana wisata anak di Jakarta ini merupakan surga bagi para pecinta burung. Taman Surga Burung menyimpan berbagai spesies burung eksotis. Pengunjung juga bisa berinteraksi dengan kakatua yang jinak dan menggemaskan.

14. Ice Age Arctic Adventure

Ingin mengenali anak tentang peradaban di kawasan Kutub Utara? Jadikan wahana ini ke daftar kunjungan akhir pekan. Sesuai dengan namanya, wahana ini mengambil konsep es yang menceritakan tentang proses pencairan es dan berbagai hewan purba yang hidup di masa tersebut.

Tidak hanya itu, wahana ini dikemas dengan sejumlah kejutan yang membuat pengunjung seperti sedang di Antartika. Ada hewan-hewan yang bisa bergerak sampai angin dingin menggigit. Jadi, pastikan kenakan pakaian panjang sebelum menaiki wahana ini.

15. Bianglala

Meski bianglala bukan wahana yang unik dan langka, wisata anak berbentuk kincir raksasa ini tak pernah surut pengunjung. Sebab, pengalaman naik bianglala Dufan tidaklah sama dengan naik bianglala di tempat lain.

Dari ketinggian 30 meter di atas permukaan laut, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan eksotis nan indah kawasan pantai Ancol. Tak lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen saat berada di titik puncak.

Bianglala Dufan mampu menampung kurang lebih 180 orang dalam sekali putaran.

16. Poci Poci

Poci Poci merupakan wisata anak di Jakarta Dufan yang sangat menggemaskan. Wahana ini berbentuk cawan warna-warni raksasa yang bisa berputar-putar mengelilingi teko atau poci raksasa di bagian tengahnya.

Pengunjung diminta untuk duduk selama permainan berlangsung. Ini merupakan salah satu wahana child-friendly yang tetap asyik dinikmati, apalagi jika naik bersama si buah hati tersayang.Masih banyak wisata anak di Jakarta yang tak bisa disebutkan satu per satu di sini. Anda bisa menjumpai berbagai wahana anak lainnya yang dijamin akan mengisi waktu akhir pekan. Dapatkan tiket masuk ke Ancol melalui www.ancol.com/tiket untuk mendapatkan penawaran spesial.