7 Tempat Wisata Alam Jakarta Terbaik Indah dan Mempesona, Cocok untuk Healing!

Sebagai belantara beton yang penuh sesak dengan kemacetan, sulit rasanya mencari udara segar. Nyatanya, masih ada wisata alam Jakarta yang menjanjikan pelarian sejenak dari hiruk pikuk kota. Di sini, siapa pun dapat menghirup udara segar yang bebas dari polusi udara.

Tenang, semua wisata ini bisa diakses tanpa keluar kota. Mau tahu apa saja tempat wisata bernuansa alam di tengah-tengah kepadatan kota Jakarta? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Jakarta

Bisa dibilang mencari wisata alam Jakarta seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Ya, gampang-gampang susah. Rekomendasi ini akan mengakhiri perburuan bagi yang mencari tempat wisata tanpa dikelilingi bangunan pencakar langit:

1. Pantai Indah Ancol

Bisa dibilang, Pantai Indah Ancol merupakan pantai terdekat di Jakarta. Ini merupakan opsi yang tepat apabila ingin mengunjungi wisata pantai tanpa menyeberang ke pulau. Kawasan wisata ini tidak hanya menjual keindahan hamparan pasir putih dan lautan luas dengan ombak kecil saja.

Di sini bisa ditemukan berbagai wahana hiburan yang sangat asyik, salah satunya Dufan atau Dunia Fantasi. Bagian pesisir pantai yang cukup luas ini bisa dijadikan spot piknik yang bagus. Jadi, jangan lupa bawa tikar dan bekal secukupnya.

Tak perlu memikirkan soal perut, di sepanjang pesisir pantai bisa ditemukan berbagai restoran murah nan enak yang bisa dikunjungi. Satu hal yang perlu diingat pastikan selalu menjaga kebersihan dan tidak mengkontaminasi laut.

2. Seaworld Ancol

Disebut-sebut sebagai akuarium ikan air asin terbesar di Asia Tenggara, Seaworld Ancol menampung lebih dari ribuan satwa laut. Ada ikan hiu sepanjang tiga meter, ubur-ubur langka dan berbagai biota laut lainnya.

Sebagai salah satu wisata alam Jakarta, tempat rekreasi ini membawa pengunjung mengeksplorasi dunia bawah laut lebih dalam. Terowongan Antasena merupakan wahana yang paling diburu pengunjung.

Di terowongan kaca ini, pengunjung dapat melihat kehidupan banyak biota laut tepat di atas kepala. Kalau sedang beruntung, pengunjung bisa menyaksikan atraksi petugas yang menyelam untuk memberi makan satwa.

Bahkan, pengunjung bisa menjajal menyelam langsung bersama ikan-ikan yang indah tersebut sambil ditemani oleh profesional. Aktivitas ini wajib dicoba sekali dalam seumur hidup bagi para pecinta diving.

3. Pantai Carnaval

Selain dikenal akan pusat hiburan dengan wahana yang cukup lengkap, Ancol dikenal sebagai kawasan dengan berbagai pantai. Selain Pantai Indah Ancol, ada namanya Pantai Carnaval dengan akomodasi yang sangat memadai.

Pantai ini identik kerap dijadikan sebagai tempat digelarnya konser musik, karena memang ada panggung yang cukup besar di sini. Terhitung dapat menampung kurang lebih enam ribu pengunjung.

Selain itu, Pantai Carnaval juga menjadi tempat diadakannya berbagai acara yang meriah, seperti acara pergantian tahun dan festival layang-layang internasional Jakarta. Bagi yang ingin ikut bergabung dengan keseruan festival seru ini, bisa ikut berpartisipasi sebagai penonton.

Acara yang merupakan bagian dari perayaan ulang tahun Jakarta ini sering diikuti oleh peserta dari luar negeri, kebanyakan berasal dari Malaysia, Singapura, Korea, Australia, Brazil, Belanda, Jerman, Perancis, hingga Jepang.

4. Allianz Ecopark & Faunaland

Allianz Ecopark & Faunaland merupakan wisata alam Jakarta yang memfasilitasi pelarian orang yang ingin mendekatkan diri dengan alam. Di area hijau yang sangat luas ini tersedia beragam aktivitas interaktif dan menarik.

Di pagi dan sore hari, trek jogging sepanjang 2 km ramai oleh pengunjung yang suka berjalan santai. Ada pula fasilitas sewa sepeda bagi yang ingin menikmati pemandangan pepohonan. Walaupun lokasinya masih di Jakarta, udara disini sangatlah segar.

Orang tua pun bisa membawa buah hati tercinta ke taman yang dahulunya bekas lapangan golf elite ini. Terdapat wahana Faunaland yang berisikan macam-macam fauna dari dalam maupun luar negeri.

Beberapa koleksi satwanya yaitu tarsius, singa, macan dahan, kangguru pohon, dan lainnya. Ecopark ini juga menawarkan sejumlah program edukasi sambil bermain yang pastinya membuat hati anak tertawa riang.

5. Pantai Marina Lagoon

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Ancol tidak ada habis-habisnya menyajikan wisata pantai yang indah. Marina Lagoon atau Marina Bay ini tidak kalah cantik dengan pantai-pantai tetangganya.

Bagi yang sering melakukan island hopping ke Kepulauan Seribu pasti tahu kalau di tempat ini banyak dermaga yang instagramable sekali. Tempat ini identik sebagai dermaga bagi kapal yang menuju ke pulau-pulau yang hanya bisa diakses dari pantai ini.

Pengunjung juga bisa menggelar tikar di bawah pohon kelapa yang rindang untuk bersantai di sore hari, lebih nikmat sambil minum air kelapa muda. Tiupan angin laut yang sejuk serta suara deburan ombak di kejauhan mampu membuat siapa saja lupa akan beban dan tanggung jawab pekerjaan.

Direkomendasikan datang menjelang sore hari biar tidak panas. Sebagai bonus, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang romantis. Jadi, jangan lupa bawa orang tersayang untuk menemani quality time di pantai yang indah ini.

6. Atlantis Water Adventure

Wisata alam Jakarta berikutnya bertempat di kompleks Taman Impian Jaya Ancol. Daya tarik utama dari tempat wisata ini yakni wahana-wahana menantang yang jarang ditemukan di taman air lain.

Sesuai namanya, Atlantis Water Adventure didesain dengan konsep kota yang hilang tersebut. Total ada sembilan kolam dengan karakteristik yang berbeda-beda. Menariknya lagi, kolam-kolam tersebut dinamai dengan nama-nama mitologis Yunani, seperti Poseidon, Aquarius, dan lain-lain.

Pengunjung diajak bertualang sampai puas. Ada kolam arus yang nyaman untuk bersantai, ada pula kolam apung bersodium tinggi yang mirip dengan Laut Mati, perosotan panjang yang memacu adrenalin, wahana outbound air dengan berbagai permainan menantang, dan masih banyak lagi.

Satu hari saja dirasa tidak cukup untuk menikmati semua fasilitas yang ada di taman air terlengkap ini.

7. Pantai Ria

Berbicara soal wisata alam Jakarta, rasanya kurang afdol tanpa menyertakan Pantai Ria. Pantai yang berada dekat gerbang timur Ancol ini menyuguhkan pemandangan bahari yang memanjakan mata.

Hamparan pasir putih yang lembut di kaki, udara yang segar, serta pepohonan kelapa yang seolah-olah menari terbawa angin ini membuat Pantai Ria bisa dijadikan tujuan akhir pekan bersama teman maupun keluarga yang murah dan dekat di Jakarta.

Tak perlu khawatir ketika anak-anak rewel. Di sini disediakan arena bermain yang mengusung konsep kapal terdampar yang dilengkapi dengan aneka perosotan dan berbagai macam permainan anak yang mampu melatih daya fisik mereka.

Area ini juga bisa dijadikan sebagai trek lari pagi, jalan santai, hingga bersepeda yang sangat nyaman. Sebagai informasi tambahan, jangan mencoba berenang di kawasan ini. Pasalnya, medannya tergolong tidak aman.Sudah terbayang betapa serunya menghabiskan liburan akhir pekan di wisata alam Jakarta di atas, bukan? Asyiknya lagi, Anda bisa langsung berjalan kaki ke pusat hiburan di sekitarnya. Yuk, habiskan waktu libur di Taman Impian Jaya Ancol dan jangan lupa membeli tiketnya di www.ancol.com/tiket.