5+ Wisata Alam di Indonesia yang Cocok untuk Bersantai dan Liburan

Indonesia dianugerahi alam mempesona yang dapat dikunjungi untuk bersantai maupun liburan. Objek wisata alam di Indonesia memang cocok dikunjungi untuk membuat pikiran terasa lebih fresh kembali setelah disibukkan dengan rutinitas harian yang berulang.

Pemandangan alam mempesona ditambah pepohonan yang rindang menjadi ciri khas objek wisata alam. Selain itu, berbagai fasilitas yang lengkap juga akan membuat para pengunjung terasa lebih nyaman berlibur ke destinasi wisata alam.

Apa Saja Wisata Alam Di Indonesia?

Destinasi wisata alam tidak selalu berada di lokasi yang sulit dijangkau atau jauh dari kota. Meskipun demikian, suasananya tetap nyaman dan terhindar dari hiruk pikuk keramaian. Berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata alam cantik yang cocok dikunjungi kapan saja, yaitu:

1. Ecopark Ancol

Ecopark Ancol merupakan salah satu destinasi wisata alam berupa taman yang luas di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Suasananya yang nyaman, udara sejuk, dan rindangnya pepohonan membuat destinasi wisata yang satu ini cocok digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Di pagi hari pengunjung bisa menikmati trek jogging sepanjang 2 km untuk berolahraga jogging atau sekedar jalan santai. Olahraga sambil menikmati suasana sekitar yang meneduhkan pasti akan membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih fresh.

Jika ingin bersepeda, maka coba saja berkeliling Ecopark Ancol. Pengunjung bisa meminjam maupun membawa sepeda sendiri. Penyewaan sepeda di Ecopark Ancol meminjamkan sepeda tunggal maupun sepeda yang bisa dinaiki dua orang bersamaan. Harga sewanya Rp35.000 hingga Rp65.000 per jam.

Wahana lainnya yang bisa dinikmati di tempat wisata ini adalah Archery Land. Pengunjung bisa belajar cara memanah dengan benar agar bisa membidik sasaran. Jika ingin belajar lebih dalam, maka pengunjung bisa mengambil Archery Class.

Paintball juga menjadi salah satu olahraga menyenangkan untuk dicoba di Ecopark. Lahan seluas 1,5 hektare membuat permainan terasa lebih menyenangkan. Area paintball ini dibagi menjadi tiga zona, yaitu Battle Savana, Battle Field, dan Battle Village.

2. Pantai Karnaval Ancol

Pilihan destinasi wisata alam di Indonesia lainnya adalah Pantai Karnaval yang masih berada di kawasan Ancol. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati keindahan tepi pantai. Selain itu, keindahan pantai ini juga bisa dinikmati dengan menyewa perahu atau mencoba wahana gondola.

Pantai indah ini diberi nama “Karnaval” karena memang sering digunakan untuk mengadakan berbagai hiburan dan event besar. Selain dalam skala nasional, Pantai Karnaval juga sering mengadakan event dalam skala internasional.

Berbagai event yang sering diadakan di Pantai Karnaval, yaitu festival layang-layang internasional Jakarta, acara pergantian tahun baru, festival musik, dan lain sebagainya. Pesertanya bahkan bisa berasal dari berbagai negara, seperti Singapura, Malaysia, Singapura, Brazil, Jepang, dan lainnya.

Daya tarik Pantai Karnaval pastinya membuat destinasi wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama pada weekend maupun musim liburan panjang.

3. Pantai Indah Ancol

Pantai Indah Ancol juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata menyenangkan. Nama wisata alam di Indonesia yang satu ini sudah sangat populer, sehingga tidak heran jika banyak pengunjung dari berbagai daerah datang untuk menikmati suasananya.

Pantai Indah Ancol memiliki hamparan pasir putih dengan ombak yang kecil, sehingga cocok dijadikan tempat bermain pasir. Orang tua juga tidak perlu terlalu khawatir bermain pasir bersama anak-anak di wisata alam pantai ini.

Selain bermain pasir dan ombak, pengunjung juga bisa sekedar bersantai di pinggir pantai. Piknik di Pantai Indah Ancol pasti menyenangkan! Pengunjung hanya perlu membawa tikar dan bekal makanan serta minuman sambil dinikmati di pinggir pantai.

Jika tidak ingin repot membawa bekal makanan sendiri, pengunjung juga bisa menikmati makanan dan minuman yang dijual di restoran. Pantai Indah Ancol memiliki berbagai jenis restoran dan café di sepanjang kawasan pinggir pantai.

Wisata kuliner di kawasan Pantai Indah Ancol memang tidak boleh dilewatkan begitu saja! Ketika sudah puas bermain di pantai, pengunjung juga bisa bermain di wahana Dufan (Dunia Fantasi). Lokasi wahana permainan menyenangkan ini memang dekat dengan pantai.

4. Pantai Lagoon Ancol

Wisata alam berupa pantai lainnya yang masih berada di kawasan Ancol adalah Pantai Lagoon. Tempat wisata di Indonesia yang satu ini juga menawarkan keindahan hamparan pasir dengan ombak tenang kepada para pengunjung. 

Pepohonan yang ada di tepi pantai juga membuat wisata alam ini terasa meneduhkan. Pantai Lagoon Ancol juga cocok dijadikan sebagai tempat piknik keluarga, pasangan, maupun sahabat terdekat. Menikmati berbagai camilan dan air kelapa muda pasti menyegarkan!

Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam dengan semburat langit jingga dari tepi pantai. Sangat cantik untuk digunakan sebagai latar belakang hunting foto, bukan? 

Pantai Lagoon Ancol juga dikenal karena memiliki dermaga tempat berlabuhnya perahu-perahu. Lokasi ini juga cocok dijadikan sebagai tempat hunting foto aesthetic dengan latar belakang deretan perahu yang berlabuh.

5. Pulau Bidadari Ancol

Wisata alam di Indonesia juga banyak yang berupa pulau-pulau dengan pemandangan cantik. Salah satu wisata alam berupa pulau yang sayang untuk dilewati adalah Pulau Bidadari. Lokasinya cukup dekat dengan Pantai Marina Ancol. Pengunjung hanya perlu menaiki boat selama 20 menit dari Pantai Marina.

Pulau Bidadari bisa menjadi destinasi wisata untuk menenangkan diri dari keramaian Kota Jakarta. Suasana pulau ini memang cocok untuk liburan sambil bersantai. Pemandangan yang indah juga membuat pikiran lebih fresh ketika berkunjung ke Pulau Bidadari.

Selain menikmati keindahan Pulau Bidadari, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Misalnya, bermain di pantai, snorkeling, berkeliling menggunakan sepeda, bahkan mencoba beragam jenis kuliner yang lezat.

Tertarik mengunjungi Pulau Bidadari? Jika menginginkannya, maka Anda hanya perlu memesan paket liburan yang disediakan jasa tour dan travel. Pilihan paket liburan yang tersedia mulai dari satu hari tanpa menginap hingga paket wisata beberapa hari di Pulau Bidadari.  

6. Pulau Pramuka

Contoh wisata alam berupa pulau selain Pulau Bidadari adalah Pulau Pramuka. Lokasi pulau ini dapat dijangkau dengan menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam menaiki speed boat dari Pantai Marina Ancol. Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di Pulau Pramuka.

Pastinya Anda harus mencoba snorkeling atau diving ketika berkunjung di Pulau Pramuka. Kenapa? Tentu saja karena Pulau Pramuka sangat dikenal memiliki keindahan bawah laut yang memukau. Menyewa perlengkapan snorkeling dan tour guide bisa membantu pengunjung menikmatinya.

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan di Pulau Pramuka, yaitu menjelajahi kawasan hutan mangrove, berkeliling pulau dengan sepeda, bersantai di pantai, hunting foto, mengunjungi penangkaran penyu, mencoba berbagai hidangan lezat, dan lain sebagainya.

Wisata alam di Indonesia yang mudah diakses berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Jadi, langsung saja beli tiket Ancol untuk masuk dan menikmati beragam pilihan destinasi wisata alam! Ancol juga menyediakan fasilitas lengkap, sehingga para pengunjung bisa berlibur dengan nyaman!