Tempat Wisata Pulau di Jakarta dengan Pesona Alam Menakjubkan

Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta sering menjadi tujuan bagi mereka yang ingin mengadu nasib atau mencari pekerjaan yang lebih banyak. Ternyata bukan hanya dikenal sebagai kota metropolitan, Anda juga bisa menemukan tempat wisata pulau di Jakarta yang menakjubkan.

Siapa sangka jika kota besar ini menyimpan beberapa tempat wisata dengan pesona alam yang tidak kalah cantiknya dengan tempat wisata di kota lainnya. Bahkan, Anda bisa menemukan pulau yang masih perawan dan terjaga alamnya sebagai tempat wisata. 

Tempat Wisata Pulau di Jakarta dengan Pesona Alam Menakjubkan

1. Pulau Bidadari

Tempat wisata pulau di Jakarta yang bisa dijadikan pilihan adalah Pulau Bidadari karena berada dekat dari Jakarta. Hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dengan kapal untuk mencapai salah satu kepulauan seribu ini dari Pantai Marina Ancol.

Pulau Bidadari termasuk destinasi yang sudah populer, bahkan banyak jasa tour and travel yang menyediakan paket perjalanan liburan, mulai dari liburan satu hari hingga paket menginap. Dijamin, Anda akan betah berlama-lama menikmati pesona alam yang masih asri.

Pulau Bidadari cocok bagi Anda yang ingin honeymoon, liburan bersama keluarga atau bersama teman-teman karena ada berbagai tipe penginapan yang disediakan. Setiap cottage di sini memiliki suasana yang unik dan indah karena berada di pesisir pantai pulau. 

Pemandangan laut akan terlihat jelas dari setiap jendela kamar cottage sehingga liburan akan terasa lebih berkesan. Jika Anda ingin berkunjung ke Pulau Bidadari, pastikan untuk mempersiapkan dana, bukan hanya untuk cottage tapi ongkos pulang pergi dengan kapal.

Pulau ini bahkan bisa disewa untuk acara tertentu yang memang membutuhkan privasi lebih, bahkan tersedia pula arena panggung yang bisa Anda manfaatkan untuk mengadakan pesta, festival, gala dinner atau acara lain yang seru bersama tamu undangan. 

Keindahan pulau Bidadari akan membuat Anda terpesona dan ingin selalu menyusuri setiap sudut pulau. Setelah beraktivitas seharian dan merasa lapar, Anda tidak perlu khawatir karena ada restoran yang menawarkan kuliner lezat dengan view langsung ke pantai indah ini. 

Suasana akan semakin romantis ketika malam hari jadi cocok untuk pasangan suami istri yang ingin menghabiskan waktu berduaan di tempat wisata pulau di Jakarta ini.

2. Pulau Pramuka

Pulau di dekat Ancol lainnya yang bisa Anda kunjungi saat musim liburan adalah Pulau Pramuka. Keindahan surga wisata air dari pulau ini akan membuat Anda betah dan tidak ingin meninggalkan Pulau Pramuka jika sudah melihat pesona alamnya secara langsung.

Banyak pasangan muda, rombongan keluarga dan teman yang liburan ke pulau cantik ini. Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke lokasi menggunakan speed boat dari dermaga Pantai Marina Ancol jadi tidak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke lokasi.

Salah satu daya tarik dari Pulau Pramuka adalah air lautnya yang sangat bening hingga membuat biota laut di bawahnya terlihat jelas. Siapa yang tidak ingin segera menceburkan diri ke air laut yang begitu jernih dan bersih itu? Pasti terasa sangat menyegarkan.

Keindahan bahari inilah yang membuat Pulau Pramuka tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat musim libur. Bukan hanya wisatawan lokal, tapi banyak juga wisatawan asing yang penasaran dan ingin membuktikan sendiri pesona kepulauan seribu dari Pulau Pramuka ini. 

Dulunya, tempat wisata pulau di Jakarta ini disebut sebagai pulau elang karena memang menjadi habitat elang bondol dan sekarang Pulau Pramuka menjadi salah satu ikon Kota Jakarta. Itulah mengapa Anda tidak boleh melewatkan objek wisata ini ketika ada di Jakarta.

Selain snorkeling dan diving karena airnya yang jernih, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lain di Pulau Pramuka. Misalnya, melihat konservasi mangrove, penangkaran penyu atau sekadar ingin bersantai di sekitar pantai sambil menikmati suasana alam yang mempesona.

3. Pulau Semak Daun

Jika Anda belum menemukan pulau yang ingin dikunjungi, tempat wisata pulau di Jakarta lainnya adalah Pulau Semak Daun. Salah satu kepulauan seribu ini memiliki pasir putih yang ditumbuhi oleh semak daun sehingga namanya pun Pulau Semak Daun. 

Tempat wisata terdekat dari Jakarta ini menjadi lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda atau camping karena area bibir pantai yang cukup luas dan bersih. Meski begitu, tersedia pula penginapan murah yang bisa Anda temukan, mulai dari Rp 25.000 per malam untuk 1 orang.

Anda tidak perlu khawatir ketika menginap atau mendirikan tenda di sini karena fasilitasnya sudah terbilang lengkap, seperti pedagang minuman, warung makan, toilet dan fasilitas lainnya. Jadi Anda bisa berlibur dengan tenang dan nyaman di Pulau Semak Daun.

Selain mendirikan tenda, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru agar liburan makin berkesan. Misalnya, membuat api unggun di malam hari, berenang, diving, snorkeling, jogging mengitari pulau atau menyusuri setiap sudut yang tidak kalah cantiknya. 

Jangan lupa untuk mencicipi kesegaran air kelapa muda yang dijajakan oleh warga sekitar untuk para wisatawan. Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan tempat wisata pulau di Jakarta terbaik dan kesegaran dari air kelapa. 

4. Pulau Ayer

Pulau terakhir yang bisa dijadikan tujuan untuk menghabiskan waktu libur bersama orang terkasih adalah Pulau Ayer. Salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini berlokasi tidak jauh dari Pantai Marina Ancol, bahkan hanya membutuhkan waktu 25 menit untuk sampai ke lokasi.

Pulau dengan julukan Mutiara Kepulauan ini memiliki luas sekitar 10 hektar dengan pesona alam yang masih asri. Bukan hanya dikunjungi oleh masyarakat umumnya, destinasi wisata ini ternyata sudah dikunjungi oleh banyak tokoh penting, termasuk Ir. Soekarno dahulu.

Tempat wisata pulau di Jakarta yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Pulau Ayer adalah cottage terapung dengan ciri khas Papua. Penginapan ini memiliki bentuk yang sangat unik, yakni serupa dengan rumah-rumah yang ada di suku Asmat Papua.

Cottage berbahan dasar kayu ini merupakan bangunan lama, tapi masih terjaga dengan baik sampai sekarang. Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang indah dengan semilir angin yang menyegarkan, bahkan tersedia pula spot untuk memancing di teras cottage tersebut.

Bukan hanya cottage, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain di sekitar pantai, seperti mencoba banana boat dan jetski yang menantang. Laut di sekitar pulau Anyer juga cocok untuk diving maupun snorkeling untuk melihat biota bawah laut yang beraneka ragam.

Resort di pulau Ayer ini juga akan memanjakan Anda dengan berbagai fasilitas yang disediakan, seperti lapangan sepak bola, lapangan voli, playground untuk anak-anak hingga fasilitas outbond jadi liburan Anda akan terasa makin berkesan dan tidak terlupakan.

Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk berkunjung ke Ancol, jangan lupa untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Setelah memasuki kawasan Ancol, Anda bisa dengan mudah mencapai tempat wisata pulau di Jakarta yang ingin dikunjungi.