2 Tempat Piknik di Jakarta Terbaik yang Bikin Liburan Seru

Siapa yang tidak senang saat musim libur datang? Banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi untuk membuat pengalaman seru bersama orang tersayang. Tempat piknik di Jakarta bahkan tidak pernah sepi pengunjung, khususnya saat musim libur. 

Sekarang, makin banyak tempat wisata yang menyuguhkan daya tariknya untuk memikat para pengunjung. Meski begitu, tempat piknik bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati waktu lebih lama bersama keluarga, teman atau pasangan agar lebih berkesan.

2 Tempat Piknik di Jakarta yang Bikin Liburan Seru

1. Allianz Ecopark di Ancol

  • Lokasi Wisata

Tempat piknik di Jakarta ini berlokasi di kawasan Ancol atau lebih tepatnya di Jalan Lodan Timur Nomor 7, RW 10, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta jadi Anda bisa mengunjungi destinasi wisata lain yang berada di kawasan tersebut.

  • Jam Operasional

Sebelum berkunjung ke tempat wisata ini, pastikan jika Anda tahu jam operasionalnya agar bisa memilih jam datang yang tepat. Allianz Ecopark buka setiap hari, mulai hari Senin sampai Minggu, pukul 06.00 sampai 17.00 WIB.

Untuk mendapatkan udara yang segar dan sepi, Anda bisa berkunjung pada pagi hari sebelum banyak pengunjung datang. Dengan begitu, Anda bisa menikmati waktu piknik dengan lebih leluasa dan tentunya menyenangkan.

  • Daya Tarik Allianz Ecopark

Tempat piknik di Jakarta ini memiliki berbagai daya tarik yang bisa Anda lihat dari beberapa zona yang ada. Salah satunya adalah zona Eco-Care yang menyuguhkan beragam permainan edukasi yang cocok untuk keluarga dan akan memberikan pengalaman seru.

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Eco-Art yang menampilkan beragam pertunjukan seni dan pameran yang sangat menarik. Atraksi seni juga bisa Anda nikmati dari zona ini sehingga liburan bisa sekaligus memberikan edukasi bermanfaat untuk anak.

Zona berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Eco-Nature yang berisi berbagai jenis flora dan fauna unik. Di sini, Anda bisa berbaur dengan alam yang masih asri sekaligus menyegarkan. 

Terakhir, Anda bisa mengunjungi zona Eco-Energy yang siap memberikan informasi bermanfaat tentang penggunaan energi secara tepat sekaligus pengenalan berbagai sumber energi terbaru. 

Lokasi wisata ini tidak hanya menawarkan tempat piknik yang menyegarkan, tapi juga menyuguhkan beragam wahana menarik untuk menambah ilmu pengetahuan. Itulah mengapa tempat piknik di Jakarta ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat liburan.

  • Fasilitas di Allianz Ecopark

Allianz Ecopark sudah menjadi destinasi banyak pengunjung ketika musim libur jadi tidak heran jika fasilitas yang disediakan sudah lengkap dan terjaga dengan baik. Ternyata bukan hanya taman yang hijau, tapi Anda bisa menjumpai berbagai wahana permainan seru.

Salah satu wahana permainan yang wajib Anda coba adalah Learning Farm yang mengajarkan pengunjung tentang bagaimana cara menanam sayuran organik. Selain itu, Wahana Ecobike juga bisa menjadi pilihan di mana Anda bisa melintasi lintasan seru.

Sambil piknik dan menikmati liburan bersama keluarga, Anda bisa memberi makan ikan atau kelinci yang memang disediakan sebagai fasilitasnya. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mengunjungi rumah lebah, mencicipi madu, memanen telur bebek dan mengolah telur asin.

Kelengkapan fasilitas tempat piknik di Jakarta juga bisa Anda temukan di sini, seperti mushola, toilet, area parkir dan lain sebagainya. 

  • Harga Tiket Masuk

Jika tidak melalui gerbang utama, Anda tidak perlu membayar karena gratis. Berbeda jika Anda berkunjung ke kawasan Ancol melalui gerbang utama maka akan dikenai tiket masuk dengan biaya sebesar Rp 25.000 per orang. 

Harga tiket ini berlaku untuk memasuki kawasan Ancol dan nantinya Anda akan dikenakan harga tiket yang berbeda untuk setiap wahana yang ingin dicoba. 

2. Pantai Pasir Putih di Ancol

  • Lokasi Wisata

Destinasi lain yang bisa Anda kunjungi ketika ingin mengadakan piknik bersama keluarga atau teman adalah pantai pasir putih di Ancol. Kawasan Ancol memang tidak pernah mengecewakan dalam menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan asri.

Anda bisa berkunjung ke Pantai Pasir Putih di Ancol yang beralamatkan di Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara atau berada di kawasan Ancol.

  • Jam Operasional

Tempat piknik di Jakarta ini bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda dengan jam operasional saat ini 06.00 - 20.00 dan bisa berubah sewaktu-waktu. 

  • Daya Tarik Pantai Pasir Putih

Pantai dengan panjang mencapai 6,5km ini menjadi destinasi yang tepat untuk mengadakan piknik bersama keluarga atau teman. Apalagi ada beberapa pilihan pantai dengan daya tariknya masing-masing jadi siap membuat Anda bingung memilih kawasan piknik terbaik.

Di sini, Anda akan menemukan berbagai pantai menarik, mulai dari Pantai Karnaval Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Indah Ancol, Pantai Ria Ancol, Laguna Ancol, Pantai Bende hingga Pantai Marina Ancol. 

Setiap pantai memiliki pasir putih dan bersih jadi akan membuat siapa saja betah saat bersantai di kawasan pantai. Pantai Indah Ancol menjadi tempat piknik di Jakarta terbaik yang bisa Anda pilih karena pemandangan masih asri dan udaranya yang segar.

Selain itu, Anda juga bisa memilih pantai lain yang memang menyuguhkan pemandangan tak kalah menarik. Selama liburan, mungkin Anda akan bertemu dengan wisatawan lain yang juga mengadakan piknik atau mendirikan tenda.

  • Fasilitas Pantai Pasir Putih

Sebelum mengadakan piknik di Pantai Pasir Putih, pastikan Anda tahu fasilitas yang sudah tersedia agar nantinya tidak bingung ketika membutuhkan fasilitas yang diperlukan. Pantai ini bisa dibilang memiliki fasilitas lengkap karena sudah banyak pengunjung yang datang. 

Untuk membuat liburan piknik makin seru, Anda bisa mencoba berbagai wahana permainan yang tersedia. Selain itu, Anda bisa menikmati fasilitas lain yang disediakan, seperti mushola, toilet, toko souvenir, area parkir, food court, resort, hotel hingga homestay. 

Fasilitas lengkap ini membuat Anda tidak perlu khawatir ketika melakukan piknik di kawasan pantai. Misalnya, Anda lupa membawa bekal makanan maka Anda tinggal membeli makanan atau minuman di food court di tepi pantai. 

Hanya saja, Anda perlu membawa peralatan piknik sendiri dari rumah karena tidak ada tempat sewa peralatan piknik di kawasan pantai. 

  • Harga Tiket Masuk

Sebenarnya, Allianz Ecopark dan Pantai Pasir Putih ini berada di kawasan yang sama, yakni Ancol. Oleh karena itu, Anda akan dikenakan tiket masuk dengan harga Rp 25.000 ketika melewati gerbang utama dan gratis ketika tidak melewati gerbang utama. 

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat piknik di Jakarta atau Ancol ini, wajib membayar tiket yang bisa Anda beli di Ancol.com. Jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai keperluan atau perlengkapan yang dibutuhkan untuk piknik seru bersama keluarga atau teman.