6 Tempat Piknik di Indonesia Terbaik yang Bikin Liburan Seru

Saat musim liburan datang, tempat piknik di Indonesia tentu menjadi serbuan masyarakat yang ingin menghabiskan waktu untuk berlibur di luar rumah. Ada banyak rekomendasi tempat piknik di sekitar Jakarta Utara yang bisa menjadi pilihan.

Ancol adalah destinasi yang menyajikan banyak tempat piknik terbaik di Indonesia. Baik wisatawan yang pergi bersama pasangan, keluarga atau sahabat tercinta, menghabiskan waktu di tempat piknik sekitaran Ancol selalu menjadi opsi yang menyenangkan.

Tempat Piknik di Indonesia Sekitar Ancol, Jakarta Utara

Bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang membutuhkan referensi tempat piknik dengan pemandangan indah, di bawah ini adalah beberapa daftar tempat piknik yang bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi:

  1. Allianz Ecopark

Dahulu tempat ini merupakan Ancol Golf Course, saat ini sudah beralih fungsi menjadi Allianz Ecopark. Taman ini mengusung konsep ecopark bagi pengunjung yang senang berwisata ke alam terbuka. Suasana di sana sangat nyaman dan juga sejuk dengan banyak pepohonan hijau.

Suasana tersebut terasa cukup asing di tengah kota Jakarta yang panas dan terik. Berbagai kegiatan pun bisa dilakukan di samping piknik dan memakan bekal yang dibawa dari rumah. Pengunjung bisa melakukan aktivitas olahraga seperti bersepeda, jalan santai atau jogging.

Di sana juga ada sungai yang bisa disusuri menggunakan perahu, lho. Pengalaman tersebut tentu akan sangat berkesan terutama bagi keluarga yang datang bersama anak-anak. Agar lebih nyaman, datanglah di pagi hari sebelum Allianz Ecopark mulai dipadati pengunjung.

Tempat piknik terbaik di Indonesia ini buka mulai pukul 6 pagi. Untuk pengunjung yang ingin datang di sore hari, datanglah sebelum jam 5 sore karena tempat ini tutup di jam tersebut. Allianz Ecopark buka setiap hari dan menawarkan daya tarik yang membuat pengunjung betah di sana.

Di dalamnya terdapat beberapa zona yakni Eco-Art, Eco-Nature dan Eco-Energy. Masing-masing zona menyuguhkan wahana yang menarik dan ilmu yang tentunya akan menambah wawasan setiap pengunjung yang datang ke sana.

  1. Pantai Pasir Putih

Tempat piknik di Indonesia yang pastinya diminati dan selalu ramai di hari libur adalah pantai. Warga Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan Pantai Pasir Putih yang terletak di kawasan Ancol. Pemandangan alamnya yang asri dan menyejukkan mata tidak pernah failed!

Pantai ini memiliki jam operasional yakni mulai jam 6 pagi dan pantai akan ditutup pada jam 8 malam. Waktu tersebut bisa berubah sewaktu-waktu menyesuaikan dengan kondisi.

Pantai ini membentang sepanjang 6,5 km di mana di kawasan Pantai Pasir Putih ini akan ada banyak pantai yang bisa dikunjungi. Pantai-pantai tersebut antara lain Pantai Indah Ancol, Pantai Karnaval Ancol, Pantai Festival Ancol, Pantai Marina Ancol dan lainnya.

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung untuk menghabiskan waktu di Pantai Pasir Putih. Pengunjung bisa duduk-duduk di atas pasir putih menggunakan tikar yang disewakan di sana. Selain itu, tersedia banyak food court serta toko souvenir yang bisa disambangi.

Terdapat juga perahu yang siap mengajak pengunjung berkeliling singkat di sekitar pantai. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman menarik bagi anak-anak yang sebelumnya belum pernah naik perahu nelayan. Harga untuk naik perahu tersebut juga cukup terjangkau.

Jika pengunjung masuk melalui pintu gerbang utama, untuk masuk ke tempat piknik ini dikenakan biaya sebesar Rp25.000,-. Akan tetapi, jika bisa masuk tanpa melewati pintu gerbang utama, pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk.

  1. Ancol Beach City

Masih di sekitaran Ancol, di sana juga terdapat tempat piknik di Indonesia yang mengusung konsep hiburan di luar ruangan. Jika biasanya warga Jakarta menghabiskan liburan untuk pergi ke mall, cobalah sesekali datang ke Ancol Beach City untuk mendapatkan pengalaman baru.

Di dalam Ancol Beach City, pengunjung tak hanya bisa menghabiskan waktu untuk berpiknik ria tapi juga menikmati berbagai wahana yang seru bersama orang-orang terdekat. Untuk bisa menikmati semua wahana yang ada, pengunjung diwajibkan untuk berbelanja minimal Rp50.000,- saja.

Setelahnya, pengunjung bisa menaiki berbagai wahana seperti banana boat, airhead viper, donut boat, jetski, Ancol mall cruise dan panjat tebing. Ancol Beach City buka setiap hari. Di hari kerja, pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas karaoke gratis di pantai. Seru sekali ya?

Setiap hari Jum’at dan Sabtu, akan ada penampilan dari DJ-DJ yang menyemarakkan pesta malam pengunjung di Ancol Beach City. Pengunjung pun dapat menikmati sepanjang malam dengan hiburan yang asyik dan menyenangkan.

  1. Fauna Land

Tempat piknik yang tak boleh terlewatkan jika berkunjung ke Ancol adalah Fauna Land. Tempat ini tentunya sangat cocok untk mengajak anak berwisata sekaligus belajar mengenal dunia fauna. Luas wilayah dari Fauna Land adalah sekitar 5 hektar dan terbagi atas dataran juga perairan.

Konsep yang diusung dari tempat wisata ini adalah Papua. Di dalamnya terdapat flora, fauna dan kebudayaan yang terdapat di benua Asia juga Australia. Anak-anak pasti akan sangat menikmati waktunya di sana.

Orang tua pun tidak perlu repot membawa anak-anak rekreasi di tempat dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Selain hewan dan tumbuhan yang umum ditemui, di sana juga ada banyak lho flora dan fauna unik yang sudah langka.

  1. Pasar Seni

Salah satu tempat piknik di Indonesia yang berbeda dari biasanya dan bisa ditemukan di Ancol adalah Pasar Seni. Di pasar ini, selain menikmati waktu untuk bersantai dan duduk-duduk di area yang tersedia, pengunjung juga bisa menikmati berbagai karya seni hasil pengrajin dari seluruh Indonesia.

Pengunjung akan menemukan kerajinan tangan dan kesenian yang unik dan memukau di Pasar Seni Ancol. Selain itu, terdapat pula Akademi Seni di mana pelajar yang mengenyam pendidikan di sana akan mendapatkan pelajaran mengenai berbagai jenis seni mulai dari seni rupa hingga seni musik.

  1. Taman Pantai

Tempat piknik terakhir yang bisa direkomendasikan jika berkunjung ke wilayah Jakarta Utara adalah Taman Pantai. Tempat wisata ini memiliki panjang 500 meter dengan lebar 150 meter, sangat cocok bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing.

Taman Pantai banyak dimanfaatkan sebagai spot terbaik untuk memancing. Bagi yang membawa anak-anak tak perlu khawatir karena mereka bisa bermain bebas di sana. Tempat ini terlindungi oleh tanggul yang sering digunakan sebagai tempat berolahraga seperti jalan santai atau jogging.

Di sekitar Taman Pantai, terdapat pula beberapa restoran seafood yang menyediakan makanan laut segar yang bisa dipilih langsung oleh pembelinya. Setelah lelah memancing dan berolahraga, menyantap menu makanan di sana akan menjadi penutup yang sempurna. 

Jika wisatawan berniat untuk mengunjungi salah satu atau lebih rekomendasi tempat piknik di Indonesia di atas, referensi lebih lengkapnya bisa diakses melalui website Ancol.com beserta dengan pembelian tiketnya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen seru di tempat piknik terbaik di Indonesia.