9 Tempat Menyendiri di Jakarta Terbaik Ini Cocok Buat Me Time

Ada kalanya seseorang butuh tempat menyendiri di Jakarta. Terutama setelah menyelesaikan pekerjaan besar atau menghadapi suatu masalah yang butuh pemikiran jernih untuk menyelesaikannya. Wisata alam lebih dipilih karena mampu menenangkan hati sekaligus pikiran.

Wisata alam di Jakarta hadir untuk membantu mengobati jiwa yang diselimuti rasa stres. Beberapa dari lainnya juga bisa mengembalikan semangat beraktivitas. Setelah membaca artikel ini, siapa saja tidak lagi bingung harus ke mana saat diri butuh me time terbaik.

Tempat Menyendiri di Jakarta Terbaik

Mulai dari wisata hutan kota hingga pantai berpasir putih, semua pilihan tempat di Jakarta ini buka setiap hari dan dapat dijangkau dengan mudah menggunakan transportasi umum maupun pribadi, cek pembahasannya biar tahu:

1. Pantai Indah Ancol

Pemandangan laut dari pantai dekat dengan hotel Mercure ini sangat menarik. Memiliki pesisir yang luas membuatnya lebih dikenal dari beberapa pantai di Jakarta. Pantai Indah Ancol terkenal sebagai pusat jajanan kuliner murah dan lezat.

Perpaduan birunya teluk Jakarta pastinya membuat hati lebih tenteram. Ombak kecil yang bergulung-gulung menuju pantai hanya semakin menambah keindahan dari pantai ini. Terdapat pula jejeran kursi kayu untuk bersantai di bawah hangatnya sinar matahari.

Pada beberapa kondisi, pantai ini merupakan tempat digelarnya berbagai festival hingga acara musik besar. Pasalnya ada panggung musik yang bisa mewadahi kegiatan seru-seruan ini.

2. Allianz Ecopark

Daftar tempat menyendiri di Jakarta rasanya kurang afdal kalau tidak memasukkan Allianz Ecopark. Ini merupakan hutan kota yang menyuguhkan pemandangan hijau ciamik. Lokasinya pun strategis, ada tidak jauh dari pantai Ancol dan taman hiburan Dufan.

Wisata yang sebelumnya berupa lapangan golf ini ditumbuhi oleh berbagai flora cantik nan hijau. Pepohonan menjulang tinggi ke langit, menyediakan kanopi alami sehingga udara di sini sejuk setiap saat. Ciri wisata yang bagus untuk menenangkan diri dari cepatnya roda kehidupan, bukan?

Pengunjung bisa jalan santai atau bersepeda pada lintasan sepanjang 2 km, atau menghibur diri dengan menonton tingkah-tingkah satwa lucu di Faunaland, kebun binatang mini yang masih satu bagian dengan Allianz Ecopark.

3. Pantai Ria

Berhubung lokasinya tidak ideal untuk berenang, sebagai gantinya Pantai Ria dipenuhi oleh berbagai aktivitas menarik non-akuatik. Ada jembatan kayu yang aman dan cocok dijadikan spot foto instagenic. datang pada sore hari adalah waktu terbaik untuk mengabadikan potret tersebut.

Langit yang berwarna jingga dengan sentuhan magenta, serta tarian pohon kelapa di sepanjang garis pantai, siapa yang tak betah di salah satu pantai terindah ini?

Jika mau sedikit produktif, silakan bawa atau sewa sepeda untuk mengelilingi Pantai Ria sambil menikmati kesejukan angin laut.

4. Beach Pool (Lagoon)

Ketika berkunjung ke Taman Impian Jaya Ancol, wisata yang berada di samping kanan Pantai Ria ini wajib untuk dikunjungi. Topografi pantai cukup landai dan dapat dijumpai hamparan pasir putih yang membentang luas.

Butiran pasir lembut sehingga tidak tajam di kaki. Bawa tikar piknik, payung atau peralatan main pasir lainnya untuk mewarnai waktu Anda di tempat menyendiri di Jakarta ini. 

Ombak laut juga sangat pelan, tak heran kalau banyak pengunjung yang bermain air. Ada yang berenang sampai basah-basahan kaki. Pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai aktivitas menarik di Beach Pool.

5. Pantai Bende

Mengamati keindahan matahari terbenam juga bagus dilakukan dari pantai ini. Ketika cuaca cerah, siap-siap terkesima dengan langit oranye yang tak ada bandingannya. Bagian terbaik dari Pantai Bende adalah adanya jembatan kayu lebar yang dibangun di atas laut.

Jembatan tak biasa ini berbentuk melengkung dan akan mengantarkan pengunjung menuju pendopo. Meski luas pantai tidak terlalu besar, pantai ini adalah pilihan yang tepat untuk merasakan pengalaman jalan santai atau jogging dekat dari laut.

Ada juga jembatan gembok cinta yang bisa menjadi spot hunting foto menarik. Hirup segarnya angin laut dalam-dalam dan biarkan kesejukan Pantai Bende melepaskan segala penat yang hinggap di pikiran.

6. Ancol Beach City

Tempat menyendiri di Jakarta ini dirancang dengan baik dan memadukan wisata pantai, taman hiburan, area pejalan kaki menjadi satu tempat. Kehidupan ‘kota’ pinggir pantai ini semakin hidup ketika menjelang siang hari dan menyuguhkan nuansa romantis saat matahari tenggelam di horison.

Di kawasan wisata reklamasi ini adalah salah satu all-in-one-stop yang ada di Taman Impian Jaya Ancol. Jalan sedikit untuk menemukan pesisir Jakarta nan indah atau berkeliling sejenak sembari melihat pilihan wahana menarik yang beragam.

Ada Dufan, Sea World, Atlantis Water Adventure, dan masih banyak lagi yang kurang lengkap kalau belum disambangi. 

Pengunjung dijamin mendapatkan quality time terbaik selama main-main ke tempat yang telah didukung fasilitas memadai ini. Acara musik di panggung venue outdoor juga salah satu daya tarik yang patut dicoba.

7. Pantai Karnaval

Berkat keindahan pantai dan keberagaman aktivitas, Pantai Karnaval tentunya masuk ke daftar ini. Tujuan wisata luar biasa ini menyajikan hiburan di luar ruang yang terlalu asyik kalau sampai dilewatkan.

Jajaran pohon rindang di sekitar pantai membuat area sekitarnya rindang. Pantai ini juga menyuguhkan wisata kuliner dengan aneka restoran dan kafe yang menghadap ke pesona bahari. 

Suasananya sangat cocok untuk menenangkan diri. Sibukkan diri dengan lari pagi di sepanjang pasir putih atau berburu jajanan lezat pada restoran yang tersedia. Pada waktu tertentu, pengunjung juga bisa senam pagi bersama instruktur profesional.

8. Pantai Festival

Pantai festival sangat ramah pengunjung segala usia. Tujuan wisata ini termasuk salah satu wisata aktif yang ramai dikunjungi, terutama saat akhir pekan dan liburan nasional. Lokasinya berada dekat dari berbagai wisata menarik, termasuk di antaranya taman hiburan dan dermaga menuju laut.

Dibangun tepat di tepi laut, tempat menyendiri di Jakarta ini menyuguhkan pemandangan langsung ke luasnya teluk Jakarta. Jika mencari spot healing bagus, ada jembatan kecil yang menuju ke dermaga estetik. 

Cocok untuk jalan santai sambil mendengarkan musik favorit atau sekadar meresapi nuansa alam yang ditawarkan. 

Pengunjung akan langsung mengenali lokasi ini dari papan besar bertuliskan Pantai Festival. Datang pada pagi hari atau hari biasa apabila ingin menyendiri tanpa takut terganggu oleh ramainya pengunjung.

9. Pantai Marina

Di pantai ini, pengunjung bisa jalan-jalan menuju dermaga kayu sambil melihat barisan kapal putih bersih mengapung di atas air yang tenang. Bahkan terkadang ada kapal pesiar besar yang ikut bersandar. Karena pantai Marina juga berperan sebagai pelabuhan kecil.

Relaksasi sangat nyaman dilakukan di sini. Mata langsung segar melihat pemandangan kapal yang indah. 

Jika ingin merasakan keseruan tiada tara, tinggal sewa salah satu kapal yang akan membawa pengunjung ke Kepulauan Seribu. Pemandangan matahari terbenam dari atas dermaga ini pun tak kalah memukau.

Tidak sulit mencari tempat menyendiri di Jakarta, bukan? Apalagi, me time cukup baik untuk menyegarkan pikiran dan hati sehingga lebih bersemangat menyambut hari esok. Semua wisata tersebut gratis akses jika punya tiket masuk Ancol. Dapatkan tiketnya sekarang melalui Ancol.com.