Tempat Jogging di Jakarta Terbaik Ini Alamnya Bikin Betah

Kesehatan merupakan aspek yang paling mahal dalam hidup. Keseimbangan antara jiwa dan raga dapat dicapai melalui olahraga. Banyak masyarakat yang memilih jogging sebagai kegiatan menyehatkan, tetapi praktis. Mulai bermunculan tempat jogging di Jakarta yang dipenuhi aktivitas.

Melangkah menuju kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, bisa ditemui berbagai tempat olahraga sekaligus rekreasi. Keindahan pemandangan jauh dari kebisingan kota menambah kenyamanan.

Tempat Jogging di Jakarta Terbaik

Buat yang mencari suasana baru untuk jogging saat weekend, silakan cek rekomendasi tempat jogging di alam terbuka selain di stadion berikut:

1. Allianz Ecopark Ancol

Jam buka: 06.00 hingga 18.00 WIB

Kadang juga disebut sebagai Ecopark Ancol, lokasi wisata ini dulunya berupa taman padang golf dengan rerumputan hijau terawat. Panorama alam yang masih asri menjadikannya dipilih sebagai tempat jogging di Jakarta yang tak boleh dilewatkan, khususnya buat warga lokal. 

A. Pesona Allianz Ecopark Ancol

Mengusung konsep green lifestyle, segala aktivitas di sini mengambil nilai-nilai perlindungan terhadap lingkungan. Pengunjung dapat berjalan santai, jogging atau bersepeda di trek yang telah disediakan. Di mana sisi kanan dan kirinya ditumbuhi oleh pepohonan rindang.

Dengan pemandangan gedung di kejauhan, menunjukkan perpaduan yang serasi antara alam dan manusia. Selain melaksanakan berbagai macam kegiatan olahraga, pengunjung dapat berekreasi sambil mengeksplorasi tanaman-tanaman pesisir langka yang ada.

Wisata ini cocok jadi pelarian buat yang bosan di tempat jogging biasa. Lokasi yang teduh dan hijau dijamin bikin semangat naik.

B. Daya Tarik

Berupa ruang hijau terbuka yang luas, pengunjung bisa menghabiskan waktu bersenang-senang dengan pilihan aktivitas yang beragam. Berikut daya tarik dari taman yang berada di kawasan Ancol ini:

  • Trek Jogging

Ngomongin soal tempat jogging di Jakarta, kurang lengkap kalau tidak memasukkan Allianz Ecopark Ancol ke dalam daftar. Tersedia trek jogging dengan panjang yang cukup membuat berkeringat. 

Dengan pemandangan serba hijau di sekeliling, memberikan keteduhan selama berolahraga menjelang siang hari. Jogging jadi lebih nyaman tanpa mendengar kebisingan klakson kendaraan kota Jakarta. Udara yang sejuk membuat semakin betah berlama-lama. 

  • Empat Kawasan Unik

Taman hijau ini terbagi menjadi empat zona berbeda dengan keunikan masing-masing, di antaranya sebagai berikut:

  • Eco Nature

Pengunjung diajak menenangkan diri di ekosistem alam yang unik. Aneka jenis tumbuhan pesisir langka dapat ditemui di sini. Zona ini juga merupakan rumah bagi sejumlah fauna eksotis.

  • Eco Art

Puas jogging, pastikan mengunjungi zona yang terkenal akan pameran seni dan pertunjukkan budaya ini. Beragam atraksi bersifat edutainment ini cocok untuk menghibur hati.

  • Eco Care

Zona ini memiliki daya tarik berupa permainan edukatif yang bisa dicoba oleh pengunjung anak-anak. Pilihan wisata keluarga yang bagus untuk memperluas wawasan si Kecil lewat permainan penuh keseruan.

  • Eco Energy

Zona terakhir mengajak pengunjung untuk mempelajari tentang pemanfaatan energi yang ramah lingkungan serta pengenalan akan sumber energi terbarukan.

  • Belajar Merawat Hewan

Sebagai tempat jogging di Jakarta terbaik, taman ini menyediakan program edukasi untuk anak-anak pula. Buat yang mau berinteraksi langsung dengan hewan ternak, seperti kambing dan ayam, bisa mengunjungi taman ini.

  • Susur Danau

Semakin puas setelah berolahraga mampir ke danau buatan taman. Lakukan susur danau menggunakan kano atau perahu yang tersedia. Pengunjung akan merasa seperti sedang menelusuri sungai Amazon.

  • Program Edukasi

Selain belajar merawat hewan ternak, pengunjung juga bisa mencoba program edukasi lainnya yang tak kalah mengasyikkan. Ada Rumah Lebah buat yang mau ingin tahu cara pengolahan madu dari awal. Bisa juga memberi pakan ikan dan kelinci menggemaskan di taman ini. Anak-anak dijamin suka.

  • Beragam Wahana

Tak habis sampai di situ, Allianz Ecopark Ancol punya deretan wahana seru lainnya. Para pengunjung dewasa pun bisa merasakan keasyikan yang sama. Coba olahraga panah di Archery Battle. Keliling taman sambil menaiki ATV. Wisata Outbound untuk para pecinta adrenalin.

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan selain jogging. Ajak keluarga bermain Paintball, dengan catatan minimal berumur 14 tahun. Wahana bom-bom car untuk anak-anak dan flying fox juga wajib sekali dicoba. 

Pengunjung tidak akan bosan dengan wahana-wahana yang terus diperbarui ini. Tentunya tidak boleh dilewatkan saat mampir jogging ke Allianz Ecopark Ancol.

C. Fasilitas

Mengenai fasilitas, tempat jogging di Jakarta ini didukung oleh sarana dan prasarana memadai. Lokasi mudah diakses dengan transportasi umum. Untuk yang membawa kendaraan pribadi bisa diparkir pada lahan parkir yang luas.

Toilet bersih dan terawat, serta mushola juga sudah disediakan. Apabila tidak membawa bekal makanan bisa mengisi perut di wisata kuliner. Isi kembali energi yang habis terkuras setelah jogging dengan menyantap sajian masakan lezat. 

Baca Juga : Tempat Bersepeda di Jakarta Terbaik yang Sedang Hits

2. Symphony of the Sea

Jam buka: 06.00 hingga 21.00 WIB

Berburu suasana jogging anti mainstream? Tempat jogging di Jakarta satu ini selalu berhasil mengundang minat masyarakat untuk berolahraga pagi. Banyak keseruan yang bisa dicoba pada wisata dekat pantai ini. Untuk yang mau mencari suasana jogging dengan view laut, pilih tempat ini.

A. Pesona Symphony of the Sea

Dengan harga tiket murah, wisata ini kerap ramai oleh orang-orang jogging. Tempat yang bagus untuk menghabiskan berakhir pekan hemat. Lokasinya berada di Pantai Ancol dan sedang menjadi spot hits buat berolahraga di pagi hari.

Perpaduan pemandangan pasir putih, laut biru di kejauhan serta bebatuan alam menciptakan kenyamanan bagi para pengunjung. Tidak sabar menjajal sensasi jogging sambil ditiup angin laut? Ayo, ikat tali sepatu olahraga dan bawa kaki melangkah ke sini.

B. Daya Tarik

Mulai dari aktivitas olahraga, sampai spot gathering, wisata ini tergolong lengkap dari segi fasilitas. Inilah sejumlah daya tarik dari Symphony of the Sea:

  • Trek Jogging

Wisata yang belum lama diresmikan ini mempunyai spot untuk berolahraga dengan nyaman dan aman. Spot dihiasi dengan bebatuan. Trek jogging yang berada di pinggir pantai pasir putih menawarkan pengalaman jogging tidak biasa. 

Penataan trek rapi dengan fasilitas lengkap. Pengunjung bisa jogging di kawasan Stone Area, Water and Sand Area, dan Forest Area.

  • Live Music

Tempat jogging di Jakarta ini kerap dijadikan tempat diadakannya pagelaran live music. Dengan stage besar di pantai, seringkali Ancol mengundang artis-artis ternama pada acara tertentu. Turut menambah keseruan jogging.

  • Plaza

Wisata yang menyuguhkan pemandangan pantai berpadu dengan gedung-gedung tinggi ini berdiri di kawasan 22.500 meter persegi. Ada plaza luas untuk menampung para pengunjung yang mengadakan gathering.  

  • Seaside Carnival

Selain itu, Symphony of the Sea juga menjadi pusat hiburan warga Jakarta. Wisata dengan desain unik ini seringkali mengadakan Seaside Carnival. Keramaian dari penampilan artis dan permainan-permainan tentunya mampu mewarnai weekend.

Keseruan tidak berhenti. Terkadang ada penampilan street dance oleh dancer berbakat yang turut menghibur.

C. Fasilitas

Adapun fasilitas yang tersedia di antaranya:

  • Trek jogging
  • Penyewaan alat olahraga
  • Toilet
  • Penyewaan sepeda
  • Stage
  • Spot gathering

Menarik sekali tempat jogging di Jakarta di atas? Untuk bisa bebas berwisata ke tempat tersebut, tiket masuknya bisa dibeli secara online melalui www.ancol.com.