11 Rekomendasi Taman Hiburan di Indonesia Terbaik

Mencari taman hiburan di Indonesia tidaklah sulit karena ada banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Untuk wilayah Jakarta sendiri pilihan terbaiknya adalah Ancol Taman Impian. Tempat wisata ini bukan hanya sekedar taman hiburan saja tetapi juga disajikan dengan konsep edukatif.

Keberadaan taman hiburan ini bahkan sudah ada sejak tahun 1960-an yang menandakan bahwa tempat wisata ini sangat legendaris dan difavoritkan banyak orang. Dengan berbagai macam wahana di dalamnya, tidak berlebihan jika Ancol disebut sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Indonesia.

Rekomendasi Taman Hiburan di Indonesia 2022

Tadi sudah sedikit disinggung bahwa Ancol merupakan destinasi wisata favorit di Jakarta yang keberadaannya bukan hanya menjadi ikon wisata Jakarta saja, tetapi juga menjadi tempat wisata terpadu yang terbesar di Indonesia. Berikut adalah beberapa taman hiburan Ancol yang bisa dikunjungi:

1. Dunia Fantasi

Sebagai salah satu taman hiburan outdoor terbesar di Indonesia, Dunia Fantasi atau Dufan dikenal sebagai tempat wisata favorit yang menyediakan berbagai macam wahana permainan. Bukan hanya sekedar wahana permainan saja, tempat ini juga sangat mengedukasi.

Tentunya ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba untuk mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Mulai dari Rumah Misteri yang menegangkan, Rumah Miring yang unik, Istana Boneka, hingga Paralayang dan Hysteria yang sangat menantang.

2. Pantai Ancol

Pantai Ancol menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi masyarakat Jakarta karena mampu memberikan kesejukan tersendiri. Apalagi harga tiket masuk ke kawasan pantai ini cukup terjangkau. Tidak heran jika kawasan wisata ini selalu ramai pengunjung.

Selain menjelajahi deretan pantai yang indah, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru selama berada di Pantai Ancol. Mulai dari berjemur dan bersantai, naik kereta mini, menyewa kayak, hingga mencoba permainan water sport yang seru dan menyenangkan.

3. Sea World

Sebagai salah satu taman hiburan terbaik di Indonesia, Sea World memang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Bukan hanya terbatas pada wisata hiburan saja, tempat ini juga memadukannya dengan wisata edukasi dan bahkan konservasi.

Di tempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan alam di bawah air yang terdiri dari berbagai macam biota laut maupun air tawar. Pengunjung bisa menjelajahi beberapa aquarium dan kolam terbuka di tempat ini, termasuk mengunjungi museum dan Kolam Sentuh. 

4. Faunaland

Rekreasi sembari menikmati wisata edukasi bisa dilakukan dengan mengunjungi Faunaland yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Kebun binatang ini memiliki koleksi satwa yang cukup beragam dan beberapa diantaranya merupakan satwa langka.

Salah satunya adalah singa putih yang habitat aslinya berada di Afrika Selatan. Di kebun binatang ini pengunjung bisa menyaksikan keanekaragaman satwa yang ada dan bahkan berinteraksi secara langsung dengan beberapa jenis satwa jinak di dalamnya.

5. Ocean Dream Samudra

Taman hiburan di Indonesia yang satu ini juga tidak kalah menarik dari tempat wisata sebelumnya. Apalagi tempat ini juga sekaligus difungsikan sebagai tempat konservasi bagi ikan lumba-lumba.

Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di tempat wisata ini. Diantaranya adalah menyaksikan atraksi lumba-lumba dan singa laut, hingga mencoba beberapa wahana permainan yang tersedia. Mulai dari Mola-Mola, Laga Logon, Scorpions Pirates dan lain-lain.

6. Atlantis Water Adventure

Dengan luas lahan sekitar 5 hektar, pengunjung akan diajak untuk menikmati sensasi petualangan yang sangat menantang dengan berbagai wahana permainan air di dalamnya. Rekreasi di tempat wisata ini akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Adapun wahana permainan air yang menarik untuk dicoba antara lain adalah Asthatirta, Crazy Slide, Dragon Slide, Apollo Pool, Antila River, Dragon Race, Skybox, Rainbow Splash Pool hingga Poseidon Wave dan Elephant Pool yang seru.

7. Allianz Ecopark

Rekomendasi taman hiburan di Indonesia selanjutnya yang tidak kalah seru untuk dijelajahi adalah Allianz Ecopark yang berdiri di atas lahan seluas 34 hektar. Tentunya ada banyak petualangan dan hal menarik yang bisa dilakukan di tempat ini.

Di kawasan wisata ini tersedia beberapa zona yang menyajikan konsep wisata alam dan hiburan dengan unsur edukasi yang kental. Pengunjung bisa menikmati petualangan seru dan belajar di beberapa zona seperti Rumah Lebah, Learning Farm, Eco-Bike hingga Eco Art.

8. Pasar Seni

Perlu diketahui bahwa taman hiburan ini merupakan salah satu pusat kesenian di Jakarta yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga. Dengan nuansa seni yang begitu kental, pengunjung akan diajak menikmati karya seni dan mengembangkan bakat serta kreativitasnya.

Tentunya ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Mulai dari mengikuti kelas komik, menghias topeng, merajut, kerajinan membuat kalung hingga membatik dengan motif khas Betawi dan lain sebagainya.

9. Gondola Ancol

Di kawasan wisata Ancol, pengunjung bisa menikmati sensasi seru naik gondola yang cukup menantang namun sangat menyenangkan. Pengunjung akan diajak untuk menyaksikan pemandangan laut dari atas ketinggian serta deretan wahana permainan di sekitarnya.

Untuk menikmati sensasi seru yang lebih menantang dan memacu adrenalin, pengunjung bisa mencoba naik unit gondola atau cabin yang tidak dilengkapi kaca pada sekelilingnya namun memiliki lantai kaca yang langsung tembus pandang ke bawah. Bagaimana, berani coba?

10. Putri Duyung Cottages

Taman hiburan di Indonesia yang satu ini sangat cocok untuk tujuan wisata bersama keluarga. Setelah lelah beraktivitas dengan kesibukan yang padat, mengunjungi Putri Duyung Cottages bisa menjadi sarana terbaik untuk refreshingan dan melepas penat.

Suasana pantai yang sejuk dan memanjakan mata akan membuat momen liburan di tempat ini semakin menyenangkan. Apalagi fasilitas yang tersedia juga sangat lengkap sehingga siapapun akan merasa nyaman dan betah berada di lokasi wisata ini.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain adalah kiddy swimming pool, jogging track, playground untuk anak-anak, infinity room dengan pemandangan laut yang indah, hingga room service 24 jam.

11. Bird Land

Bird Land merupakan salah satu wahana terbaru di Ancol yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi bersama keluarga. Di kawasan wisata ini tersedia beberapa area seperti Makau dan Kakatua yang memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi, berfoto dan memberi makan.

Ada pula area Rangkong atau Hornbill Family yang memiliki paruh besar melengkung. Di area ini pengunjung juga bisa berinteraksi dengan jenis burung tersebut. Area lainnya adalah burung pemangsa yang terdiri dari tiga spesies, yaitu Alap-alap, Elang dan Elang Tikus.

Kemudian ada area burung perairan seperti Angsa Hitam, Pelikan, Bangau Bluwok. Pecuk/Komaran, serta Bebek Mandarin. Selain itu ada pula area kandang burung dan mini show yang menyajikan pertunjukan dan atraksi burung.

Dari rekomendasi taman hiburan di Indonesia yang telah dijelaskan diatas, tentunya banyak wisatawan yang tertarik untuk menikmati momen liburan di Ancol Taman Impian. Adapun untuk pembelian tiket bisa dilakukan secara online melalui www.ancol.com. Yuk, langsung dipesan untuk liburan akhir pekan!