5+ Rekomendasi Taman Bermain di Indonesia Seru dan Menyenangkan

Taman bermain di Indonesia menyediakan pilihan wahana menarik dan menghibur dengan berbagai tema. Destinasi wisata taman hiburan yang satu ini sangat cocok dikunjungi kapan saja termasuk ketika liburan. Bukan hanya bermain, pengunjung juga bisa mempelajari banyak hal di taman hiburan ini.

Pengunjung bisa belajar ilmu pengetahuan maupun seni. Tempat hiburan ini juga terlihat menarik dengan ragam warna-warni dan aneka ikon gambar. Seperti apa keseruan berlibur di taman bermain? Apa saja wahana di dalamnya? Simak informasi tentang rekomendasi taman bermain di bawah ini!

Rekomendasi Taman Bermain di Indonesia

Apa saja taman bermain menyenangkan yang ada di Indonesia? Jika penasaran dan ingin tahu, maka berikut ini beberapa pilihan terbaik taman bermain yang bisa dikunjungi!

1. Sea World Ancol

Taman Impian Jaya Ancol juga memiliki taman bermain dengan tema lautan, seperti Sea World Ancol. Pengunjung tidak hanya bisa asik bermain di Sea World Ancol, tetapi destinasi wisata yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai tempat belajar banyak hal terutama mengenal aneka hewan atau biota laut.

Sea World Ancol memiliki sekitar 7.300 ekor jenis biota. Semua hewan laut maupun air tawar tersebut ditempatkan di masing-masing akuarium. Di taman hiburan ini pengunjung bahkan bisa menyaksikan ikan-ikan dan aneka biota laut berenang bebas dalam akuarium raksasa.

Museum yang berisi koleksi hewan laut purba juga menjadi salah satu daya tarik dari taman hiburan ini. Pengunjung Sea World Ancol juga mendapat kesempatan untuk mencoba berbagai wahana. Misalnya, Magic Aquarium, Car Aquarium, Touchpool, Interactive Aquarium, dan wahana lainnya.

2. Atlantis Ancol

Atlantis Ancol merupakan taman bermain terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai wahana air. Seluruh wahana air tersebut dapat dinikmati oleh pengunjung, sehingga liburan pun akan terasa seru dan menyenangkan!

Beberapa wahana permainan yang harus dicoba, yaitu Rainbow Splash Pool, Skybox, Asthatirta, Dragon Slide, Dragon Race, Antila River, Poseidon Wave, Elephant Pool, dan berbagai wahana air lainnya.

3. Dufan Ancol (Dunia Fantasi)

Ketika berkunjung ke Ancol tidak lengkap rasanya jika belum bermain di Dufan Ancol atau Dunia Fantasi. Apa saja yang ada di taman bermain? Dufan Ancol sebagai salah satu taman bermain terbesar di Indonesia memiliki beragam wahana permainan yang sangat menarik dan sayang dilewatkan.

Pengunjung bisa mencoba wahana Baling-baling, Kolibri, Ontang-anting, Paralayang, Zig-zag, Turbo Drop, Kereta Misteri, Kora-kora, Tornado, Rumah Miring, Hysteria, Istana Boneka, Halilintar, dan berbagai wahana seru lainnya.

Jangan lewatkan juga untuk bermain di area Rumah Jahil, Galactica, Burung Tempur, Kontiki, Arung Jeram, Bianglala, Dream Playground, Ice Age Arctic Adventure, Mysterious Land, dan lain sebagainya.

Berwisata di taman bermain Jakarta yang satu ini akan semakin menyenangkan ketika mengajak teman, sahabat, keluarga, maupun pasangan. Anda bisa menghabiskan waktu seharian untuk mencoba wahana permainan di Dufan Ancol. Menyenangkan, bukan?

4. Ecopark Ancol

Ecopark Ancol juga merupakan salah satu taman bermain anak di Indonesia. Taman bermain yang satu ini berada di atas lahan seluas 34 hektar. Lokasinya yang luas dengan fasilitas lengkap. Ecopark Ancol menjadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Taman hiburan yang satu ini terbagi menjadi beberapa zona bermain. Berikut ini beberapa zona yang ada di Ecopark Ancol, yaitu:

  • Zona Eco Energy

Lokasi ini dapat dijadikan sebagai taman bermain sekaligus belajar. Di sini pengunjung dapat mengenal berbagai sumber energi terbarukan dan pemanfaatan energi. Beberapa wahana yang bisa dicoba, yaitu Eco-Market, Rumah Lebah, Learning Farm, dan Eco-Bike.

  • Zona Eco Nature

Kawasan yang satu ini dikunjungi untuk mengajarkan berbagai jenis flora dan fauna.

  • Zona Eco Care

Zona Eco Care menghadirkan beragam wahana permainan edukatif.

  • Zona Eco Art

Pengunjung yang ingin menyaksikan berbagai jenis pameran atau pentas seni dapat langsung berkunjung ke kawasan Zona Eco Art.

5. Samudra Ancol

Berkunjung ke Jakarta akan lebih menyenangkan jika bermain di Samudra Ancol. Taman hiburan Jakarta yang satu ini menawarkan beragam hiburan berupa atraksi berbagai hewan laut, seperti singa laut, lumba-lumba, dan hewan lainnya.

Selain pertunjukan yang menarik, taman hiburan ini juga memiliki aquarium kecil. Daya tarik lainnya dari Samudra Ancol adalah pertunjukan teater 4D. Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan film dengan gambar 3D yang menciptakan sensasi tersendiri ketika ditonton.

Berapa harga tiket Samudra Ancol? Anda hanya perlu membayar Rp95.000 per orang untuk masuk ke taman hiburan ini ketika weekday. Sementara ketika weekend harga tiket Ocean Dream Samudra naik menjadi Rp130.000 per orang.

6. Pasar Seni Ancol

Pasar Seni Ancol juga bisa menjadi salah satu pilihan taman bermain di Indonesia. Destinasi wisata ini cocok dikunjungi oleh anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang suka dengan seni. Banyak sekali karya seni dan kerajinan tangan buatan para seniman hebat di Pasar Seni Ancol.

Beberapa kerajinan tangan karya seniman yang bisa ditemukan di sini, yaitu lukisan, patung, foto, ukiran, dan lainnya. Terdapat sekitar 110 toko souvenir yang dapat dikunjungi untuk membeli berbagai karya seni tersebut.

Selain dijadikan tempat bermain, Pasar Seni Ancol merupakan tempat yang cocok dikunjungi untuk belajar tentang seni, budaya, hingga ilmu pengetahuan. Pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan dan pameran seni yang sangat aesthetic di sini.

Tertarik untuk mengikuti workshop seni? Anda bisa langsung datang ke Pasar Seni Ancol. Beberapa pilihan workshop yang tersedia, yaitu membatik, kelas komik, wayang ondel-ondel, keramik, stone painting, graffiti, mix media art, dream catcher, dan lain sebagainya.

Pasar Seni Ancol juga merupakan destinasi wisata yang cocok dijadikan sebagai lokasi hunting foto. Pengunjung bisa mendapatkan foto yang unik dan menarik dengan latar belakang warna-warni karya seni cantik. Sangat aesthetic, bukan?

7. Jakarta Bird Land Ancol

Jakarta Bird Land merupakan taman hiburan Indonesia yang hadir dengan konsep dunia fauna, khususnya burung. Taman hiburan ini memiliki beragam jenis burung yang sangat cantik dan bisa secara langsung dilihat oleh para pengunjung.

Selain itu, para pengunjung juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan burung. Tentu saja interaksi ini dipandu dan diawasi oleh pihak pengelola Jakarta Bird Land. 

Jakarta Bird Land tidak hanya dijadikan sebagai taman hiburan dan bermain, tetapi destinasi wisata ini juga menjadi pusat konservasi. Artinya, tempat ini juga menjadi rumah bagi berbagai jenis burung yang sudah mulai terancam punah.

Berikut ini beberapa pilihan wisata hiburan menarik di Jakarta Bird Land, yaitu:

  • Area Makau dan Kakatua
  • Area Burung Perairan

Tempat yang cocok untuk melihat burung pelikan, pecuk, bangau bluwok, bebek mandarin, dan lainnya.

  • Area Para Pemangsa

Cocok untuk melihat berbagai burung pemangsa, seperti elang, alap-alap, dan lainnya.

  • Area Hornbill Family

Cocok untuk melihat burung rangkong yang memiliki paruh melengkung.

  • Kandang Burung

Tempat berinteraksi dengan beragam spesies burung.

  • Mini Show

Menampilkan berbagai atraksi burung yang menarik.

Taman bermain di Indonesia sangat beragam dan menyediakan wahana menyenangkan. Jika ingin mengunjunginya, maka langsung saja pesan dan beli tiket Ancol. Di Ancol terdapat beberapa spot atau lokasi taman hiburan dengan berbagai tema yang menarik dan seru!