5 Daftar Rekomendasi Pulau di Indonesia yang Cocok untuk Healing

Terdapat banyak sekali pulau di Indonesia, oleh karenanya negara kita disebut sebagai negara kepulauan. Di antara sekian banyak pulau yang ada, baik pemerintah maupun swasta memanfaatkannya sebagai destinasi wisata yang menarik para wisatawan.

Di Jakarta yang notabene kota metropolitan dengan gedung-gedung pencakar langit, masyarakatnya masih bisa loh escaping ke pulau-pulau di sekitar Jakarta. Dari kawasan Ancol, wisatawan bisa berkunjung ke beberapa wisata pulau di Indonesia yang memiliki panorama ciamik.

Daftar Pulau di Indonesia Sekitar Jakarta untuk Destinasi Wisata

Warga Jakarta dan sekitarnya tetap bisa menikmati keindahan pantai yang masih alami dan asri tanpa harus jauh-jauh meninggalkan ibu kota. Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi pulau terindah di Indonesia yang letaknya di sekitar kawasan Jakarta:

1. Pulau Bidadari

Dari pantai Marina Ancol, Pulau Bidadari bisa diakses menggunakan boat dengan perjalanan hanya sekitar 20 menit saja. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang paling dekat dengan Jakarta.

Wisatawan pun banyak memilih untuk menepi sejenak ke Pulau Bidadari karena suasananya yang jauh menenangkan dibandingkan dengan suasana ibu kota. Saat ini sudah banyak sekali jasa tour dan travel yang menawarkan paket liburan ke Pulau Bidadari.

Paket-paket liburan yang tersedia mulai dari paket liburan satu hari tanpa menginap, hingga paket menginap di beberapa resort yang terdapat di pulau tersebut. Pemandangan alamnya yang masih natural membuat wisatawan merasa nyaman dan betah di sana.

Bersama keluarga, menghabiskan waktu di Pulau Bidadari akan terasa menyenangkan. Honeymoon bersama pasangan pun akan meninggalkan kesan yang romantis dan tak terlupakan. Tak hanya itu, berlibur bersama teman-teman pun akan menjadi momen yang sangat berharga.

Semua dikarenakan fasilitas lengkap yang ada di Pulau Bidadari, beragam jenis kuliner khas yang lezat, serta pemandangan alamnya yang bikin susah move on.

2. Pulau Tidung

Pulau di Indonesia yang letaknya tak jauh dari Jakarta adalah Pulau Tidung. Pulau ini juga menjadi salah satu pulau favorit warga Jakarta dan sekitarnya untuk melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk ibu kota. Ada dua jenis pulau di Pulau Tidung yakni Tidung Besar dan juga Tidung Kecil.

Di Pulau Tidung, wisatawan bisa melihat pemandangan sunset yang sangat indah dari atas jembatan yang fenomenal. Jembatan tersebut dikenal dengan sebutan Jembatan Cinta, yang memberikan nuansa romantis pada wisatawan yang menikmati pemandangan alam dari sana.

Pantai di Pulau Tidung juga masih bersih dan terjaga kebersihannya. Air lautnya tampak jernih sehingga wisatawan dapat melihat banyak ikan yang berenang di dalamnya. Wisatawan juga bisa menyewa peralatan snorkeling ataupun aktivitas air yang seru lainnya seperti banana boat.

Di pulau ini juga tersedia persewaan sepeda yang biasa digunakan wisatawan untuk mengitari Pulau Tidung. Biaya sewa sepeda sangat terjangkau yakni hanya Rp15.000,-. Kapan lagi bisa wisata murah meriah dan penuh momen mengesankan di Jakarta?

3. Pulau Pramuka

Jarak Pulau Pramuka dari Pantai Marina Ancol dapat ditempuh sekitar 1,5 jam menggunakan speed boat. Perjalanan tersebut sebanding dengan pemandangan yang akan didapatkan sesampainya di wisata pulau di Indonesia ini.

Pulau Pramuka terkenal dengan pemandangan bawah lautnya yang kaya akan keragaman hayati. Tak heran, persewaan alat snorkeling di pulau ini laris manis, terutama di masa liburan. Jika wisatawan menggunakan jasa tour dan travel, perlengkapan snorkeling biasanya sudah disediakan.

Tak hanya didatangi oleh wisatawan dalam negeri, keindahan Pulau Pramuka bahkan cukup tersohor ke berbagai belahan dunia. Wisatawan asing pun banyak yang datang untuk mencicipi liburan di pulau yang air lautnya masih sangat jernih ini.

Pulau di Indonesia ini merupakan salah satu ikon kota Jakarta. Dahulu kala, Pulau Pramuka lebih dikenal dengan nama Pulau Elang. Sebabnya adalah pulau tersebut menjadi habitat alami berbagai jenis burung elang.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pulau Pramuka selain snorkeling dan menikmati pemandangan lautnya adalah berkunjung ke kawasan hutan mangrove. Wisatawan juga bisa melihat penangkaran penyu di sana.

Selain dapat mengamati tukik atau anak penyu yang lucu-lucu, wisatawan juga berkesempatan melihat langsung proses pelepasan penyu dewasa ke habitat asalnya. Pulau ini juga sering kali menjadi tempat di mana penyu-penyu dewasa datang dari laut untuk bertelur.

4. Pulau Pari

Pulau terindah di Indonesia yang dapat ditempuh dalam waktu satu jam menggunakan speed boat dari Pantai Marina Ancol adalah Pulau Pari. Keindahan pulau ini membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk dikunjungi.

Ciri khas dari pulau ini adalah hamparan pasir putihnya yang bersih, ditambah air lautnya yang berwarna biru jernih. Dari pinggir pantai, wisatawan dapat melihat warna gradasi laut yang cantik di bawah sinar matahari.

Di sekitar Pulau Pari, terdapat juga beberapa pulau yang bisa didatangi menggunakan perahu. Dari kejauhan, pulau-pulau kecil tersebut tampak berwarna hijau yang menjadi pemandangan menyejukkan di Pulau Pari.

Aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan di pulau ini tak jauh dari aktivitas air seperti bermain di pinggir pantai, berenang di tepian atau snorkeling menggunakan alat yang tersedia di tempat persewaan. Akan sangat menyenangkan bisa melihat langsung habitat ikan-ikan di bawah laut yang jernih.

5. Pulau Ayer

Pulau Ayer adalah pulau di Indonesia yang berjarak sekitar 25 menit saja dari Pantai Marina Ancol jika wisatawan pergi menggunakan speed boat. Pulau ini juga termasuk pulau yang paling direkomendasikan untuk liburan bersama keluarga, sahabat atau wisatawan yang suka ikut open trip.

Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Seribu yang disebut-sebut sebagai mutiara kepulauan. Suasana alam di pulau seluas 10 hektar ini masih sangat asri. Sejak dahulu, pulau ini sudah menjadi tempat favorit berkunjungnya para tokoh kenamaan Indonesia seperti Ir. Soekarno.

Di pulau Ayer terdapat penginapan yang sangat ikonik. Penginapan tersebut merupakan cottage di atas air yang bentuknya mirip dengan rumah adat di Papua. Dari cottage terapung tersebut, wisatawan bisa langsung melakukan aktivitas air seperti berenang di laut atau memancing ikan.

Wisatawan juga bisa melakukan snorkeling bahkan diving di sana. Pemandangan bawah airnya sangat menjanjikan dan pastinya akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi para wisatawan. Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba menaiki banana boat atau bermain jetski.

Fasilitas di cottage-nya sendiri terbilang sangat lengkap. Selain kamar tidur, di sana juga terdapat fasilitas umum yang dapat digunakan untuk berolahraga seperti lapangan sepakbola dan voli. Selain itu, ada juga playground untuk anak-anak.

Bagi wisatawan yang datang bersama rombongan, ada fasilitas outbound yang akan membuat liburan di Pulau Ayer semakin seru dan menyenangkan.

Selain lima pulau di atas, beberapa pulau lain seperti Pulau Perak, Pulau Semak Daun dan Pulau Harapan adalah pulau di Indonesia yang juga recommended untuk dikunjungi. Wisatawan bisa membeli tiket masuk di Ancol.com terlebih dahulu sebelum berangkat menuju pulau-pulau tersebut.