Pulau Bidadari : Wisata, Aktivitas dan Fasilitas yang Wajib Kamu Coba!

Ingin berwisata di akhir pekan namun tidak ingin terlalu jauh dari pusat ibukota Jakarta maka pulau seribu jawabannya. Berjumlah 342 pulau, pulau seribu dapat menjadi pilihan seseorang untuk berlibur di akhir pekan.

Kepulauan seribu merupakan destinasi wisata yang sangat diminati oleh banyak kalangan. Bagaimana tidak, banyak sekali pulau yang dapat dikunjungi dan dijadikan destinasi wisata di kepulauan seribu salah satunya adalah pulau bidadari, pulau wisata dengan pemandangan alam yang cantik menjadi daya tarik sendiri untuk masyarakat berkunjung.

Sejarah Singkat Pulau Bidadari

Pada masa penjajahan belanda, pulau bidadari memiliki nama pulau sakit. Pada abad ke 17 oleh pemerintah belanda pulau Sakit dijadikan lokasi rumah sakit dan tempat pengasingan untuk para penderita kusta. Pada masa kemerdekaan pulau Sakit ditinggalkan dan menjadi terlantar.

Pada 1970 an pulau Sakit kembali dibangun dan hingga sekarang dijadikan sebagai pulau wisata dengan nama pulau bidadari. Nama pulau bidadari terinspirasi dari nama pulau lainnya yang bernama pulau putri dan pulau nirwana. 

Pulau bidadari sendiri memiliki beberapa keunikan, pulau bidadari ditumbuhi tanaman - tanaman langka seperti pohon kayu hitam dan pohon perdamaian. Selain itu di pulau bidadari terdapat sebuah benteng bernama Benteng Martello. Benteng ini merupakan benteng pertahanan bekas penjajahan Belanda. 

Sejak tahun 1970 an pulau bidadari menjadi menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung, keunikan yang dimiliki, keindahan pantai, serta berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di pulau bidadari menjadikan pulau bidadari diminati oleh banyak orang.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Bidadari

Menjadi daerah wisata, pulau bidadari sendiri menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berbagai macam aktifitas yang dapat dilakukan di pulau bidadari antara lain.

  • Menikmati Sunrise di Pantai Tiga Warna

Aktivitas pertama yang dapat dilakukan oleh pengunjung adalah menikmati sunrise atau matahari terbit di pantai 3 warna pulau bidadari. Pantai ini menjadi pantai yang tepat untuk pengunjung melihat matahari terbit dikarenakan pemandangan dan suasana pantai yang dapat memanjakan pengunjung. Tidak hanya melihat matahari terbit, di pantai tiga warna pengunjung dapat merasakan serunya bermain ayunan di pinggir pantai. 

  • Memancing Di Dermaga pulau Bidadari

Memancing merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Di pulau bidadari salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung adalah memancing di dermaga pulau bidadari. Terdapat tiga spot memancing di pulau bidadari yang dapat dikunjungi ketika pengunjung ingin memancing.

  • Olahraga Air

Sebagai salah satu pulau di kepulauan seribu yang memiliki pantai yang indah, Tentu saja pulau bidadari menyediakan aktivitas olahraga air yang dapat dilakukan oleh pengunjung. Berbagai macam kegiatan olahraga air yang dapat dilakukan oleh pengunjung antara lain banana boat, donat boat dan olahraga air lainnya yang dimulai dengan harga 50K per orang.

  • Bersepeda mengelilingi pulau.

Aktivitas selanjutnya yang dapat dilakukan oleh pengunjung adalah bersepeda. Pengunjung dapat merasakan serunya bersepeda dengan sejuknya hembusan angin serta pemandangan pantai yang indah. Pengunjung dapat bersepeda mengelilingi pulau dengan harga mulai dari 35K per orang.

  • Berenang bersama lumba-lumba 

Salah Satu aktivitas unik yang dapat dilakukan oleh pengunjung adalah berenang bersama lumba-lumba. Pengunjung dapat merasakan pengalaman berenang bersama lumba-lumba di penangkaran lumba-lumba pulau bidadari. Selama berenang bersama lumba-lumba, pengunjung akan didampingi oleh instruktur agar tetap aman. 

  • Berenang di kolam Infinity Pool.

Aktivitas seru lainnya yang terdapat di pulau bidadari adalah berenang di kolam Infinity Pool. Pengunjung akan merasakan sensasi berenang di kolam infinity pool dengan pemandangan laut lepas dan pantai. Berenang di kolam Infinity Pool juga merupakan salah satu aktivitas yang paling banyak diminati oleh pengunjung. 

  • Menikmati Sunset sambil berenang.

Selain berenang di kolam Infinity Pool pengunjung juga dapat melihat Sunset atau matahari terbenam. Di momen ini pengunjung akan merasakan nikmatnya berenang di kolam infinity pool dengan pemandangan matahari terbenam di arah barat. Dapat melihat sunset sambil berenang di kolam infinity pool juga menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung untuk datang ke pulau bidadari.

Fasilitas pendukung yang ada di Pulau Bidadari

  • One day tour Package

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pulau bidadari tanpa menginap tidak perlu khawatir karena pulau bidadari menyediakan layanan one day tour package dengan tarif 550K per orang. Package ini termasuk speedboat untuk pergi pulang dan juga termasuk makan siang. Pengunjung akan diajak berkeliling pulau bidadari untuk menikmati keindahannya.

  • Menginap di Pulau Bidadari

Sebagai destinasi wisata tentu saja pulau bidadari menyediakan layanan menginap di pulau bidadari. Harga paket menginap pulau bidadari berbagai macam mulai dari 1,1 JT hingga 1,3 JT permalam. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di pulau bidadari dengan membawa rombongan tidak perlu khawatir, karna pulau bidadari menyediakan fasilitas dormitory untuk kapasitas 24 orang dengan rate 1,1JT.

  • Tour 3 Pulau

Selain menikmati keindahan dengan berkeliling pulau bidadari, pulau bidadari juga menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin melanjutkan perjalanan dengan berkeliling tiga pulau lainnya yaitu pulau kelor, pulau cipir dan pulau onrust. Tour tiga pulau dapat dinikmati oleh pengunjung dengan harga mulai dari 50K per orang.

  • Meeting Package

Tidak hanya menyediakan layanan one day tour package dan menginap di pulau bidadari. Pulau bidadari juga menyediakan fasilitas ruangan yang dapat digunakan untuk meeting. Untuk rate nya sendiri berbagai macam, mulai dari 600K per orang untuk layanan  full day meeting dan juga mulai dari 1,4 JT per orang untuk layanan meeting dan menginap. Rate tersebut sudah termasuk speedboat, meeting room, lunch dan layanan lainnya.

  • Pulau Privat

Pulau Bidadari juga menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi liburan di pulau sendiri. Jika pengunjung ingin merasakan sensasi ini ratenya mulai dari 99JT untuk 100 orang per malam. Nantinya pulau bidadari akan ditutup untuk publik selama 2 hari satu malam hanya untuk pengunjung dan kerabat.

Pulau bidadari merupakan pulau yang sangat dekat dengan ibukota Jakarta, bagi anda yang ingin rehat dari ramainya ibukota namun tidak ingin terlalu jauh maka pulau bidadari merupakan pilihan yang tepat. Bagaimana tidak Pulau Bidadari dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit menggunakan speed boat dari pelabuhan Marina Ancol.

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pulau bidadari, dari bersepedah mengelilingi pulau hingga menikmati serunya olahraga air selain itu banyak pula fasilitas yang diberikan oleh pulau bidadari dari one day tour package hingga merasakan sensasi bermalam secara privat di pulau bidadari. Bagi anda yang ingin menikmati berbagai macam aktivitas yang seru dan menarik di pulau bidadari, anda dapat mengunjungi website ancol.com