Berkunjung ke Pasar Seni Ancol untuk Menikmati Karya Seni Terbaik

Ancol merupakan salah satu kawasan yang ada di Jakarta dan kawasan ini juga memiliki destinasi wisata menarik untuk tempat liburan di akhir pekan. Salah satu tempat wisata yang banyak pengunjungnya di akhir pekan adalah pasar seni di Ancol.

Jakarta memang terkenal dengan pantai dan Dunia Fantasinya dan dengan berkunjung ke wisata seni, maka Anda bisa melihat berbagai kerajinan unik dari para seniman. Mungkin bagi orang yang tinggal di Jakarta sudah biasa, namun informasi berikut ditujukan bagi Anda yang belum pernah ke Jakarta.

Mengenal Sekilas Tentang Pasar Seni di Ancol

Pasar ini sudah berdiri sejak tahun 1977 dan berada di atas tanah dengan luas 5.25 hektar. Saat itu Ali Sadikin yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta meletakkan batu pertama pada Bulan Juli 1997. Kemudian, Desember 1977 Gubernur Jakarta, H. Tjokropranolo melakukan peresmian tempat tersebut.

Sesuai dengan namanya, pasar ini memang dibuat khusus sebagai wadah para seniman yang ingin memamerkan karya-karyanya. Selain itu, tempat ini juga menjadi pusat kesenian bagi para seniman dan menjadi tempat untuk membeli kerajinan tersebut.

Sebenarnya, tidak hanya lukisan saja yang terdapat di sana, ada beberapa karya seni lainnya seperti karikatur, lukisan dan patung pahat. Bahkan di beberapa kesempatan, ada penampilan seni musik yang sangat menghibur pengunjung.

Salah satu jenis pemerannya adalah Friday Jazz Night yang dihadiri oleh banyak orang-orang terkenal dari Indonesia. Jadi pasar seni ini merupakan tempat yang pas untuk menikmati beragam karya dari seniman ternama.

Harga Tiket Masuk Pasar Seni Ancol

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke lokasi, ada baiknya mengetahui berapa harga tiket masuk menuju pasar tersebut. Destinasi wisata yang satu ini merupakan tempat wisata murah dan bagus, banyak spot menarik untuk berfoto.

Jakarta adalah kota besar dan kota metropolitan yang terkenal dengan kota mahal. Akan tetapi, tidak semuanya mahal karena masih ada tempat wisata yang harga tiketnya terjangkau seperti pasar kesenian di Ancol yang tiket masuknya tidak menguras kantong.

Biaya tiket masuknya gratis sampai saat ini, tetapi akan dikenakan biaya ketika ingin membeli sesuatu di pasar. Bersama dengan orang yang dicintai, Anda bisa menikmati liburan sambil melihat keindahan karya seni di tempat ini.

Pasar Seni Ancol Buka Jam Berapa?

Pengunjung harus tahu waktu operasional pasar kesenian ini dan bukanya di hari apa saja. Pasar ini mulai buka pada jam 10 pagi sampai jam 8 malam setiap hari mulai Senin-Minggu.

Jadi, bagi Anda yang ingin datang berkunjung ke pasar ini bisa berkunjung mulai pukul 10 pagi kapan saja. Tidak semua destinasi wisata di Jakarta buka setiap harinya. Jadi jika di akhir pekan Anda merasa bosan, bisa langsung berkunjung ke pasar ini.

Cocok sekali untuk tempat menenangkan diri sembari melihat beragam karya seni yang indah. Apalagi bagi pengunjung yang juga seorang seniman, tentu bisa datang ke tempat ini. Jangan lupa untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan setiap momen di pasar bersama dengan keluarga.

Alamat Pasar Seni Ancol

Setelah mengetahui pasar tersebut buka jam berapa dan hari apa saja, sebagai pengunjung yang belum pernah ke Jakarta penting untuk mengetahui alamat dari lokasi ini. Adapun untuk alamat lengkapnya berada di Taman Impian Jaya Jalan Lodan Timur Ancol Pademangan Jakarta Utara.

Fasilitas pengunjung di wisata ini juga sudah lengkap seperti warung wisata karya seni, tempat jual oleh-oleh khas Jakarta, tempat makan, gazebo untuk istirahat, panggung musik, tempat ibadah, area parkir yang luas, serta toilet.

Kelengkapan fasilitas tersebut akan membuat pengunjung bisa menikmati suasana selama berkeliling di pasar seni Ancol Jakarta. Seperti ketika ingin beristirahat, bisa pergi ke gazebo untuk duduk sambil berbincang bersama dengan keluarga.

Ada Apa di Pasar Seni Ancol?

Sebagai salah satu destinasi wisata di Jakarta, pasar kesenian ini tentunya memiliki daya tarik tersendiri yang membuat banyak orang ingin datang ke sini. Ada banyak acara atau kegiatan yang pernah dilaksanakan di tempat ini yaitu sebagai berikut:

1. Wahana

Bagi pengunjung yang bosan berkeliling pasar, cobalah untuk bermain wahana yang tersedia. Tempat wisata ini bukan hanya untuk sarana edukasi saja, tetapi juga menyediakan beragam wahana yang seru dan menyenangkan.

Tidak hanya itu, tempat ini juga bisa disewa jika ada yang ingin membuat sebuah acara. Cocok sekali sebagai tempat untuk menghilangkan penat dari rutinitas harian.

2. Art Academy

Bagi pengunjung yang ingin belajar dunia seni juga bisa datang ke sini. Pihak pengelola juga sudah menyediakan beragam fasilitas sebagai media pembelajaran seperti alat musik (bass, drum, gitar, dan sebagainya. Selain itu, juga tersedia beberapa fasilitas kelas lainnya yang bisa diikuti oleh pengunjung.

Ada kelas olah vokal, multimedia, kerajinan keramik, melukis, web design, dan pembelajaran musik. Seru sekali jika bisa bergabung ke art academy karena tutornya sangat menyenangkan. Jadi, jangan lupa untuk mengikuti kelas kesenian yang Anda sukai.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan

Tentu saja ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan selama berkeliling ke pasar seni. Jadi ketika Anda berlibur ke Taman Impian Jaya, jangan lupa untuk mampir ke pasar keseniannya juga. Berikut ini ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh semua pengunjung.

1. Menyaksikan Seniman Membuat Karya Seni

Akan ada banyak seniman-seniman hebat yang membuat karya seni di tempat ini. Para seniman tersebut tentu saja sangat ahli sehingga pengunjung akan merasa terhibur dengan menikmati proses pembuatan karya seni. Pengunjung akan melihat bagaimana kreativitas para seniman bekerja dengan baik.

Ada banyak aliran yang diterapkan dalam menikmati karya seni seperti abstrak, naturalisme dan sebagainya. Banyak ilmu yang bisa diambil dari melihat bagaimana seniman tersebut menciptakan karya seni.

2. Mengunjungi Pasar Malam (Night Market)

Tidak hanya menyaksikan bagaimana seniman menciptakan karya seni mereka, pengunjung juga dapat menghabiskan waktu dengan menikmati keramaian pasar malam atau Night Art Market. Biasanya pasar malam ini dibuka pada Sabtu malam saja.

Inilah yang merupakan daya tarik dari pasar kesenian di Ancol karena setiap pengunjung bisa membeli souvenir dan barang-barang menarik lainnya. Selain itu, Night Art Market juga menghadirkan bintang tamu spesial dalam panggung musik untuk memeriahkan acara dan pengunjung tidak akan merasa bosan.

3. Berwisata Kuliner

Aktivitas terakhir yang dapat dilakukan adalah berwisata kuliner dengan menikmati beragam santapan khas Jakarta. Ada banyak stand makanan yang menyediakan makanan lokal tentu saja harganya sangat terjangkau.

Melakukan kunjungan wisata ke pasar seni Jakarta merupakan pilihan yang tepat sebab ada banyak spot menarik selama di tempat wisata itu. Oleh karena itu, ketika Anda berkunjung ke Jakarta bisa mampir ke sini dengan membeli tiket langsung di https://www.ancol.com/.