Menikmati Destinasi Pantai Pasir Putih Terbaik di Jakarta

Jakarta memiliki kawasan pantai yang bisa menjadi salah satu tujuan destinasi, yakni pantai pasir putih Ancol. Sebagai salah satu tujuan destinasi wisata unggulan, kawasan pantai Ancol ini memiliki berbagai fasilitas yang bisa dinikmati.

Fasilitas lengkap tersebut membuat para pengunjung dapat melakukan aktivitas di sepanjang kawasan pantai. Berolahraga hingga bersantai, semuanya bisa dilakukan. Berlokasi di Jakarta Utara, berikut disajikan berbagai fasilitas dan aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan pantai ini.

Aktivitas di Pantai Pasir Putih Ancol

Kawasan pantai Ancol ini, didirikan dengan tujuan utama sebagai rekreasi. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri, bertandang ke pantai Ancol untuk berjemur atau menikmati aktivitas air. Dengan garis pantai hingga 6,5 km, pantai ini dibagi menjadi beberapa kawasan.

Setiap kawasan pantai memiliki aktivitas unggulannya. Berikut disajikan berbagai aktivitas di kawasan pantai Ancol, di antaranya:

1. Berenang dan Berjemur

Melakukan aktivitas seperti berjemur dan berenang menjadi hal wajib yang harus dilakukan jika berkunjung ke pantai. Begitu pula di kawasan pantai Ancol ini. Pengunjung bisa menikmati aktivitas tersebut, di kawasan pantai indah Ancol.

Pemandangan indah akan memanjakan mata para pengunjung. Ditambah hembusan angin dan suara debur ombak, membuat suasana menjadi sangat menyenangkan. Hamparan pasir putih terbentang luas, sehingga pengunjung bisa berjemur dengan leluasa.

Untuk menikmati aktivitas tersebut, pengunjung harus menyiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Sunblock, agar kulit terhindar dari efek jahat sinar matahari.
  • Pelampung, jika tidak mau repot harus menyewa.
  • Tikar atau alas duduk, jika ingin bersantai bersama keluarga.
  • Topi, sebagai aksesoris serta pelindung wajah dari terik matahari.
  • Kamera, barang wajib untuk mengabadikan setiap kenangan.

2. Bermain Bersama Anak-anak

Jika sedang membawa anak-anak berlibur, pengunjung bisa mengunjungi kawasan pantai ria Ancol. Di kawasan ini, berbagai jenis wahana untuk bermain tersaji secara cuma-cuma. Pengunjung bisa menikmati perosotan hingga menaiki kereta dari stasiun kereta mini.

Kereta ini akan beroperasi setiap hari, mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Dengan panjang jalur kereta hingga 3,6 km, kereta ini bisa mengantarkan pengunjung ke berbagai lokasi wisata dalam kawasan taman impian Ancol. Pemberhentian terakhirnya adalah stasiun kereta mini di pantai bende.

3. Berfoto dengan Pemandangan Indah

Mengabadikan kenangan lewat foto harus menjadi aktivitas wajib ketika berkunjung ke pantai pasir putih terbaik di Indonesia ini. Sebab, pemandangannya sangat indah dan unik. Selain pemandangan khas pantai, pengunjung juga bisa mendapat pemandangan unik dengan gedung pencakar langit.

Jika ingin berfoto dengan latar belakang gedung-gedung tinggi, para pengunjung bisa bertandang ke kawasan pantai festival Ancol. Selain penuh hamparan pasir putih, pemandangan unik dengan langit dan laut membentang luas, akan menjadi latar belakang foto yang indah.

Tidak hanya warga lokal, wisatawan dari luar negeri juga sangat menyukai kawasan ini. Jadi, tidak heran jika kawasan ini menjadi lokasi andalan untuk tempat mengambil foto.

4. Berlayar

Selain berenang dan berjemur, pengunjung juga bisa berlayar melalui pantai ini. Berbagai kapal akan terlihat bertengger di pinggir Pantai Marina Ancol. Kawasan ini juga menjadi lokasi dermaga. Berbagai kapal yang datang dari segala penjuru, akan menyambangi kawasan ini.

Ketika ingin mengunjungi Kepulauan Seribu, para pengunjung bisa pergi melalui dermaga di Pantai Marina Ancol. Namun, pengunjung juga harus menyiapkan modal yang lebih besar, dibandingkan jika berangkat dari dermaga lainnya.

5. Menyaksikan Sunset

Menonton sunset adalah hal yang juga tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi pantai. Kawasan pantai menjadi tempat yang tepat untuk menikmati aktivitas ini. Suasana romantis akan terasa kental ketika berhasil menikmati sunset bersama orang tersayang.

Dengan pemandangan indah tersebut, tidak heran jika kawasan ini juga dijadikan lokasi untuk berfoto. Indahnya langit berwarna jingga dilengkapi hamparan pasir putih yang membentang akan membuat kenangan dalam foto semakin membekas.  

6. Melihat Pertunjukan Ski Air

Pengunjung tidak hanya bisa bersantai di kawasan pantai pasir putih Jakarta, tetapi juga bisa menikmati pertunjukan ski air. Para profesional akan memperlihatkan kemampuannya sehingga membuat pengunjung berdecak kagum.

Tidak sampai disana, pengunjung juga bisa ikut bermain ski air. Jangan khawatir jika baru pertama kali mencoba, para profesional akan memberikan arahan yang tepat. Jika beruntung, pengunjung juga bisa bertemu dengan kawanan ubur-ubur yang muncul di kawasan pantai tersebut.

7. Menikmati Acara

Kawasan pantai Ancol juga kerap dijadikan lokasi berbagai acara. Mulai dari acara berkelas nasional, sampai tahap internasional, semuanya bisa dilakukan di kawasan pantai ini. Pengunjung bisa menikmati pantai dengan pesona yang berbeda.

Jika pengunjung suka dengan suasana pantai yang tenang, sangat disarankan mengunjungi pantai Ancol ketika malam hari. Berbagai lampu yang indah akan menghiasi berbagai sudut pantai. Suasana ini cocok untuk pasangan yang ingin menikmati suasana romantis.

Fasilitas Lainnya di Pantai Pasir Putih Ancol

Semua aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Ancol, didukung dengan berbagai fasilitas lengkapnya. Selain wahana hiburan, kawasan pantai ini juga menyediakan tempat untuk berbelanja. Jadi, pengunjung dari luar Jakarta bisa membeli berbagai oleh-oleh khas.

Deretan restoran berjajar rapi di sekitar kawasan pantai. Mulai dari kopi, dessert, seafood, hingga jenis makanan lainnya, tersaji dengan lengkap disini. Pengunjung hanya perlu beralih ke lokasi food court untuk menikmatinya.

Apabila pengunjung berasal dari luar Jakarta, jangan khawatir, kawasan penginapan juga tersedia di destinasi wisata terbaik ini. Hotel, resort, hingga homestay, semuanya ada, pengunjung tinggal memilihnya sesuai keinginan. Beberapa fasilitas lain di kawasan pantai ini, di antaranya:

  • Tempat parkir yang luas.
  • Toilet yang bersih.
  • Mushola.
  • Jalur untuk pejalan kaki dan penyandang disabilitas.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Untuk bisa masuk ke kawasan pantai pasir putih ini, pengunjung bisa melewati berbagai gerbang. Mulai pukul 06.00 WIB, pengunjung sudah bisa membeli tiket dan memasuki kawasan pantai. Pintu gerbang akan tutup pada pukul 22.00 WIB.

Tiket masuk dibedakan menjadi 3 kategori, yakni untuk motor, mobil, dan bus. Berbagai jenis kendaraan tersebut, dikenakan biaya masuk mulai dari Rp15.000, Rp25.000 hingga Rp45.000 untuk setiap unit kendaraan.

Selain jam operasional dan harga tiket, hal lain yang harus diperhatikan selama mengunjungi kawasan wisata ini yakni, sebagai berikut:

  • Jaga kebersihan tempat wisata dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Jangan merusak fasilitas yang ada di kawasan pantai.
  • Perhatikan keselamatan bersama.
  • Lakukan transaksi pembelian tiket di web resmi, Ancol.com untuk mendapatkan informasi dan keuntungan yang lebih banyak.
  • Perhatikan juga protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan dalam kawasan wisata, informasi ini juga bisa diakses melalui website resmi Ancol.

Tersedianya fasilitas lengkap dan berbagai aktivitas seru, berhasil menjadikan pantai pasir putih Ancol sebagai kawasan wisata unggulan di Jakarta. Apalagi dengan harga tiket yang relatif murah, tidak heran kawasan ini selalu ramai oleh kunjungan wisatawan. Dapatkan tiket masuk Ancol sekarang juga!.