8 Rekomendasi Liburan di Pantai Indonesia Terbaik

Indonesia terkenal dengan wisata pantainya yang sangat indah dan eksotis. Tidak heran jika banyak masyarakat yang menjadikan pantai sebagai tujuan wisata favorit di akhir pekan. Salah satu pantai Indonesia yang tidak pernah sepi pengunjung adalah Pantai Ancol yang berada di Jakarta Utara.

Pantai Ancol sendiri berada di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol yang menjadikan tempat ini semakin menarik perhatian wisatawan. Dengan akses yang mudah, pengunjung bisa sekalian berwisata di berbagai wahana permainan yang tersedia. Bagaimana, sangat menyenangkan bukan?

Daftar Pantai Indonesia di Kawasan Wisata Ancol

Ancol merupakan kawasan wisata terpadu di Indonesia yang sudah sangat populer, bahkan sejak masa penjajahan Belanda. Tempat wisata yang akhirnya dibuka secara resmi pada tahun 1968 menyediakan berbagai macam taman rekreasi. Salah satu yang terkenal adalah Pantai Ancol yang indah.

Liburan ke Pantai Ancol menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat karena bisa menikmati pemandangan pantai yang indah di tengah kesibukan kota Jakarta yang begitu padat. Sebagai informasi, berikut ini adalah daftar pantai terkenal di Indonesia yang berada di kawasan Ancol:

1. Pantai Festival

Pantai ini sangat terkenal karena sering dijadikan sebagai lokasi untuk penyelenggaraan event penting maupun berbagai jenis festival. Lokasinya sendiri berada di sisi bagian barat dan dilengkapi dengan dermaga kayu yang terlihat estetik.

Bentuk dermaga di pantai ini dibuat melingkar sehingga memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan pantai secara maksimal. Apalagi terdapat jembatan kecil menuju dermaga yang sering dijadikan sebagai spot foto oleh wisatawan.

2. Pantai Marina

Tidak kalah populer dengan Pantai Festival, Pantai Marina juga menyajikan keindahan pantai yang sangat mempesona. Di lokasi wisata ini pengunjung bisa menikmati keindahan laut lengkap dengan deretan kapal di sekitarnya. Sehingga nuansa pantainya begitu kental.

Menikmati keindahan alam di Pantai Marina merupakan pengalaman yang sangat luar biasa. Selain murah meriah, beberapa spot di kawasan ini sering dimanfaatkan untuk keperluan foto prewedding. Jadi bisa dibayangkan bagaimana keindahan tempat wisata nan eksotis ini.

Kawasan pantai ini dilengkapi pelabuhan kecil yang menjadi tempat bagi kapal-kapal untuk bersandar. Jika ingin menyeberang menuju Kepulauan Seribu, pengunjung bisa menyewa kapal dengan kapasitas penumpang yang disesuaikan kebutuhan.

3. Pantai Ancol Beach City

Deretan pantai Indonesia selanjutnya yang berada di kawasan Ancol adalah Pantai Ancol Beach City (ABC). Wisata pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga. Selain indah, fasilitas yang tersedia di tempat ini juga lengkap dan sangat memadai.

Bahkan di tempat ini juga tersedia venue outdoor yang begitu luas dan mampu menampung hingga 5.000 pengunjung. Selain itu juga dilengkapi dengan konstruksi panggung serta sound system sehingga sering digunakan untuk menyelenggarakan event besar.

4. Pantai Ria

Pantai Ria menyajikan keindahan alam yang tidak kalah eksotis dari pantai sebelumnya. Lokasinya sendiri cukup dekat dengan gerbang timur area wisata Ancol. Di kawasan ini banyak pohon kelapa yang menjulang tinggi sehingga membuat suasana pantai semakin sejuk.

Belum lagi dengan warna pasirnya yang putih, membuat keindahan pantai di kawasan ini terlihat sempurna. Tentunya lokasi wisata ini sangat cocok untuk acara liburan keluarga di akhir pekan. Selain indah, fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap.

Selain keindahannya, salah satu daya tarik yang membuat pengunjung betah adalah tersedianya wahana permainan yang seru di tempat ini. Arena permainannya memiliki desain mirip kapal dengan bagian dalam yang dilengkapi jembatan warna warni dan seluncuran.

Perlu diketahui bahwa kawasan pantai ini terbilang curam sehingga tidak aman untuk kegiatan berenang. Meski begitu, hal tersebut tidak akan mengurangi keceriaan pengunjung. Karena pengunjung masih bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti jogging dan bersepeda.

5. Beach Pool (Lagoon)

Hanya dengan membayar tiket seharga Rp25.000 saja, wisatawan bisa masuk ke kawasan Beach Pool (Lagoon) yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Ria. Dengan topografi yang sangat bagus, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai yang memanjakan mata.

Salah satu pantai terbaik di Indonesia ini sudah sangat populer di kalangan wisatawan dan menjadi tempat yang difavoritkan untuk menikmati momen liburan. Apalagi di kawasan ini tersedia berbagai macam fasilitas dan wahana permainan yang seru dan menyenangkan.

Selain itu, salah satu daya tarik yang ada di pantai ini adalah karakter ombaknya yang cukup landai sehingga aman bagi anak-anak. Di pantai ini pengunjung bisa bermain air, berenang, bermain pasir atau sekedar jalan-jalan menikmati suasana pantai yang menyejukkan.

6. Pantai Indah Ancol

Wisata pantai yang satu ini lokasinya sangat strategis sehingga cocok untuk aktivitas liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Lokasinya yang berdekatan dengan Hotel Mercure dan mall menjadikan pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Tentunya ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan saat liburan ke pantai ini, apalagi akses ke lokasi lainnya juga cukup dekat. Bagi pengunjung yang menginap di Hotel Mercure tentu bisa mendapatkan view pantai yang sangat indah dari kamar hotel.

Sementara pesisir pantai di kawasan ini juga sangat luas sehingga sangat cocok untuk lokasi penyelenggaraan event tertentu. Terlebih dengan adanya panggung musik yang membuat tempat ini semakin layak untuk acara besar.

7. Pantai Bende

Pantai Bende merupakan salah satu pantai Indonesia yang tidak kalah eksotis dari deretan pantai lainnya di kawasan wisata Ancol. Untuk lokasinya sendiri tidak begitu jauh dari Pantai Ria. Keberadaan jembatan kayu di tengah laut membuat pantai ini terlihat semakin indah.

Bentuk jembatan yang unik dan terlihat melengkung mampu menghadirkan suasana yang romantis, membuat siapapun akan terbawa suasana saat berada di tempat ini. Bahkan tempat ini sangat terkenal dengan dermaga cintanya yang ikonik.

Tidak heran jika banyak pengunjung yang memanfaatkan pantai ini sebagai lokasi untuk foto prewedding. Yang tidak kalah menarik untuk dinikmati di pantai ini adalah momen sunsetnya yang begitu syahdu, membuat para penikmat senja enggan untuk beranjak pulang. 

8. Pantai Pasir Putih Ancol

Pantai Pasir Putih Ancol dikenal sebagai salah satu pantai terindah di Indonesia. Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi karena menawarkan berbagai macam keindahan dan aktivitas seru di dalamnya. 

Selain bersantai dan menikmati suasana pantai, pengunjung bisa berenang, bermain pasir atau berjalan-jalan di sepanjang garis pantai. Fasilitas kereta mini yang tersedia di lokasi wisata ini juga tidak boleh dilewatkan karena akan mengajak wisatawan untuk berkeliling secara gratis.

Tentunya keindahan pantai pasir putih yang begitu eksotis dengan beragam fasilitas lengkap di dalamnya membuat pengunjung semakin betah. Tidak heran jika banyak wisatawan yang menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata favorit bersama keluarga.

Dengan mengetahui daftar pantai Indonesia yang berada di kawasan Ancol tersebut tentunya semakin banyak yang tertarik untuk mengunjunginya. Apalagi harga tiketnya juga murah meriah. Untuk melakukan pemesanan tiket, silakan hubungi www.ancol.com.