3 Rekomendasi Destinasi MICE Terbaik di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Pengembangan wisata bisnis berkonsep MICE atau Meetings, Inventive, Convention and Exhibition semakin diminati banyak wisatawan dan pengelola tempat wisata. MICE di Jakarta sudah dikenal banyak orang jadi tidak heran jika tidak pernah sepi pengunjung. 

Kawasan Ancol menjadi salah satu destinasi MICE yang paling populer di Jakarta dan menjadi tujuan wisata banyak orang, termasuk orang dari luar kota. Di sini, kita akan membahas tiga destinasi MICE yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Jakarta. 

3 Rekomendasi Destinasi MICE di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

1. Candi Bentar Putri Duyung Ancol

Siapa yang tidak kenal dengan Putri Duyung Ancol sebagai satu-satunya resort di kawasan Ancol dengan pemandangan laut yang menakjubkan. Resort ini menawarkan akomodasi nyaman dengan pilihan kamar berkapasitas besar yang cocok untuk rombongan. 

Bukan hanya sebagai tempat menginap, Putri Duyung Ancol juga menyediakan berbagai fasilitas yang melengkapi waktu liburan Anda agar lebih seru, misalnya kolam renang outdoor, taman yang masih asri dan beberapa fasilitas acara yang bisa dimanfaatkan. 

  • Candi Bentar Hall

Salah satu fasilitas di Putri Duyung Ancol yang sangat bermanfaat adalah adanya Candi Bentar Hall. Aula ini berlokasi di kawasan resort dengan area yang cukup luas sehingga bisa menjadi tempat untuk membuat acara spesial bersama orang-orang tercinta. 

Apalagi dengan lokasinya yang berada di tepi laut sehingga akan terlihat jelas pemandangan laut yang indah. Suasana inilah yang membuat momen atau acara menjadi lebih berkesan dan tidak terlupakan, baik bagi pemilik acara maupun tamu undangan yang hadir. 

  • Meeting Room

Destinasi MICE di Jakarta ini ternyata sering dijadikan lokasi diadakannya meeting berbagai perusahaan, pemilik bisnis atau pihak lainnya. Tempat meeting ini tentunya memberikan suasana yang berbeda dari kebanyakan tempat meeting lain karena pemandangan lautnya.

Gedung Candi Bentar Hall memiliki 5 ruang meeting dengan pemandangan laut lepas yang siap memberikan inspirasi dan suasana meeting yang menyenangkan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengadakan meeting berkesan di tempat yang berkesan pula.

  • Wedding Event

Sebagai tempat meeting saja, gedung ini sudah memberikan suasana berbeda, apalagi jika Anda menjadikan tempat untuk acara pernikahan. Sudah banyak orang yang mengadakan pernikahan di area ini karena memang pemandangan laut yang indah dan mempesona. 

Putri Duyung Resort bahkan sudah menyediakan gedung serbaguna yang biasanya digunakan khusus untuk acara pernikahan. Gedung chapel ini memiliki keindahan tersendiri yang tentunya lebih istimewa dari meeting room jadi acara pernikahan tidak akan terlupakan.

2. Ecovention - Allianz Ecopark

Destinasi MICE di Jakarta kedua yang bisa dikunjungi adalah Ecovention yang berada di Allianz Ecopark. Tempat wisata ini berada di kawasan Ancol jadi tidak akan sulit bagi Anda untuk mencari lokasinya karena strategis. 

  • Informasi Umum

Ecovention diresmikan pada tahun 2012 berupa ruang serbaguna atau multipurpose hall dengan luas hampir 5.000m2. Dengan area yang cukup luas, gedung serba guna ini bisa memuat banyak orang karena kapasitasnya yang memang cukup besar.

MICE di Jakarta terbaik ini menjadi andalan Ancol agar mendapatkan perhatian lebih banyak dari para pengunjung sekaligus para pemilik bisnis. Tempat ini buka setiap hari dan buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB jadi Anda bisa menyesuaikan waktu acara yang akan diadakan. 

Sama seperti Putri Duyung Ancol, Ecovention juga menampilkan pemandangan laut yang begitu menakjubkan. Dengan begitu, berbagai acara yang diadakan tidak akan membosankan karena suasana alam menyegarkan dan udara yang masih bersih. 

  • Cocok untuk Adakan Event atau Acara

Sesuai dengan namanya, Ecovention ini bukan hanya sekadar gedung pertemuan begitu saja tapi memiliki konsep go green. Tidak heran jika banyak perusahaan atau pihak yang berebut booking tempat ini untuk mengadakan suatu acara.

Ecovention cocok bagi Anda yang ingin mengadakan suatu event, misalnya festival, pernikahan, pesta, pertunjukan dan lain sebagainya. Kapasitasnya yang besar membuat pemilik acara bisa mengundang lebih banyak tamu.

  • Akses Jalan yang Mudah

Kelebihan lain yang dimiliki Ecovention adalah akses jalan yang sangat mudah karena lokasinya berada di kawasan Ancol atau tepatnya di Allianz Ecopark. Anda bisa menjangkau tempat ini dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum tanpa kesulitan. 

Kehadiran Ecovention memang menjadi salah satu langkah pengelola Ancol untuk ikut mendukung industri kreatif dan untuk mengembangkan bisnis MICE di Jakarta yang memang menjadi fokus pemerintah dalam bidang pariwisata. 

3. Pantai Festival

DKI Jakarta dikenal sebagai kota metropolitan yang penuh dengan orang-orang sibuk, tapi masih ada destinasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi. Salah satu objek wisata alam yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pantai Festival Ancol di DKI Jakarta Utara. 

Pantai ini bukan hanya menyuguhkan pemandangan indah dan mempesona, tapi sering dijadikan tempat mengadakan suatu festival atau MICE di Jakarta. Hal ini dikarenakan areanya yang luas jadi akan membuat acara semakin meriah. 

  • Lokasi

Pantai Festival sebenarnya masih berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol atau tepatnya di Java Sea, RW 10, Ancol, Kecamatan Pademangan, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta. Lokasinya cukup strategis jadi Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya.

  • Daya Tarik

Kawasan Ancol menyimpan banyak pantai dengan daya tariknya masing-masing, termasuk pantai festival. Seperti pantai lainnya, pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah ditambah dengan siluet bangunan-bangunan tinggi di pesisir utara ibukota.

Selain itu, Anda juga bisa melihat perahu nelayan yang berlalu-lalang, pembangkit listrik di Muara Angke dan Priuk. Kelebihan lain dari pantai ini adalah gelombang air yang relatif tenang sehingga cukup aman untuk bermain air di tepi pantai. 

Anda masih bisa melakukan aktivitas seru lain di pantai ini, seperti berkeliling dengan sepeda menyusuri pantai, jogging atau berjalan kaki, hingga menikmati festival yang diadakan pada saat itu dalam rangka MICE di Jakarta.

  • Fasilitas

Pantai Festival sudah menjadi tujuan banyak orang ketika musim libur, apalagi saat ada acara berlangsung. Tidak heran jika fasilitas yang disediakan sudah lengkap dan memadai untuk berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di pantai.

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain area parkir kendaraan, tempat istirahat, mushola, toilet, hotel, rumah makan, penyewaan perahu, hotel dan masih banyak lagi fasilitas lain yang siap memanjakan Anda.

  • Transportasi

Lokasi pantai festival terbilang sangat strategis karena berada di kawasan Ancol jadi Anda bisa menjangkaunya dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Anda bisa menggunakan Google Map dan pantai akan ditemukan dengan mudah. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum, seperti bis umum maupun angkutan. Setelah naik kendaraan umum, berhentilah di terminal bus kota Jakarta Utara lalu Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan ojek menuju lokasi pantai festival.

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan berkonsep MICE di Jakarta, jangan lupa untuk membeli tiket masuk Ancol terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan keperluan lain agar liburan berjalan lancar dan memberikan pengalaman yang berkesan.