Kereta Gantung di Jakarta Terbaik, Ada Fasilitas Sky Dining Juga Lho!

Menyaksikan keindahan Taman Impian Jaya Ancol dari kereta gantung di Jakarta adalah pengalaman yang mengesankan untuk mengisi liburan. Menariknya, wahana asyik ini merupakan gondola pertama di Indonesia. 

Pengembangan berkala menjadikan wahana ini semakin seru untuk dikunjungi. Salah satunya yaitu fasilitas makan di udara sambil menatap pesona Pantai Ancol nan luar biasa. Nah, buat yang mau melarikan diri dari rutinitas membosankan, pastikan menjadwalkan rencana akhir pekan ke sini!

Kereta Gantung di Jakarta Terbaik Pertama di Indonesia

Meski bisa dibilang sebagai kereta gantung tertua, wisata ini telah dirawat secara penuh. Gondola dikontrol menggunakan komputerisasi tercanggih guna meningkatkan keselamatan dan keamanan selama operasional.

Tidak seperti gondola biasa di daerah lainnya, gondola ini berukuran cukup besar dengan kapasitas maksimum enam orang. Total ada 37 unit kabin yang tersedia, jadi tak perlu khawatir akan antre berjam-jam.

Selama beroperasi di udara, penumpang diajak melihat Taman Impian Jaya Ancol dari perspektif berbeda. Ada hamparan Teluk Jakarta yang luas dan kalau menoleh sedikit terlihat meriahnya wahana Dufan. Bisa juga melihat pantai pasir putih yang diisi oleh berbagai aktivitas seru.

Tentunya sia-sia kalau tidak mengabadikan momen indah tersebut, jadi jangan lupa keluarkan ponsel dan pasang pose terbaik. Keseruan menyusuri lintasan 2,4 km ini semakin tak terkalahkan kalau mengajak sahabat dan keluarga.

Daya Tarik Gondola Ancol

Gondola yang menggantung 21 meter dari permukaan tanah ini setidaknya telah mengundang hingga 5 juta pengunjung sejak pertama kali diresmikan. Daya tariknya yang membuat wisata ini diburu oleh banyak orang dari luar maupun dalam kota Jakarta. Ada apa saja? Yuk cek pembahasan berikut:

1. Sensasi ‘Terbang’ yang Unik

Sudah siap buat bertualang dari atas Taman Impian Jaya Ancol? Silakan ambil tempat duduk dan nikmati keindahan sarana rekreasi menyenangkan dari atas. 

Kabin gondola dirancang dengan sejumlah fitur menarik, salah satunya yaitu lantai kaca transparan yang memungkinkan penumpang untuk melihat panorama secara lebih luas. Ruangan kabin yang airy juga mencegah munculnya rasa sesak meski kabin full.

Selain menikmati keindahan Ancol, penumpang diajak bermain peran seperti sedang melakukan pertempuran luar angkasa saat melewati Stasiun B. Sayangnya, stasiun ini bukanlah pemberhentian. Tetapi penumpang tetap bisa merekam untuk menyimpan momen tak terlupakan tersebut.

2. Menyantap Hidangan Lezat di Udara 

Buat yang mencari pengalaman dining anti-mainstream sayang sekali kalau belum mencoba sky dining dari kereta gantung di Jakarta ini. Memang kebanyakan pemilih fasilitas ini adalah pasangan muda, namun rombongan keluarga pun bisa turut merasakan sensasi makan di udara.

Fasilitas yang mendukung menambah asyiknya pengalaman ini. Tinggal pilih mau paket kuliner yang diinginkan dan harganya bisa ditebus mulai dari Rp250.000. Kabin akan terus bergerak selama kurang lebih 90 menit.

Pada akhir dari waktu tersebut, penumpang pun bisa lanjut jalan-jalan ke sarana rekreasi lainnya dengan perut kenyang. Jangan lupa catat jadwal sky dining ini, yaitu pukul 11.00 dan 14.00 WIB.

3. Buka Puasa Spesial Setiap Ramadhan

Biasanya Gondola Ancol menyelenggarakan acara Iftar in the Sky. Sebuah pengalaman buka puasa dari ketinggian kota Jakarta. Sambil ditemani dengan cahaya hangat dari matahari terbenam dan canda tawa oleh orang terdekat, tak akan ada yang mengalahkan sensasi ini.

Daya tarik kereta gantung di Jakarta ini terbilang baru. Pastikan melakukan reservasi H-1, pasalnya tidak bisa pesan langsung di tempat. Sama seperti konsep sky dining, penumpang akan disuguhkan dengan beberapa ronde hidangan mulai dari appetizer, main course dan dessert.

Untuk bisa layanan buka puasa ini, bisa memilih dari pilihan paket yang ditawarkan. Harganya dimulai dari Rp250.000. 

Paket The Pier 1 menjadi salah satu paket yang banyak disukai, dengan menu seperti Bubur Sumsum, Chicken Parmesan Pasta, Cinnamon Apple Pie dan pilihan cold beverage menyegarkan. Pastikan selalu pantau website dan sosial media Ancol apabila ingin buka puasa pada Ramadhan selanjutnya.

4. Berburu Sunset dengan Cara Tak Biasa

Beroperasi hingga menjelang sore hari, wahana ini termasuk dalam spot berburu sunset paling menawan. Kalau biasanya mengambil foto matahari terbenam dari ground level, waktunya naikkan permainan fotografi dan jepret dari ketinggian.

Selain itu, penumpang pastinya puas menikmati keindahan langit sore Ancol melalui jendela kabin yang besar dan jernih. Hampir semuanya terpukau dengan gradasi langit jingga yang perlahan membaur dengan birunya laut yang jernih. 

Ditambah beberapa perahu nelayan yang sedang pulang semakin menambah kecantikan panorama ini. Dijamin ingin berlama-lama mengamati sunset dari atas. Maka dari itu, siapkan ruang memori sebanyak-banyaknya, biar puas mengambil foto pemandangan.

5. Kabin yang Nyaman buat Hangout

Pergi bersama teman-teman rasanya tidak pernah kehabisan topik pembicaraan. Kereta gantung di Jakarta bisa menjadi wadah sebagai salah satu spot hangout terasyik. 

Perjalanan selama 90 menit tidak akan terasa monoton apabila diramaikan oleh senda gurau sahabat. Apalagi, kabin dilengkapi oleh sejumlah kipas yang membuat udara di dalamnya terasa sejuk.  

Stasiun Gondola Ancol

Untuk menumpangi gondola ini, pengunjung bisa mendatangi stasiun yang menerima pemberhentian. Saat ini tersedia tiga stasiun yang berada di lokasi berbeda-beda, di antaranya Stasiun A Pantai Festival yang bisa dijumpai di belakang Dufan. 

Stasiun B Pantai Indah yang tak jauh dari Putri Duyung Cottage, sedangkan Stasiun C Teater Mobil berlokasi dekat dari Sea World, Atlantis Water Adventure dan Ocean Dream Samudra.

Namun perlu dicatat, Stasiun B tidak digunakan untuk pemberhentian. Pengunjung harus mengunjungi Stasiun A dan C apabila ingin naik atau turun dari kereta gantung di Jakarta

Stasiun juga dibangun dengan mementingkan kenyamanan pengunjung, seperti adanya toilet dan tempat makan. Jadi tak perlu capek-capek turun ke bawah. 

Fasilitas Gondola Ancol

Tak banyak yang membicarakan ini, padahal Gondola Ancol merupakan wahana seru yang bukan hanya membawa penumpang dari satu stasiun ke stasiun lain. Ada beragam fasilitas permainan asyik dan mengesankan di area ini.

Pastikan tidak melewatkan wahana 3D Trick Art buat yang suka koleksi swafoto. Ingin memacu adrenalin? Bisa coba Adrenaline Swing dan Adrenaline Cabin. Observation Deck juga tak kalah memukau, karena pengunjung bisa memandangi kecantikan Ancol dari atas.

Selain wahana-wahana tersebut, Gondola Ancol mempunyai fasilitas toilet, tempat makan, kabin non-AC, hingga layanan sky dining. 

Jam Operasional Gondola Ancol

Berencana mengunjungi Gondola Ancol bersama orang terdekat? Jangan lupa ingat jam operasionalnya biar tidak salah. Berikut informasinya:

Weekday11.00 sampai 17.00 WIB
Weekend10.00 sampai 17.00 WIB

Harga Tiket Gondola Ancol

Nikmati keseruan mengudara di atas Ancol dan Teluk Jakarta dengan menebus tiket per orang seharga Rp60.000 saat weekday dan Rp70.000 saat weekend. 

Alamat Gondola Ancol

Wisata yang berada di Taman Impian Jaya Ancol ini mempunyai alamat Jalan Lodan Raya, Pademangan Tim., Jakarta Utara. 

Mau ikutan merasakan sensasi keseruan terbang di udara juga? Ayo, ajak teman atau keluarga dan dapatkan tiket kereta gantung di Jakarta hanya di Ancol.com. Ini akan menjadi liburan yang menyenangkan!