Kebun Binatang di Jakarta Terbaik, Ada Satwa Langka dan Aktivitas Seru!

Mengenalkan buah hati tentang berbagai flora dan fauna adalah agenda asyik untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Bukan hanya anak-anak saja, orang dewasa pun bisa menikmati wisata edutainment di kebun binatang di Jakarta yang bernama Faunaland.

Pernah dengar sebelumnya? Tempat wisata ini berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Memiliki luas hingga 5 hektare, Faunland menjadi rumah bagi spesies dari Asia dan Australia, mulai dari jenis yang unik hingga langka. Para pecinta flora dan fauna, wajib sekali mampir ke sini!

Sekilas Tentang Faunaland

Tidak banyak yang tahu bahwa Ancol punya kebun binatang eksotis dengan koleksi satwa dari berbagai tempat. Kawasan ini dibagi menjadi dua, yaitu daratan dan perairan. Satwa diberikan habitat replika yang mirip dengan aslinya.

Meski namanya Faunaland, wisata ini juga memamerkan beragam flora menarik. Pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa alam yang teduh dan nyaman. Berkat rimbunnya pepohonan, pengunjung seakan dibuat lupa dari hiruk pikuk kota Jakarta.

Jalan santai bersama keluarga tersayang dan melihat berbagai satwa yang biasanya hanya ada di buku atau acara televisi. Kegiatannya pun tidak hanya itu, pengunjung bisa memberi makan beberapa satwa tertentu.

Untuk yang ingin bersantai bisa sambil menonton Bird Show. Jangan lupa abadikan momen ketika burung terbang di atas kepala. Pertunjukan ini memang patut untuk tidak dilewatkan.

Aktivitas Menarik di Faunaland

Saking banyaknya daya tarik dan aktivitas di kebun binatang di Jakarta terbaik ini, pengunjung tidak akan bosan meski sudah datang berulang kali. Aksi satwa-satwa yang menggemaskan selalu berhasil membuat hati lebih riang. Yuk kenali apa saja yang bisa dilakukan di wisata ini sebagai berikut:

1. Berpetualang Menyusuri Sungai

Sedang dalam mood untuk bertualang? Wahana ini dirancang untuk pengunjung yang suka belajar sambil bermain. Namanya adalah Safari River Cruise. Dari namanya saja terdengar keren, makanya wahana ini wajib sekali untuk dicoba.

Nantinya pengunjung akan menaiki perahu untuk menyusuri sungai. Kapasitas satu perahu cukup besar dan bisa menampung satu rombongan keluarga. Perahu tersebut akan mengayuh mengelilingi kawasan Faunaland.

Pengunjung bisa melihat keberagaman flora yang tumbuh di bantaran sungai. Ada juga satwa ular dan buaya yang bisa dilihat dengan jelas. Tetapi itu hanya patung realistis untuk memacu adrenalin pengunjung yang lewat.

Suasana yang dihadirkan mirip dengan hutan Amazon. Soal keamanan pun terjamin, setiap penumpang kapal akan mendapatkan pelampung.

2. Beri Makan Singa Putih

Ada yang tahu dari mana singa putih berasal? Bagi yang belum tahu, satwa ini berasal dari Afrika. Pengunjung pun tak usah jauh-jauh ke Afrika hanya untuk melihatnya. Di kebun binatang di Jakarta ini, habitat satwa ini dibatasi oleh kaca saja.

Jelas, pengunjung bisa semakin terpukau dengan keindahan singa putih. Untuk yang ingin berinteraksi lebih dekat dapat memberi makan langsung. Sebetulnya tidak benar-benar langsung, nantinya pengunjung tinggal memasukkan sepotong daging pada corong yang masuk ke kandang.

Singa yang mendekat bisa makan daging tersebut. Pastikan tidak memasukkan tangan terlalu dalam ke corong untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Beri Makan Spesies Kuda

Pengunjung anak-anak bisa berlatih menaiki kuda melalui aktivitas Pony Rider. Ada tutor yang juga mengedukasi pengunjung tentang hal-hal terkait kuda pony.

Selain menaiki kuda, pengunjung memiliki kesempatan untuk memberi makan kuda-kuda menggemaskan tersebut dengan tangan sendiri. Pengunjung juga dapat berinteraksi lebih dekat karena kuda cukup jinak dan ramah. 

Melihat kuda-kuda lucu tersebut, pastinya anak-anak semakin asyik bermain di Faunaland.

4. Foto Bareng Burung yang Jinak

Buat yang tidak kesampaian untuk menangkap foto burung dari Bird Show, kenapa tidak coba foto bareng berbagai burung jinak dengan bulu-bulu super indah? Cobalah melangkah menuju photobooth khusus dan pengunjung bisa memilih untuk berswafoto dengan spesies favorit.

Pilihannya sangat beragam dan semuanya menggemaskan. Burung-burung telah dilatih sehingga jinak jika diajak berswafoto. Petugas juga dengan senang hati akan membantu pengunjung mendapatkan foto terbaik.

Pengunjung akan diberikan sarung tangan untuk mencegah cakar burung melukai kulit. Pasang foto terbaik dan jadikan foto tersebut sebagai bukti pernah mampir ke kebun binatang di Jakarta ini.

5. Nonton Bird Show

Bird Show adalah atraksi yang paling ditunggu-tunggu pengunjung Faunaland. Buat yang mau ikutan nonton berbagai spesies burung cerdas tampil penuh pesona, pastikan luangkan waktu dan stand by pada pukul 11 siang atau 4 sore.

Itulah jadwal rutin kapan acara dimulai. Bawa kacamata hitam atau topi supaya terasa lebih teduh saat menyaksikan Bird Show di alam terbuka. Pengunjung bisa mengenali lokasi pertunjukan ketika melihat deretan kursi yang rapi atau bertanya pada petugas yang berjaga.

Pastikan duduk pada kursi yang disediakan. Pengunjung tidak berkenankan untuk menonton sambil berdiri. Pasalnya burung akan dibebaskan seperti di alam liar dan seringkali terbang di atas kepala. Para pelatih profesional yang nantinya membawa acara ini menjadi semakin menarik.

Siap-siap tertawa dengan penampilan lucu dan seru oleh burung raptor dan burung hornbill yang telah dilatih hingga jinak. Jangankan anak-anak, orang dewasa pasti terhibur saat menontonnya.

6. Berinteraksi dengan Satwa Unik

Singa putih memang bintang utama dari kebun binatang di Jakarta ini. Namun pengunjung tak boleh lupa untuk melihat satwa menarik lainnya. Ada kanguru putih, keledai mini, kura-kura raksasa, macan dahan dan masih banyak lagi. 

Pengunjung dapat melihat bagaimana kehidupan sehari-hari mereka di habitat yang serupa dengan aslinya. Layaknya singa putih, pengunjung yang tertarik untuk berinteraksi lebih dekat dengan kanguru putih, kura-kura raksasa dan keledai mini bisa memberi makan secara langsung.

Tentunya ini adalah pengalaman sekali dalam seumur hidup yang mengesankan. Tenang, satwa didampingi oleh penjaga sehingga sangat aman.

Fasilitas di Faunaland

Kebun binatang di Jakarta ini menempati lahan yang cukup luas. Guna kenyamanan pengunjung, berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • Mushola
  • Toilet umum
  • Area parkir
  • Mushola

Memang belum ada food court di area Faunaland, pengunjung bisa berjalan sedikit dan keluar menuju tempat makan di Allianz Ecopark untuk mengisi tenaga kembali.

Rute ke Faunaland

Kemudahan transportasi menuju wisata ini menjadi alasan mengapa kebun binatang di Jakarta ini ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah.

Pilihan transportasi umum yang tersedia pun cukup memadai. Pengunjung dari Bogor, Tangerang, Depok, Serpong dan Bekasi bisa menggunakan kereta.

Untuk menuju lokasi, dilanjut menggunakan busway TransJakarta. Pilih dengan rute Ancol. Bisa juga menggunakan bus umum dengan rute Blok M-Ancol, Grogol-Ancol dan Grogol-Tanjung Priok. 

Sementara yang lokasinya lebih dekat dari Ancol, silakan gunakan angkot M15 atau M15A. Menggunakan kendaraan pribadi juga pilihan yang bagus apabila ingin lebih cepat dan praktis.

Lokasi dan Harga Tiket Faunaland

Informasi lokasi dan harga tiket bisa dilihat pada tabel berikut ini:

Biaya RetribusiRp75.000/orang
AlamatEcovention Building – Ecopark, Jln. Lodan Raya, Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara

Perlu dicatat, kebun binatang di Jakarta ini beroperasi dari pukul 09.00-16.00 WIB setiap hari. Silakan jadikan ini rencana bersenang-senang bersama keluarga dan lakukan pemesanan tiket melalui Ancol.com.