Kebun Binatang di Indonesia Terbaik, Ada Satwa Langka dan Aktivitas Seru!

Ingin bepergian ke destinasi wisata edukatif? Jika menginginkannya, maka lebih baik langsung pergi ke salah satu Kebun Binatang di Indonesia. Di kebun binatang, pengunjung terutama anak-anak bisa melihat secara langsung dengan aman berbagai jenis hewan atau satwa.

Faunaland maupun Jakarta Bird Land yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol merupakan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Penasaran akan daya tarik dua objek wisata Ancol ini? Yuk, simak artikel di bawah ini tentang rekomendasi Kebun Binatang di Jakarta!

Mengenal Lebih Dekat Faunaland

Faunaland merupakan wahana kebun binatang yang cocok dikunjungi untuk mengenal berbagai satwa dari Asia, Australia, dan berbagai wilayah lainnya. Binatang yang dipelihara dan dirawat di sini bukan hanya hewan darat, tetapi ada juga beragam hewan yang tinggal di perairan.

Oleh karena itu, kawasan Faunaland dibagi menjadi dua zona utama, yaitu daratan dan perairan. Seluruh kawasan zona tersebut memiliki desain seperti habitat asli binatang yang tinggal di dalamnya agar terasa lebih nyaman.

1. Berinteraksi dengan Berbagai Satwa

Jika ingin melihat satwa unik, maka coba saja datang ke Faunaland untuk melihat singa putih. Satwa bertubuh besar ini berasal dari Afrika! Menariknya, pengunjung bisa memberi makan singa putih tersebut dengan cara memasukkan daging  melalui corong yang terhubung dengan kandang singa.

Selain memberi makan singa putih, pengunjung juga bisa memberi makan berbagai spesies kuda secara langsung. Aktivitas ini cukup aman dilakukan karena kuda-kuda tersebut jinak dan ramah. Di lokasi ini juga terdapat penjaga kuda yang mengawasi.

Kebun Binatang di Indonesia yang satu ini juga memiliki beragam satwa unik lainnya. Misalnya, keledai mini, kanguru putih, kura-kura raksasa, dan lainnya. Pengunjung juga bisa memberi makan dan menyentuh langsung satwa unik tersebut dengan pengawasan dari masing-masing penjaga professional.

Jika liburan di Faunaland, maka jangan lewatkan kesempatan untuk berfoto bersama burung jinak. Foto Anda pasti akan terlihat unik karena burung-burung jinak tersebut memiliki bulu cantik berwarna-warni. Pengunjung harus menggunakan sarung tangan khusus di lengan tetap aman ketika burung bertengger.

2. Menjelajahi Faunaland dengan Perahu

Kondisi Kebun Binatang di Indonesia yang satu ini terlihat cukup asri dengan beragam jenis pepohonan dan tanaman. Keindahannya dapat dinikmati dengan mencoba wahana Safari River Cruise. Pengunjung dapat menaiki perahu dan menyusuri sungai yang mengelilingi kawasan Faunaland.

3. Menyaksikan Bird Show

Faunaland bukan hanya tempat untuk berinteraksi langsung dengan berbagai satwa menarik. Uniknya, kebun binatang yang satu ini juga menawarkan pertunjukan burung atau Bird Show untuk semua pengunjung.

Atraksi yang satu ini menjadi salah satu tontonan yang paling ditunggu oleh pengunjung. Bird Show di Faunaland bisanya diadakan pada pukul 11.00 atau 16.00 WIB. Pastikan untuk mengantri terlebih dahulu agar tidak tertinggal menyaksikan atraksi berbagai jenis burung.

Burung-burung yang ada di dalam pertunjukan ini akan memainkan beberapa atraksi sesuai instruksi pelatihnya. Pastinya semua atraksi tersebut akan menarik dan lucu, sehingga menghibur semua pengunjung yang menyaksikannya.

4. Fasilitas Faunaland

Faunaland merupakan destinasi wisata termasuk murah karena harga tiketnya hanya Rp 75.000 per orang. Meskipun murah, Faunaland tetap memberikan fasilitas terbaik untuk para pengunjung. Misalnya, mushola, toilet, area parkir, jalan setapak, tempat sampah, dan berbagai wahana.

Jika ingin membeli makan atau minum, maka pengunjung bisa mengunjungi food court yang ada di area Ecopark Ancol. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Faunaland dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Apakah Anda tertarik mengunjunginya bersama keluarga? Jika tertarik mengunjungi Faunaland, maka datanglah sekitar pukul 09.00 pagi hingga 16.00 WIB di sore hari.

Mengenal lebih Dekat Jakarta Bird Land

Selain Faunaland, contoh Kebun Binatang di Indonesia lainnya adalah Jakarta Bird Land. Destinasi wisata yang satu ini juga berada di dalam kawasan Ancol. Seperti namanya, objek wisata ini lebih fokus untuk memelihara beragam jenis burung yang berasal dari berbagai daerah.

Seperti apa keseruan berwisata di Jakarta Birdland? Jika penasaran, maka berikut ini beberapa informasi mengenai Jakarta Bird Land, yaitu:

1. Berinteraksi dengan Burung Makau dan Kakatua

Berinteraksi langsung dengan Burung makau Amerika dan Kakatua dari Indonesia pasti akan menjadi pengalaman menyenangkan. Pengunjung bisa memberi makan kedua jenis burung tersebut dan berfoto bersamanya.

Selain itu, pengunjung juga bisa mendapat ilmu dan wawasan tambahan tentang burung Makau dan Kakatua. Berwisata sambil belajar di Jakarta Bird Land pasti akan terasa menyenangkan!

2. Berkenalan dengan Burung Hornbill

Berkunjunglah ke area Hornbill Family untuk berkenalan langsung dengan burung yang memiliki paruh melengkung ini. Burung Hornbill atau Rangkong memang unik karena memiliki paruh melengkung besar yang penuh warna terang.

Para pengunjung juga akan mendapat kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan burung Hornbill betina.

3. Mengunjungi Area Burung Pemangsa

Kebun Binatang di Indonesia yang satu ini juga memiliki area atau zona burung pemangsa. Di dalamnya terdapat berbagai jenis burung pemangsa, seperti elang, alap-alap, dan lainnya. Pengunjung tidak boleh berinteraksi secara langsung oleh burung-burung pemangsa tersebut.

Namun, pengunjung tetap bisa menikmati atraksi memukau dari para burung pemangsa di Jakarta Bird Land.

4. Menyaksikan Beragam Pertunjukan Mini

Aktivitas yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Jakarta Bird Land adalah menyaksikan beragam mini show beragam jenis burung. Mini show yang diadakan di destinasi wisata ini diadakan sebanyak empat kali.

Pertunjukan pertama akan menampilkan berbagai jenis Makau, Pelikan, Bebek Mandarin, dan lainnya. Mini show ini berlangsung di area Water Bird dan American Macaw. Pertunjukan kedua menampilkan aneka burung Rangkong, Triton, Alba, Jambul Kuning, dan lainnya di Area Rangkong dan Kakatua.

Jika ingin melihat burung Beo, Betet, dan Sun Conure melakukan atraksi, maka jangan lewatkan mini show ketika. Pertunjukan ketiga Jakarta Bird Land ini diadakan di area Aviary. Sementara itu, pertunjukan keempat diadakan di area Free Range dengan penampilan burung Merak dan jenis burung lainnya.

5. Pertunjukan Utama

Jakarta Bird Land sebagai salah satu Kebun Binatang di Indonesia memiliki pertunjukan utama yang sangat besar. Pertunjukan burung terbesar ini diadakan di area tribun utama. Tribun utama tersebut memiliki ukuran besar hingga mampu menampung penonton sebanyak 850 orang.

Main Show atau pertunjukan utama dilakukan sebanyak dua kali dalam satu hari ketika weekend. Sementara itu, ketika weekdays pertunjukan hanya dilakukan sebanyak satu kali. Pertunjukan ini mempertontonkan atraksi dari 5 jenis burung berbeda bahkan lebih. Pertunjukan utama dari berbagai jenis burung tersebut dijamin akan terlihat menarik dan menghibur semua pengunjung!

Ketika liburan langsung saja datang ke Kebun Binatang di Indonesia, seperti Faunaland dan Jakarta Bird Land. Kedua kebun binatang ini berada di kawasan Ancol, jadi pengunjung juga bisa bermain di berbagai tempat wisata lainnya. Langsung saja beli tiket Ancol!