Istana Boneka Dufan, Tempat Wisata Warna-warni Menggemaskan!

Dufan (Dunia Fantasi) yang berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol menjadi destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Terdapat banyak pilihan wahana menyenangkan, seperti Istana Boneka Dufan. Wahana yang satu ini identik dengan dekorasi penuh warna yang menggemaskan.

Selain dekorasi yang terlihat menarik, Istana Boneka juga menjadi objek wisata edukatif bagi anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Jika tertarik mengunjunginya, maka simak dulu detail review tentang Istana Boneka penuh warna melalui artikel ini!

Review Istana Boneka Dufan

Tidak lengkap rasanya ketika berlibur ke Dufan tetapi belum masuk ke dalam Istana Boneka. Wahana yang satu ini memang sudah menjadi salah satu ciri khas dari Dunia Fantasi. Berikut ini informasi lebih lengkap tentang review wahana Istana Boneka yang ada di Dufan, yaitu:

1. Desain dan Gaya Arsitektur Bangunan

Desain Bangunan Istana Boneka tampak menarik karena dibangun dengan mengusung konsep Eropa klasik. Suasana tempo dulu terasa amat kental sehingga sanggup membuat setiap pengunjung terpukau. 

Di bagian dalamnya terdapat pencahayaan di dalamnya agak minim, khususnya ketika melewati lorong-lorong air. Namun, kondisi ini membuat dekorasi lampu di sepanjang lorong air terlihat lebih jelas dan mencolok.

Sementara itu, pada bagian luar bangunan tampak berwarna-warni, sangat sesuai dengan selera anak-anak. Destinasi wisata yang dibangun sejak tahun 1985 ini tersusun dari beberapa pilar hingga membentuk sebuah istana besar nan megah.

Berbeda dengan gaya bangunannya yang bernuansa Eropa klasik, ornamen di dalamnya justru kental akan budaya Indonesia. Diorama-diorama boneka yang merepresentasikan suku tertentu di Nusantara merupakan pemandangan menarik untuk dinikmati sekaligus menambah wawasan.

2. Kapasitas dan Daya Tampung

Istana Boneka Dufan Ancol memiliki antrian pengunjung yang panjang terutama ketika hari libur. Kapasitasnya cukup besar dengan daya tampung hingga 336 orang. Banyak wisatawan yang datang untuk menyaksikan ratusan boneka di dalamnya, khususnya ketika memasuki momen libur sekolah.

Setidaknya ada 600 boneka terpajang di Istana Boneka dengan ciri khas dan karakteristik yang berbeda. Belum lagi jika memperhitungkan lorong-lorong air buatan yang mengelilinginya. Dapat dibayangkan betapa luasnya spot cantik dan menggemaskan ini, bukan?

3. Ragam Boneka dan Dekorasi

Istana Boneka Dufan merupakan spot wajib yang harus dikunjungi ketika liburan bersama anak-anak ke kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Jumlah boneka yang sangat banyak hingga 600 boneka pasti membuat suasana terasa menyenangkan dan menarik untuk anak-anak.

Boneka-boneka di dalam Istana Boneka didesain dengan gaya animatronik yang ciamik. Boneka-boneka tersebut dapat bergerak secara dinamis walaupun belum menyamai gerakan manusia seutuhnya. Kesan nyata yang ditawarkan oleh Istana Boneka sukses menarik perhatian dan antusias anak kecil.

Meskipun animatronika modern sudah menjadi hal lumrah diterapkan di berbagai wahana hiburan, keanekaragaman boneka di dalam destinasi ini patut diacungi jempol. Dekorasinya juga erat kaitannya dengan budaya Indonesia sehingga cocok dijadikan sebagai sarana edukatif.

Pameran pakaian adat yang mewakili beragam suku di Indonesia dan kekayaan alam setiap daerah akan menambah wawasan wisatawan. Setiap boneka di dalam objek wisata ini memang tidak diciptakan begitu saja, melainkan ada makna kebudayaan Nusantara yang terkandung di baliknya.

Koleksi boneka animatronik dengan gaya dan warna berbeda seperti merepresentasikan persatuan di wilayah Indonesia. Selain itu tujuan hiburan, seluruh konsep dan desainnya juga dapat dijadikan sarana untuk mengedukasi para pengunjung.

4. Iringan Musik

Wisata Istana Boneka ini dimeriahkan oleh iringan musik yang membuatnya semakin menarik. Destinasi wisata ini bahkan memiliki iringan lagu yang melegenda. Wisatawan bisa langsung mengingatnya pada kunjungan pertama kali.

Liriknya berisi tentang keindahan bumi pertiwi dengan semua keanekaragaman yang ada. Sangat menarik, bukan?

Iringan musik yang ceria akan langsung terdengar begitu memasuki Istana Boneka. Destinasi wisata ini sudah beroperasi sejak tahun 1985, sehingga tampaknya juga memberikan kesan nostalgia bagi orang dewasa yang dulu pernah berkunjung sewaktu masih kecil.

Dufan yang mengadopsi konsep fantasi melalui wahana ini berhasil membuat imajinasi anak-anak tersalurkan. Bagi wisatawan lokal dengan kelahiran tahun 1990-an barangkali akan teringat masa kecil saat berkunjung ke sini pada usia dewasa.

Iringan musik akan menemani perjalanan selama berada di kawasan Istana Boneka Dufan. Lagunya kadang terdengar sayup-sayup dan kadang pula menjadi lebih keras sesuai lokasi keberadaan wisatawan.

Menariknya, terdapat lebih banyak musik pengiring di destinasi ini. Lagu-lagu berbeda terdengar dari berbagai macam blok diorama boneka sesuai dengan ciri khas budaya yang sedang ditampilkan. Selain Indonesia, ada juga diorama asal negara lain. Sangat menarik, bukan?

4. Fasilitas Pengunjung

Fasilitas Istana Boneka Dufan cukup lengkap, sehingga para pengunjung bisa merasa nyaman ketika liburan di sini. Pendingin ruangan atau AC yang berada hampir di setiap sudut tidak akan membuat pengunjung merasa gerah, meskipun saat itu Istana Boneka sedang ramai dikunjungi wisatawan.

Hawa sejuk akan langsung mengenai tubuh pengunjung ketika melewati gerbang Istana Boneka. Lampu aneka warna menerangi destinasi ini sehingga menciptakan suasana yang agak misterius. Ditambah lagi keberadaan boneka menyerupai spirit doll akan membuat sebagai orang mungkin menganggapnya mistis.

Fasilitas lainnya yang bisa dinikmati adalah space cukup luas untuk mengantri di bagian depan loket penukaran tiket. Biasanya pengunjung akan membludak ketika memasuki hari libur sekolah. Kondisi di dalam Istana Boneka yang sejuk layaknya healing bagi wisatawan di taman hiburan Dunia Fantasi.

Istana Boneka juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang wisata lainnya. Misalnya, tempat sampah, loket tiket, bangku-bangku untuk istirahat, jalur untuk penyandang disabilitas, dan lain sebagainya.

Wahana di dalam Istana Boneka

Balok-balok diorama boneka dengan latar belakang yang representatif terhadap budaya Indonesia menjadi pemandangan lumrah di Istana Boneka Dufan. Setiap diorama menampilkan suku tertentu, sehingga akan membuat siapapun sadar tentang luasnya keberagaman di negara ini.

Pengunjung harus menaiki perahu jika ingin mengelilingi kawasan Istana Boneka. Wahana air di dalam istana boneka ini memiliki kapasitas cukup besar untuk menampung para pengunjung.

Terdapat lorong-lorong air yang menghubungkan setiap blok diorama dari pintu masuk hingga pintu keluar. Butuh waktu sekitar 15 sampai 18 menit untuk menyelesaikan perjalanan melewati lorong-lorong tersebut.

Penjelajahan dilakukan dengan menggunakan perahu yang bisa ditumpangi beberapa orang sekaligus. Tidak perlu khawatir akan merasa gerah sebab di dalam sini terdapat AC. Suasana wahana Istana Boneka ini benar-benar terasa syahdu, sehingga mampu meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

Wahana Istana Boneka ini cocok untuk liburan bersama keluarga karena dibuat dengan mempertimbangkan kepentingan ibu hamil dan anak kecil. Tempatnya nyaman, sejuk, dan edukatif. Dilengkapi cahaya yang temaram, penjelajahan di Istana Boneka semakin menyenangkan.

Istana Boneka Dufan di kawasan Ancol menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan terutama ketika liburan bersama anak-anak. Jika tertarik mengunjungi Istana Boneka, maka langsung saja beli tiket Ancol melalui website https://www.ancol.com/.