Faunaland Ancol : Wisata Edukasi Untuk Si Kecil

Berlibur dapat dijadikan sebagai salah satu ajang mengedukasi si kecil. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak buah hati berlibur ke tempat baru yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Salah satu tempat liburan tersebut adalah Faunaland Ancol.

Terletak di kawasan ibu kota, membuat objek wisata ini sangat mudah dijangkau. Akses ke tempat ini sangatlah mudah karena diapit oleh gerbang tol. Selain itu, ada banyak sekali jenis transportasi umum yang dapat digunakan untuk menuju Faunaland di Ancol ini.

Hal Menarik yang Ditawarkan Oleh Faunaland Ancol

Mungkin Faunaland terlihat seperti kebun binatang pada umumnya. Namun ternyata terdapat beberapa hal menarik yang membedakan Faunaland ini dengan kebun binatang lainnya. Dijamin pengunjung akan memperoleh pengalaman yang tak terlupakan setelah berkunjung ke Faunaland.

Adapun beberapa hal menarik yang ditawarkan oleh Faunaland kepada pengunjung adalah:

1. Dapat Melihat Singa Putih dengan Lebih Dekat

Hal menarik pertama yang ditawarkan oleh Faunaland di Ancol adalah pengunjung dapat melihat singa putih secara dekat. Biasanya, pada kebun binatang biasa, singa putih ditempatkan pada kendang dengan jarak yang jauh dari pengunjung.

Namun pada tempat ini, singa putih diletakkan pada gendang yang terbuat dari kaca. Dengan demikian, pengunjung dapat melihat penampakan singa putih secara lebih dekat dari bagian luar kaca.

Dengan melihat singa putih secara dekat, si kecil akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Pengunjung tenang saja karena kaca yang digunakan untuk kendang singa putih adalah kaca yang tebal dan sudah terjamin keamanannya.

2. Dapat Memberikan Makan Singa Putih Secara Langsung

Selain dapat melihat singa putih secara langsung, pengunjung juga dapat memberi makan secara langsung. Tenang saja, kegiatan pemberian makan ini sangat terjamin keamanannya sehingga pengunjung tidak perlu khawatir.

Pemberian makan singa putih ini dilakukan melalui corong kecil yang ada di bagian kendang kaca. Namun, meskipun keamanannya sudah terjamin, pengunjung tetap harus waspada dalam memberikan makan singa ini.

Jangan sampai tangan Anda terlalu masuk ke dalam lubang pada saat memberi makan pada singa. Selain itu, jika pemberian makan dilakukan oleh anak-anak, maka harus selalu didampingi oleh orang dewasa dan juga pengurus kandang singa putih.

3. Berkeliling dengan Sampan

Area Faunaland Ancol tidak hanya terdiri dari daratan, melainkan perairan juga. Jika berkunjung ke tempat wisata ini, tak lengkap rasanya jika tidak berkeliling area perairan dengan menggunakan sampan.

Wahana ini sangatlah digemari oleh para pengunjung. Terbukti dengan banyaknya antrian pengunjung yang ingin menaiki sampan ini. Namun, meskipun Lelah mengantri, pengunjung tidak akan merasa kapok karena sebanding dengan pengalaman yang didapatkan.

Sambil mengelilingi area perairan, pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitar yang sangat asri. Selain itu, terdapat juga para satwa yang sedang beraktivitas di sekitar perairan tersebut. 

Kegiatan ini tentu saja jarang ada di kebun binatang pada umumnya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berwisata ke kebun binatang, maka wajib memasukkan Faunaland ini ke dalam list tempat yang harus dikunjungi.

4. Iringan Lagu Khas Papua

Tempat wisata ini memang mengusung tema Papua. Dengan demikian, pengunjung dapat melihat ada banyak sekali sentuhan Papua yang ada di tempat wisata ini. Selain sentuhan Papua yang ditambahkan, pihak pengelola juga memberikan iringan lagu yang khas.

Iringan lagu yang digunakan adalah lagu-lagu khas Papua. Dengan adanya iringan lagu ini, maka pengunjung dapat merasakan suasana alam Papua ketika sedang berkeliling tempat wisata binatang ini.

5. Menunggang Kuda Pony

Hal lainnya yang dapat dilakukan pada saat berkunjung ke Faunaland Ancol ini adalah kegiatan menunggang kuda pony. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak disukai oleh pengunjung terutama anan-anak.

Pada wahana ini, pengunjung dapat mengenal kuda pony dengan lebih dekat. Selain itu, pengunjung dapat menunggangi kuda pony untuk mengelilingi lingkungan sekitar kendang kuda. 

Dengan adanya wahana ini, para orang tua dapat melatih keberanian si kecil. Tenang saja, kegiatan ini sangat aman karena peralatan keamanan yang digunakan pada saat menunggang kuda pony sudah memenuhi standar keselamatan.

6. Melihat Bird Show

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Faunaland Ancol adalah melihat Bird Show. Pertunjukkan ini diadakan di Faunaland pada jam 11 siang. Pengunjung yang ingin meyaksikkan pertunjukkan ini dapat duduk di tempat yang telah disediakan. 

Pada saat pertunjukkan dimulai, pengunjung tidak boleh berdiri karena burung-burung akan berterbangan secara bebas di atas kepala penonton. Akan ada berbagai pertunjukkan yang akan ditampilkan pada Bird Show ini.

Adapun jenis burung yang digunakan untuk pertunjukkan ini adalah burung berjenis hornbill dan juga burung berjenis raptor. Pengunjung tidak perlu khawatir mengenai keamanan dari pertunjukkan ini karena semua burung yang ditampilkan sudah terlatih.

7. Mengunjungi Pulau Burung

Jika pengunjung masih belum puas dalam melihat burung, Faunaland juga memiliki pulau burung. Di tempat ini, pengunjung bebas berinteraksi dengan berbagai macam burung. Bahkan burung-burung ini dibiarkan bebas di dalam pulau ini.

Pengunjung pun dapat dengan bebas Melihat burung-burung berterbangan dan bertengger pada batang-batang pohon. Selain itu, pengunjung juga dapat mencoba memberikan makan secara langsung pada burung.

Ketika berkunjung ke pulau burung ini, jangan lupa untuk mengambil foto sebanyak-banyaknya. Pengunjung pun dapat meminta burung untuk bertengger pada tubuhnya sambal mengambil foto.

Ada berbagai jenis burung yang ditempatkan di tempat ini. Jenis-jenis burung tersebut antara lain adalah burung kakaktua, burung macau, bahkan flamingo. Semua burung-burung ini sudah jinak dan tidak membahayakan bagi pengunjung.

8. Melihat Beberapa Hewan Unik 

Selain berisi hewan-hewan yang umumnya terdapat di kebun binatang, pengunjung juga dapat Melihat hewan-hewan unik di tempat ini. Si kecil pun dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuannya dengan melihat koleksi hewan unik ini.

Adapun beberapa jenis hewan unik yang ada di Faunaland Ancol ini adalah kangguru puti, kura-kura Aldabra yang berumur 70 tahun, landak albino, kuda mini, keledai mini, tapir dan juga berbagai jenis primata unik.

Binatang-binatang unik ini juga diletakkan di area yang semi terbuka. Dengan demikian, pengunjung dapat melihatnya dengan lebih leluasa dan jelas.

9. Bersantai di Bawah Rimbunnya Pepohonan

Faunaland Ancol juga terkenal dengan tempat yang sangat asri dan hijau. Di tempat ini banyak tumbuh pepohonan yang rimbun sehingga membuat tempat ini menjadi teduh. Pengunjung pun dapat berkeliling dengan nyaman.

Di bagian bawah pepohonan terdapat banyak tempat duduk yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai oleh para pengunjung. Dengan adanya tempat ini, pengunjung dapat bersantai sejenak sambil menikmati suasana asri di sekitar Faunaland.

Jika mencari tempat liburan yang menyenangkan dan mengedukasi maka pilihlah Faunaland. Anda dapat mencari review Faunaland Ancol di internet untuk membuktikan bahwa tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Segera pesan tiketnya dan datanglah bersama keluarga.