Unit Rekreasi Ancol Buka Jam Berapa? Ini Jam Operasionalnya

Pertanyaan “Ancol buka jam berapa, ya?” selalu terlontar dari para calon pengunjung yang ingin mengunjungi kawasan wisata tersebut. Jam operasional dan kisaran harga tiket menjadi 2 hal utama yang sering dicari tahu pengunjung sebelum mengunjungi sebuah objek wisata.

Ancol sendiri merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jakarta. Kawasan wisata tersebut sangat luas dan terdiri dari berbagai kawasan wisata. Mulai dari pantai hingga kebun binatang, semuanya ada. Simak informasi berikut ini sebelum menghabiskan waktu berlibur di Ancol.

Wahana di Ancol Buka Jam Berapa Saja?

Berbagai jenis kawasan wisata tersebar di Taman Impian Ancol. Pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas di setiap kawasan. Berbagai kawasan tersebut memiliki aktivitas unggulannya masing-masing. Ancol hadir dengan wisata yang memberikan paket lengkap.

Tidak hanya untuk berlibur, Ancol juga memberikan wisata edukatif untuk para pengunjungnya. Maka dari itu, banyak anak-anak sekolah yang berkarya wisata di Ancol. Destinasi wisata ini selalu buka tiap hari. Namun, setiap kawasan wisatanya memiliki jam operasional berbeda-beda.

Setiap gerbang utama kawasan wisata di Ancol, ditutup 1 jam lebih awal dari jam operasional yang berlaku. Adapun jam operasional di setiap kawasan unit rekreasi di Ancol sebagai berikut:

1. Pantai Ancol

Ancol memiliki kawasan pantai dengan panjang garis pantai sejauh 6,5 km. Pantai ini dibagi lagi menjadi beberapa kawasan, diantaranya kawasan pantai indah Ancol, pantai festival dan carnival, pantai ria Ancol, pantai bende, pantai lagoon, serta pantai marina.

Untuk menikmati keindahan setiap kawasan pantai Ancol, pengunjung harus memperhatikan jam operasional yang berlaku : 

Weekday (Senin - Jumat)

Pintu Gerbang Ancol : Pukul 06.00 s.d 20.00 WIB

Taman dan Pantai : Pukul 06.00 s.d 21.00 WIB

Weekend (Sabtu, Minggu dan Libur Nasional)

Pintu Gerbang Ancol : Pukul 06.00 s.d 21.00 WIB

Taman dan Pantai : Pukul 06.00 s.d 22.00 WIB

Sedangkan, kisaran tiket masuknya berbeda-beda, tergantung jenis kendaraan yang dibawa. Adapun daftar harga tiket masuk kawasan pantai Ancol yakni, sebagai berikut:

  • Per orang dikenakan tarif Rp30.000;
  • Setiap kendaraan mobil, dikenakan tarif Rp30.000;
  • Setiap kendaraan motor, dikenakan tarif Rp20.000;
  • Setiap kendaraan bus, dikenakan tariff Rp45.000;

2. Dunia Fantasi

Dunia fantasi atau Dufan menjadi taman rekreasi outdoor terbesar yang ada di Indonesia. Ada lebih dari 30 wahana yang bisa dimainkan dalam kawasan wisata ini. Pengunjung dapat memilih jenis permainan, sesuai usia dan tinggi minimal yang berlaku di setiap wahana.

Jam operasional Dufan yakni : 

weekday : 10.00 - 17.00

weekend : 10.00 - 19.00

Namun, pintu gerbangnya akan ditutup 1 jam lebih awal dari jam operasional yang berlaku.

3. Sea World Ancol Buka Jam Berapa?

Sea World adalah kawasan wisata yang memberikan gambaran tentang kehidupan biota laut. Para pengunjung akan melihat lebih dari 11.000 jenis biota laut di Sea World. Adapun jam operasional yang berlaku di kawasan ini yakni : 

Weekday (Senin - Jumat) : Pukul 09.30 - 16.30 WIB

Weekend (Sabtu, Minggu dan Libur Nasional) : Pukul 09.00 - 16.30 WIB

Loket dan Pintu Gerbang Sea World tutup 1 jam lebih awal dari Jam Operasional

4. Atlantis Water Adventure

Jika ingin bermain air dengan konsep kota Atlantis, maka kawasan satu ini menjadi pilihan yang tepat. Ada 10 wahana air yang bisa dinikmati. Kawasan taman air ini mulai buka : 

Weekday (Senin - Jumat) : Pukul 09.00 - 15.30 Wib

Weekend (Sabtu, Minggu dan Libur Nasional) : Pukul 08.00 - 15.30 Wib

Loket dan Pintu Gerbang Atlantis tutup 1 jam lebih awal dari Jam Operasional

Beberapa jenis wahana yang bisa dinikmati diantaranya:

  • Skybox
  • Asthatirta
  • Crazy Slide
  • Dragon Slide
  • Poseidon Wave
  • Dragon Race

5. Samudra Ancol

Kawasan Samudra Ancol buka jam berapa? Jam operasional yang berlaku di kawasan ini yakni : 

Weekday (Senin - Jumat) : Pukul 09.30 - 16.30 Wib

Weekend (Sabtu, Minggu dan Libur Nasional) : Pukul 09.00 - 16.30 Wib

Loket dan Pintu Gerbang Samudra tutup 1 jam lebih awal dari Jam Operasional

Pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukan selama jam operasional berlangsung.

Ocean Dream Samudra adalah kawasan Ancol yang memperkenalkan laut kepada para pengunjung. Berbeda dengan kawasan wisata sebelumnya, pengunjung bisa lebih dekat dengan beberapa jenis hewan laut, seperti lumba-lumba dan anjing laut.

6. Jakarta Bird Land

Ada banyak keseruan yang bisa dilakukan di Jakarta Bird Land. Selain menyaksikan aneka jenis burung, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan burung.

Tempat ini bukan hanya sekedar taman rekreasi saja tetapi juga menjadi pusat konservasi bagi berbagai jenis burung yang terancam punah. Hal yang menarik, Thematic Hardscape yang ada di Jakarta Bird Land rupanya tidak ditemukan di taman burung lainnya di Indonesia.

Pengunjung bisa mengunjungi Jakarta Bird Land dengan jam operasional berikut ini :

*Weekday : 08.30 - 17.00

*Weekend : 08.30 - 17.00

7. Ecopark Ancol

Kawasan wisata satu ini menjadi tempat terbuka hijau yang luasnya mencapai 34 hektar. Tidak hanya berwisata, pengunjung juga bisa menginap di Allianz Camp Park Ancol. Jam operasionalnya mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini adalah sebagai berikut:

  • Bersepeda di sepanjang jalur Eco-bike.
  • Menikmati Ecopark melalui sepeda bebek air.
  • Mempelajari tentang botani.
  • Berkemah.
  • Berkunjung ke rumah lebah.

8. Pasar Seni

Para pecinta dan pelaku seni akan sangat betah berlama-lama di kawasan pasar seni. Kawasan wisata di Ancol yang satu ini memiliki berbagai seni yang dipamerkan hingga beberapa kelas seni. Pengunjung bisa mengikuti Art Academy Pasar Seni untuk belajar seni dari profesional.

Mulai dari seni musik, multimedia, keramik hingga lukisan menjadi berbagai jenis seni yang bisa dipelajari disini. Bahkan, tersedia lebih dari 200 kios seni yang ditempati oleh para seniman. Jam operasional kawasan ini yakni, 10.00 WIB sampai 18.00 WIB.

9. Gondola

Kereta gantung atau gondola menjadi pilihan tepat untuk menikmati Ancol dari ketinggian. Pengunjung bisa menaiki wahana ini mulai pukul 11.00 WIB-17.00 WIB di weekday serta pukul 10.00 WIB-17.00 WIB di weekend.

Protokol Kesehatan di Kawasan Ancol

Sejak pandemi, Taman Impian Ancol memiliki peraturan baru yang disingkat SSBB. Senang Selamat Bareng Bareng (SSBB) adalah rangkaian peraturan protokol kesehatan, selama masa pembukaan dan operasional terbatas di wahana Ancol.

Beberapa hal penting yang perlu diketahui dari SSBB ini yakni, sebagai berikut:

  • Pengunjung sudah melakukan vaksinasi covid-19, baik dosis pertama maupun dosis kedua.
  • Memiliki akun Peduli Lindungi untuk keperluan check-in dan check-out di kawasan Ancol.
  • Anak-anak dengan usia dibawah 12 tahun harus berada dalam pengawasan orang tua serta telah melakukan vaksin minimal dosis pertama.
  • Menggunakan masker selama berada di kawasan.
  • Menghindari kerumunan dan tidak berdesakan.
  • Membawa peralatan makan dan ibadah sendiri.
  • Melakukan pembelian dan reservasi tiket secara online sebelum masuk kawasan Ancol. Sebab, pihak manajemen Ancol tidak menyediakan tiket di loket pembelian.

Cara Reservasi Tiket

Pembelian tiket dan reservasi bisa dilakukan melalui website resmi, Ancol. Reservasi tiket dilakukan untuk para pengunjung yang membeli tiket Ancol di beberapa mitra Ancol, seperti traveloka, Tokopedia, Shopee, Blibli.com, Tiket.com dan JDID.

Adapun cara melakukan reservasi tiket masuk kawasan Ancol adalah sebagai berikut:

  • Pilih platform untuk membeli tiket masuk. Jika membeli di website resmi, pengunjung tidak perlu reservasi. Sebab setiap membeli tiket di website resmi, pengunjung sudah memilih tanggal kunjungan.
  • Setelah membeli tiket, pengunjung akan mendapatkan nomor barcode yang tertera pada tiket. Dimana, satu nomor barcode berlaku untuk satu orang.
  • Kemudian, masuk ke website resmi Ancol.com atau melalui alamat reservasi Ancol.com.
  • Ketik nomor barcode di tiket, pada kolom yang tersedia di alamat website.
  • Pilih tanggal kunjungan, lalu tekan tombol reservasi. Maka, proses reservasi telah selesai dan pengunjung tinggal datang sesuai tanggal yang telah dipilih. Jika tidak, maka tiket yang telah dibeli akan hangus.

Ancol buka jam berapa? Pertanyaan tersebut cukup terjawab dengan berbagai penjelasan diatas. Selain mengetahui jam operasional Ancol, pengunjung juga harus tahu peraturan yang berlaku di destinasi wisata tersebut. Langsung beli tiketnya di laman resmi pembelian tiket Ancol.