7 Tempat Wisata Edukasi di Jakarta Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Masa kanak-kanak merupakan waktu yang tepat untuk menerapkan edukasi penting putra putri kesayangan. Wisata edukasi di Jakarta bisa menjadi alternatif yang bagus sebagai tempat belajar sambil bermain.

Ada wisata belajar mengenali berbagai macam biota laut, ada juga program belajar bercocok tanam, beternak, dan lain sebagainya. Membawa anak-anak ke tempat ini tentunya dapat memberikan pengalaman tak terlupakan bagi mereka. Mau tahu selengkapnya? Yuk, simak artikel berikut!

Tempat Wisata Edukasi di Jakarta Terbaik

Memupuk semangat belajar dalam diri anak terkadang menjadi tantangan. Tetapi, apabila pembelajaran dikemas dalam bentuk kelas interaktif berbasis permainan sebagaimana yang dilakukan oleh tempat-tempat berikut, siapa yang mau menolak?

1. Seaworld Ancol

Rasa penasaran anak-anak sama tingginya dengan orang dewasa. Mengenalkan mereka akan ikan-ikan dan satwa laut lainnya dapat membantu anak-anak agar berpikiran terbuka. Wisata edukasi di Jakarta yang bertempatan di kompleks Ancol ini merupakan surganya satwa laut.

Disini anak-anak dapat menyaksikan gerombolan ikan-ikan kecil berenang bebas di akuarium super besar, menyentuh langsung bintang laut, menonton ubur-ubur, hingga melihat kawanan ikan hiu.

Sejumlah akuarium dilengkapi papan nama yang mendeskripsikan latar belakang singkat mengenai satwa. Tidak hanya menyuguhkan ikan dan biota laut hidup saja, Seaworld Ancol memiliki ruangan khusus yang memajang koleksi biota laut yang diawetkan.

Pengalaman melihat langsung kehidupan ikan dan biota laut di habitat yang menyerupai aslinya ini akan menjadi kenangan baru nan seru, dengan begitu anak-anak tahu akan binatang yang ada di laut. Berikut adalah sejumlah atraksi yang ditawarkan di sini:

  • Terowongan Antasena
  • Beware Piranha
  • Feeding show di akuarium utama
  • Akuarium interaktif
  • Jellyfish Sphere
  • Akuarium hiu
  • Touch pool atau kolam sentuh bintang laut dan sea turtle

2. Learning Farm

Learning Farm yang terintegrasi sebagai wahana di Allianz Ecopark Ancol ini selalu ramai oleh anak-anak. Wisata ini mengajak para peserta untuk belajar bercocok tanam hingga beternak. Setidaknya, ada 12 jenis sayuran yang bisa dijadikan media pembelajaran rekreatif.

Bagian yang menjadi daya tarik wahana ini yakni tempatnya betul-betul dibuat seperti persawahan asli. Seolah-olah bukan di kota Jakarta, melainkan di tengah pedesaan. Peserta akan mengetahui cara menanam, merawat, dan memanen tanaman yang benar.

Tidak hanya menyajikan program edukasi mengenai tanaman saja, Learning Farm juga memiliki program beternak hewan. Disini pengunjung bisa bertemu dan berinteraksi dengan berbagai hewan menggemaskan, mulai dari kelinci, rusa, bebek, reptil, angsa, ayam, kambing, hingga kerbau.

Fasilitas yang ada di wisata edukatif ini sangatlah lengkap. Pengunjung bisa mengunjungi rumah kaca, kebun hidroponik, lahan budidaya cacing, serta lahan persawahan yang menarik dan instagramable.

3. Samudra Ancol

Jika datang ke Seaworld Ancol, pastikan mendatangi Samudra Ancol yang letaknya tidak jauh. Sebagai wisata edukasi di Jakarta, tempat yang akrab disebut Gelanggang Samudra ini terkenal dengan pertunjukkan satwa-satwa cerdas yang sangat menghibur.

Pentas lumba-lumba menjadi atraksi yang paling ramai. Di pentas ini, pengunjung dapat menyaksikan mamalia laut tersebut berhitung, melompat, bahkan mendengarnya tertawa. Melihat wajah lumba-lumba yang seolah tampak sedang senyum saja mampu membuat hati tertawa riang.

Secara keseluruhan, terdapat 6 pertunjukkan yang bisa disaksikan bersama buah hati, yaitu cinema 4D, pentas lumba-lumba, pentas singa laut, pentas aneka binatang, atraksi bajak laut kalajengking, dan atraksi teater bawah air.

Meski yang terkenal dari Gelanggang Samudra adalah satwa lautnya, pengunjung bisa melihat satwa eksotis lainnya, seperti berang-berang, kakatua, dan beruang madu. Bahkan, ada pertunjukkan putri duyung yang bakal membuat si Kecil betah dan ingin kembali lagi ke wisata ini.

4. Rumah Lebah

Rumah Lebah merupakan pilihan wisata edukasi di Jakarta dengan konsep peternakan serangga penghasil madu yang sangat menarik. Ya, disini siapa saja bisa mendapatkan pembelajaran lengkap tentang lebah. Pengunjung diajak untuk berinteraksi langsung dengan serangga ini.

Tak perlu takut disengat, setiap rombongan peserta akan didampingi pawang sekaligus tutor profesional yang akan mengajarkan tentang pola hidup lebah, jenis-jenis lebah, jumlah lebah per koloni, manfaat lebah, serta morfologinya.

Sebelum masuk ke penangkaran lebah, setiap peserta diwajibkan mengenakan pengaman. Selain membahas tentang pemeliharaan lebah yang efektif dan efisien, tak lupa peserta mendapatkan pemahaman akan hal yang perlu dilakukan sekiranya tersengat oleh lebah madu.

Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung bisa mengaksesnya dari Allianz Ecopark Ancol yang lokasinya masih di kompleks Ancol.

5. Faunaland

Sesuai dengan namanya, Faunaland merupakan kawasan yang menampung fauna eksotis dan langka dari berbagai daerah. Wisata ini cocok dijadikan destinasi liburan bagi anak-anak yang mau belajar tentang satwa-satwa unik.

Tidak seperti kebun binatang biasa, wisata ini menawarkan pengalaman interaksi lebih dekat dengan para satwa tanpa sekat yang terlalu jauh. Otomatis pengunjung bisa melihat dari dekat.

Bahkan di Pulau Burung atau Bird Island, berbagai macam spesies burung dibiarkan beterbangan secara bebas. Ya, tanpa dimasukkan dalam kandang apapun. Pengunjung bisa melihat burung-burung berbulu cantik beterbangan di atas kepala seolah-olah seperti sedang di hutan.

Ada juga singa putih dari Afrika yang hanya dibatasi oleh dinding kaca saja. Melihat keberagaman satwa yang jarang ditemui di kehidupan sehari-hari ini pastinya menambah pengetahuan si Kecil. Apalagi sudah disediakan papan nama yang mencakup profil dan fakta menarik tentang satwa.

6. Rumah Energy

Melihat maraknya gaya hidup ramah lingkungan belakangan ini, ada baiknya menanamkan pengetahuan Go Green sejak dini. Ajak buah hati belajar sambil bermain di rumah edukasi satu ini. 

Wahana yang terdapat di Ecopark Ancol ini akan membekali peserta mengenai pemanfaatan energi ramah lingkungan. Mulai dari mengenali jenis-jenis energi alternatif, pembuatan pupuk organik, lampu organik, biogas, dan masih banyak lagi.

Asyiknya lagi, pengunjung orang dewasa pun bisa menjadi peserta program edukasi ini. Nantinya, peserta dibimbing oleh para tutor edukatif pilihan dalam mempraktikkan pembuatan energi alternatif. Dengan begitu, peserta bisa turut membuatnya di rumah tanpa takut gagal.

7. Eco-market

Area yang dahulunya bekas lapangan golf terkenal ini memang sangat luas. Saking luasnya, Allianz Ecopark terbagi menjadi beberapa zona. Salah satu wisata disini yang cukup ramai dikunjungi adalah Eco-market.

Dari namanya sudah jelas bahwa pasar tradisional ini hanya menjual sayur dan buah organik yang bebas dari pestisida. Bahkan, pasar ini disebut sebagai pasar organik terbesar di Jakarta. Bagi anak-anak, tempat ini dapat menjadi alternatif wisata edukasi di Jakarta yang unik.

Mereka bisa belajar kelebihan dari produk organik atau mengikuti program demo pembuatan menarik yang digelar pada waktu tertentu. Pengunjung bisa berjalan santai mengelilingi area pasar sambil melihat-lihat berbagai jenis barang dagangan.

Selain menjajakan buah dan sayur yang segar, Eco-market juga menyediakan tanaman hias yang bisa dibawa pulang. Beberapa aktivitas lainnya yang bisa ditemukan disini adalah senam pagi dan live music.

Wisata edukasi di Jakarta di atas dijamin tidak akan membuat Anda kecewa. Ancol lebih dari pusat hiburan semata, disini anak-anak dapat belajar banyak hal tanpa dihampiri rasa bosan. Langsung saja dapatkan tiketnya di www.ancol.com/tiket untuk menghasilkan liburan yang luar biasa asyik!