Menyenangkan! 5+ Wisata Edukasi di Indonesia, Liburan Sambil Belajar

Ingin bermain sambil belajar? Jika menginginkannya, maka sebaiknya kunjungi saja wisata edukasi di Indonesia. Destinasi wisata seperti ini memiliki beragam tema dengan berbagai wahana permainan yang sekaligus dapat digunakan sebagai media pembelajar.

Wisata edukasi tersebut sangat cocok dikunjungi bersama anak-anak karena memiliki banyak manfaat. Misalnya, memperkuat rasa ingin tahu, menambah wawasan, praktik belajar secara langsung, dan berbagai manfaat positif lainnya. Yuk, langsung saja simak artikel tentang wisata edukasi di bawah ini!

Daftar Pilihan Terbaik Wisata Edukasi di Indonesia

Edukasi atau pendidikan sangat penting dikenalkan kepada anak-anak sejak dini melalui belajar. Kegiatan belajar bukan hanya dilakukan di dalam ruang kelas, tetapi pasti akan menyenangkan ketika dilakukan sambil liburan di destinasi wisata edukasi.

1. Rumah Energy

Tertarik belajar tentang energi ramah lingkungan? Jika tertarik, maka langsung saja datang berkunjung ke objek wisata Rumah Energy yang masih berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta.

Di tempat ini banyak aktivitas permainan yang bisa dicoba dan secara tidak langsung berperan juga sebagai sarana belajar. Pengunjung bisa belajar tentang jenis-jenis energi alternatif, lampu organik, biogas, pembuatan pupuk organik, dan berbagai pengetahuan lainnya.

Destinasi wisata edukatif ini bukan hanya cocok untuk anak-anak hingga remaja, tetapi orang dewasa pasti akan tertarik juga untuk belajar di sini! Menariknya, di sini ada tutor yang bisa mengajari cara pembuatan energi alternatif secara sederhana.

Ilmu sederhana tentang pembuatan energi alternatif tersebut dapat dibuat atau dipraktikkan di rumah. Sangat bermanfaat, bukan?

2. Rumah Lebah

Apa saja tempat wisata edukasi? Rumah Lebah merupakan tempat wisata edukasi lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Seperti namanya, objek wisata yang satu ini memberikan pengalaman seru dan menyenangkan untuk lebih mengenal kehidupan lebah.

Lebah-lebah di sini memang sengaja diternakkan untuk menghasilkan madu dan menjadi fasilitas pembelajaran. Tutor professional akan mendampingi para pengunjung untuk mengenal tentang jenis-jenis lebah, manfaat lebah, morfologi, hingga pola hidup lebah.

Namun, setiap pengunjung yang memasuki kawasan ini wajib menggunakan perlengkapan keamanan. Pengunjung juga bisa belajar tentang cara memelihara lebah hingga tindakan yang harus dilakukan untuk menghindari sengatan lebah maupun tindakan ketika tersengat.

3. Faunaland

Contoh wisata edukasi dengan tema kehidupan binatang adalah Faunaland. Menariknya, destinasi wisata ini memiliki koleksi berbagai satwa unik yang jarang ditemui. Misalnya, singa putih, kura-kura raksasa, kanguru putih, dan berbagai satwa eksotis maupun langka dari berbagai daerah.

Selain jalan-jalan sambil melihat berbagai satwa unik, pengunjung juga mendapat kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan satwa-satwa tertentu. Pengalaman yang sangat mengesankan!

Jika mengunjungi objek wisata ini, maka pastikan juga untuk mampir ke area Bird Island. Di tempat tersebut, pengunjung bisa belajar dan melihat secara langsung berbagai macam spesies burung. Uniknya, burung-burung tersebut dibiarkan terbang bebas!

4. Seaworld

Seaworld merupakan salah satu wisata edukasi anak di Indonesia. Destinasi wisata di Jakarta yang satu ini sangat cocok untuk mengenalkan anak-anak dengan dunia laut, khususnya mengenal berbagai jenis binatang dan biota air.

Seaworld memiliki beragam jenis hewan yang tinggal di lautan maupun air tawar. Semua biota tersebut ditempatkan pada beberapa akuarium besar yang dimodifikasi menyerupai habitat asal mereka. Uniknya, destinasi wisata yang satu ini memiliki akuarium raksasa dengan ribuan jenis hewan di dalamnya.

Pengunjung bisa melihat secara langsung binatang air tersebut berenang bebas di dalam akuarium. Selain itu, Seaworld juga menawarkan wisata edukasi untuk mengenal bahkan mempelajari berbagai hewan laut purba.

Wisata edukasi tersebut dapat dinikmati dengan mengunjungi museum yang ada di dalam Seaworld. Papan informasi di dalam museum Seaworld akan membantu pengunjung mempelajari berbagai jenis dan kehidupan hewan laut purba.

5. Ecopark Ancol

Ecopark Ancol merupakan kawasan wisata edukasi di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak, teman, keluarga, maupun pasangan. Selain bersantai, di tempat wisata ini pengunjung juga bisa belajar beragam hal menarik.

Kawasan Ecopark Ancol dibagi menjadi beberapa wilayah atau zona, yaitu Eco Art, Eco Care, Eco Nature, dan Eco Energy. Zona Eco Art sangat cocok dikunjungi bagi pengunjung yang tertarik belajar tentang seni. Beragam pameran seni menarik juga bisa disaksikan di sini.

Jika tertarik belajar bercocok tanam, maka Anda bisa mengunjungi zona Eco Care. Sementara itu, Eco Nature bisa dikunjungi untuk belajar lebih dekat mengenai berbagai satwa menarik. Jika ingin belajar tentang konsep green lifestyle, maka tidak ada salahnya untuk datang langsung ke zona Eco Energy.

6. Learning Farm

Wisata edukasi di Indonesia yang cocok dikunjungi untuk belajar tentang peternakan dan pertanian adalah Learning Farm. Sebenarnya, destinasi wisata menarik yang satu ini masih masuk ke dalam kawasan Allianz Ecopark Ancol.

Destinasi wisata yang satu ini memiliki desain unik dan menarik menyerupai area persawahan. Pengunjung dapat belajar dan praktik langsung menanam berbagai jenis sayuran. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar merawat hingga memanen sekitar 12 jenis sayuran.

Daya tarik lainnya dari wisata Learning Farm adalah memberikan kesempatan pengunjung untuk belajar mengenal berbagai jenis hewan. Pengunjung juga akan diajak untuk berinteraksi dengan hewan-hewan menggemaskan tersebut.

Apa saja hewan yang ada di Learning Farm? Di tempat wisata edukatif yang satu ini terdapat kelinci, bebek, ayam, angsa, reptil, rusa, kerbau, kambing, dan berbagai jenis hewan lainnya.

Aktivitas belajar di Learning Farm akan terasa sangat menyenangkan terlebih karena didukung oleh fasilitas edukasi lengkap. Menariknya, di sini juga ada rumah kaca, lahan budidaya cacing, kebun hidroponik, hingga lahan persawahan yang cukup luas.

7. Pasar Seni

Pilihan tempat untuk berwisata sekaligus belajar yang terakhir adalah Pasar Seni. Lokasi Pasar Seni juga masih termasuk kawasan Impian Jaya Ancol. Apa saja manfaat mengikuti kegiatan wisata edukasi di Pasar Seni?

Jika berkunjung ke Pasar Seni, maka para pengunjung akan mendapat kesempatan untuk belajar langsung tentang seni. Caranya dengan mengikuti berbagai pelatihan atau workshop membuat karya seni, seperti batik, wayang, lukisan, ukiran, patung, dan lain sebagainya.

Manfaat lainnya dari mengunjungi Pasar Seni adalah belajar untuk melatih dan meningkatkan inovasi maupun kreativitas. Destinasi wisata di Ancol yang satu ini memang cocok dikunjungi oleh siapa saja, terutama bagi orang yang mencintai dunia seni dan budaya.

Selain belajar, kunjungan ke destinasi wisata penuh warna ini juga bisa memanjakan mata. Hal ini tentu saja karena pengunjung bebas melihat aneka karya seni estetik dan bernilai karya para seniman. Jika tertarik, maka Anda juga bisa membeli aneka karya seni di toko souvenir.

Wisata edukasi di Indonesia cocok dikunjungi untuk membuat anak-anak bahagia sekaligus menambah wawasan. Tidak usah ragu lagi membeli tiket wisata edukasi Ancol di https://www.ancol.com/! Destinasi wisata ini memiliki fasilitas bermain sambil belajar yang sangat lengkap dan menarik!