Tempat Wisata Aquarium di Indonesia Terbesar dan Terlengkap

Bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, tentu akan membuat seseorang mencari tempat wisata yang berbeda. Misalnya wisata aquarium di Indonesia yang sudah populer yaitu di Ancol. Ada banyak pilihan wisata aquarium yang seru di sana.

Paduan antara keindahan bawah laut dengan ekosistem dari para biota laut yang sangat menakjubkan, bisa dilihat di sana. Wisata aquarium juga merupakan wisata edukasi yang cocok dikunjungi bersama anak-anak dan keluarga.

Tempat Wisata Aquarium Terbesar di Indonesia

Ancol menjadi salah satu tempat ternama yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena ada banyak pilihan wisata di sana salah satunya wisata aquarium. Tak hanya keseruannya saja tapi ada juga edukasinya di tempat wisata aquarium terbesar yang ada di Indonesia tersebut.

Ancol selalu menjadi tempat liburan ideal yang lokasinya juga berada di tengah perkotaan, tepatnya Kota Jakarta. Berikut ini pilihan wisata aquarium di Indonesia di Ancol yang sangat menarik:

  1. Sea World

Wisata aquarium pertama yang akan dibahas adalah Sea World, yang sudah terkenal sejak zaman dulu. Sea World memiliki miniatur dari sebuah pesona laut yang sangat indah, di dalam sebuah aquarium yang ukurannya besar.

Nikmati suasana laut yang tampak nyata di sana, dan keindahan bawah laut yang memesona. Tempat wisata yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan alas berjalan, yang akan memungkinkan pengunjung bisa menikmati keindahan laut dengan nyaman.

Sea World sudah ada sejak tahun 1994, tujuan dibuatnya wisata aquarium ini adalah untuk hiburan, edukasi, dan juga konservasi. Terdapat koleksi biota laut di dalam Sea World yang sangat beragam.

Ada sekitar 7300 biota air tawar dengan jenis-jenis ikan yang jumlahnya 48. Ada juga 11500 biota laut di tempat wisata tersebut yang meliputi jenis-jenis avertebrata dan juga ikan kurang lebih ada 138 jenis ikan dan 3 reptil.

Seluruh spesies yang ada di sana dipertlihatkan dalam 28 display yang berbeda-beda. Tapi ada juga yang disimpan di sebuah area kolam yang terbuka. 

Hal menarik yang dimiliki oleh wisata aquarium besar ini adalah, adanya atraksi menarik seperti misalnya Feeding Show yaitu sebuah atraksi dalam memberi makan ikan-ikan. 

  1. Ocean Dream Samudra

Tempat aquarium Indonesia berikutnya yang ada di Ancol yaitu Ocean Dream Samudra, atau yang juga sering disebut dengan Gelanggang Samudra. Tak hanya memperlihatkan pesona bawah laut saja, tapi ada juga sebuah pertunjukkan dari hewan-hewan.

Tempat wisata aquarium ini sudah lebih dulu muncul sebelum Sea World, yaitu sudah ada sejak tahun 1974. Tujuan didirikannya Gelanggang Samudra adalah untuk memberi informasi mengenai laut misalnya tentang potensi laut dan sebagai hiburan.

Tempat wisata ini juga memiliki nuansa seperti konservasi alam yang akan memberikan pengalaman seru bagi para pengunjung, untuk lebih menyayangi berbagai jenis hewan dan lebih dekat dengan mereka.

Pentas satwa yang juga bisa disaksikan di Ocean Dream Samudra ini tak hanya unik tapi juga akan memberi kebahagiaan tersendiri bagi para penonton. Banyak juga wahana-wahana menarik di sana yang akan semakin menambah keseruan.

Selain hewan-hewan laut Ocean Dream Samudra juga memiliki pilihan burung dengan ragam jenis dan spesies.

Daya Tarik yang Dimiliki oleh Sea World

Wisata aquarium di Indonesia yang paling populer hingga saat ini adalah Sea World. Hal itu disebabkan oleh banyaknya daya tarik yang dimiliki oleh aquarium terbesar tersebut. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa akan sangat suka berwisata atau liburan ke Sea World.

Inilah beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Sea World:

  1. Jelly Fish Exhibit

Sea World juga memiliki banyak wahana menarik yang harus dikunjungi, salah satunya yaitu Jelly Fish Exhibit. Tempat ini memperlihatkan keindahan dari ubur-ubur yang pada saat berenang terlihat bercahaya, khususnya dalam tempat yang gelap.

Nikmati juga keindahan dari gerak gerik yang juga diperlihatkan oleh ubur-ubur tersebut. Banyak sekali jenis ubur-ubur yang ada di sana dan bisa Anda nikmati keseruan menonton mereka berenang.

  1. Lorong Antasena

Tempat wisata aquarium di Indonesia tepatnya di Sea World Ancol juga memiliki area yang menarik, yaitu di Lorong Antasena. Wahana ini merupakan terowongan yang berada di bawah air dan menjadi spot terbaik dan sangat ikonik.

Ukuran panjang dari terowongan tersebut mencapai 80 m dan memiliki pijakan yang bekerja dengan otomatis, yaitu yang berupa eskalator. Ada juga kubah yang bisa dilihat dengan tembus pandang di sana, dan letaknya berada di kolam utama.

Tujuannya adalah agar para pengunjung bisa berjalan di area tersebut sambil menikmati indahnya dan pesona bawah laut. Dari lorong tersebut nikmati juga sensasi dalam menjelajahi lautan dengan berbagai spesies dari varian biota laut yang unik dan menarik.

  1. Touch Pool

Daya tarik lainnya yang dimiliki oleh wisata aquarium Sea World adalah Wahana Touch Pool. Pengunjung dapat melakukan interaksi langsung dengan biota laut dan lebih dekat dengannya. 

Area yang satu ini terdiri dari empat buah kolam yang terbuka, dengan banyaknya koleksi hewan-hewan laut yang bervariasi. Hewan-hewan laut yang bisa dilihat di kolam terbuka diantaranya yaitu penyu, bintang laut, ikan hiu yang sudah jinak dan masih banyak lagi.

Tak hanya melakukan interaksi secara langsung saja tapi pengunjung juga bisa mengambil foto bersama hewan-hewan laut yang berada di kolam tersebut. Tapi untuk mengambil foto di sana pastikan Anda sudah membaca/mematuhi aturannya.

  1. Aquarium Raksasa

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Sea World adalah, aquarium raksasa yang ada di sana dan menjadi aquarium terbesar se-Indonesia. Tak hanya di Indonesia, tapi aquarium tersebut telah diklaim sebagai yang terbesar kedua se-Asia Tenggara.

Disebut raksasa karena aquarium ini mampu menampung jutaan liter air tepat 5 juta. Ditambah lagi dengan variasi dalam ukuran kedalaman airnya yang mencapai 4,5 – 6 m. 

Ada ribuan spesies binatang laut di sana mulai dari hewan-hewan laut yang lucu hingga hewan yang ganas. Dalam aquarium terbesar ini juga ada Tawny Nurse Shark yang dimana ukuran tubuhnya cukup besar, dengan panjang kurang lebih mencapai 3,5 m.

Selain atraksi feeding show yang sangat seru, pengunjung juga bisa melihat interaksi yang dilakukan secara langsung antara penyelam dengan aneka biota laut yang ada di sana.

  1. Glow Theater

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tempat wisata aquarium di Indonesia yang satu ini tidak hanya sebagai sarana hiburan saja, tapi juga sebagai wisata edukasi. Salah satu edukasi yang bisa dinikmati di sini adalah menonton bioskop.

Tapi pertunjukkan yang dipertontonkan di sana adalah sebuah pembelajaran yang cocok ditonton oleh anak-anak. Keunikan lainnya, saat menonton pengunjung akan melihat lampu warna warni setelah ruangan mulai dipadamkan.

Untuk melihat para biota laut yang lucu dan yang ganas di tempat wisata aquarium di Indonesia Sea World, Anda bisa membeli tiket masuknya di ancol.com saja agar lebih praktis dan ekonomis.