12 Rekomendasi Wisata Anak di Indonesia Paling Lengkap dan Terbaik

Liburan bersama anak merupakan pengalaman yang sangat luar biasa, terlebih dengan karakter mereka yang cenderung mudah bosan hingga suka rewel. Oleh karena itu sangat penting untuk memilih tempat wisata anak di Indonesia yang lengkap, menarik dan bikin betah.

Di Jakarta sendiri ada rekomendasi terbaik wisata anak yang bisa dikunjungi bersama keluarga, yaitu Ancol Taman Impian. Berbicara tentang Ancol pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai wahana permainan seru dan atraksi yang menarik di dalamnya.

Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Indonesia yang Populer

Siapa yang tidak kenal dengan Ancol Taman Impian? Ya, pusat rekreasi terpadu yang terbesar di Indonesia ini memang menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan, tidak terkecuali anak-anak. Tentunya ada banyak wahana menarik seperti di bawah ini yang membuat momen liburan semakin berkesan.

1. Atlantis Water Adventure

Rekomendasi pertama yang bisa dijadikan tujuan wisata bersama anak adalah Atlantis Water Adventure. Taman rekreasi air ini tentunya sangat menarik karena menyediakan berbagai jenis wahana permainan air yang seru. Dijamin anak-anak pasti suka dan betah bermain air.

Apalagi dengan desain tempat wisata yang unik bergaya Mediterania, membuat nuansa petualangan di tempat ini semakin terasa. Anak-anak pun bisa mengeksplor beberapa wahana permainan seru yang akan membuat mereka tertawa riang.

2. Outbond Allianz Ecopark

Anak-anak pasti akan suka jika diajak berpetualang dengan permainan yang seru dan menyenangkan. Salah satu tempat wisata anak terbaik di Indonesia yang bisa dikunjungi adalah Allianz Ecopark yang memiliki luas lahan hingga 34 hektar.

Dengan lebih mengenal alam dan melakukan bebagai macam aktivitas fisik yang menyenangkan, anak-anak bukan hanya sekedar menikmati liburan dengan bermain saja tetapi juga belajar banyak hal. 

Adapun beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan antara lain adalah belajar bertani, bersepeda, flying fox, mengunjungi Rumah Lebah, paintball hingga yang paling seru adalah mengeksplorasi berbagai permainan di Outbondholic Ancol Adventure Park.

3. Bioskop 5D Ocean Dream Samudra

Rekomendasi lainnya tempat rekreasi dan wisata anak di Indonesia adalah Bioskop 5D yang berada di kawasan rekreasi Ocean Dream Samudra. Tentunya bioskop ini akan menarik perhatian anak-anak sehingga membuat mereka semakin penasaran dan betah.

Di lokasi wisata ini pengunjung akan disuguhi sebuah film. Dan untuk menonton film tersebut harus menggunakan kacamata 3D. Tujuannya untuk menimbulkan efek yang sangat realistis. Dan bahkan kursi penonton juga bergerak dengan efek hembusan angin serta cipratan air.

4. Atraksi Satwa 

Usia anak-anak biasanya sangat suka mengeksplor hal-hal baru yang mungkin belum pernah dilihat sebelumnya. Salah satunya adalah atraksi satwa di kawasan Ocean Dream Samudra yang menyuguhkan aksi lucu dan menggemaskan dari singa laut, lumba-lumba dan satwa lain.

5. Atraksi Satwa Jakarta Bird Land

Jika sebelumnya menyaksikan pertunjukan satwa air yang sangat menghibur, anak-anak juga bisa sekalian diajak untuk lebih mengenal berbagai jenis burung di Bird Land. Bukan hanya sekedar menyaksikan saja, mereka bisa berinteraksi langsung dengan beberapa jenis burung.

Di tempat ini juga ada atraksi burung yang tidak kalah menghibur bagi anak-anak. Anak-anak bisa memberi makan burung dan mengabadikan momen kebersamaan mereka dalam bidikan kamera. Tentunya hal ini akan menjadi pengalaman yang sangat luar biasa bagi anak-anak. 

6. Poci Poci Dufan

Salah satu tempat untuk wisata anak di Indonesia yang bisa dijumpai di Ancol adalah Poci-Poci yang berada di taman rekreasi Dufan. Untuk mencoba wahana permainan yang seru ini tinggi badan anak minimal adalah 100 cm.

Wahana permainan ini sangat seru karena pengunjung akan masuk dalam sebuah gelas berukuran besar dengan kapasitas beberapa orang di dalamnya. Pengunjung akan diajak berputar-putar di dalam gelas tersebut. Sementara di tengahnya terdapat sebuah teko besar. 

7. Interaksi Satwa Faunaland

Salah satu tempat rekreasi yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak adalah Faunaland. Sebuah kebun binatang mini yang akan menjadi tempat menyenangkan bagi anak untuk menikmati wisata edukasi.

Di kebun binatang ini anak-anak bisa menyaksikan singa putih yang sangat langka. Aktivitas lainnya adalah berkeliling danau menggunakan perahu, menunggang kuda poni yang lucu, menyaksikan bird show hingga menyaksikan aneka satwa yang unik.

8. Gondola

Liburan bersama anak akan semakin seru dengan mengajak mereka menaiki gondola atau kereta gantung di kawasan Ancol. Tentunya kegiatan tersebut akan menjadi pengalaman yang sangat seru dan menyenangkan bagi anak.

Gondola ini menghubungkan satu tempat wisata dengan tempat wisata lainnya di kawasan Ancol. Sementara dari atas ketinggian pengunjung bisa menikmati pemandangan laut yang indah serta berbagai wahana permainan seru yang ada di kawasan wisata tersebut.

9. Bianglala Dufan

Wisata anak di Indonesia berikutnya yang tidak kalah seru adalah Bianglala yang berada di kawasan wisata Dunia Fantasi. Tentunya naik Bianglala di tempat ini akan sangat berbeda, karena dari ketinggian 30 meter pengunjung bisa menyaksikan keindahan Pantai Ancol.

Apalagi ketika di sore hari, pengunjung bisa menyaksikan momen sunset dari wahana ini yang akan membuat liburan semakin berkesan. Sebagai informasi, wahana ini mampu menampung pengunjung hingga 180 orang sehingga sangat cocok dinikmati bersama seluruh keluarga. 

10. Ice Age Arctic Adventure

Anak-anak pasti tidak asing dengan karakter film Ice Age yang bisa secara langsung dijumpai di wahana permainan Ice Age Arctic Adventure. Wahana ini membentang hingga 356 meter dan akan mengajak pengunjung untuk menikmati sensasi dingin layaknya di film Ice Age.

Pengunjung bisa merasakan bagaimana sensasi dingin saat proses pencairan es berlangsung seperti yang disajikan pada film tersebut. Bahkan beberapa efek dengan teknologi canggih akan membuat pengunjung semakin terbawa dalam suasana di zaman purba.

11. Boto-Boto

Salah satu wahana permainan yang cocok untuk anak-anak adalah Boto-Boto yang berada di kawasan wisata Ocean Dream Samudra. Wahana ini sangat seru karena akan mengajak anak-anak untuk terbang menggunakan pesawat layaknya pesawat sungguhan.

Wahana permainan ini sangat menarik perhatian karena memiliki desain yang penuh warna warni dengan gerakan naik turun dan bahkan berputar seperti ketika naik pesawat. Naik wahana ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi anak-anak. 

12. Gajah Bledug

Hampir sama dengan wahana permainan sebelumnya, di wahana ini anak-anak akan diajak untuk menaiki gajah yang lucu dan berputar dengan penuh keceriaan. Selain memiliki bentuk yang lucu, anak-anak juga sangat antusias ketika gajah mulai bergerak dan berputar.

Wisata ramah anak ini menjadi salah satu yang cukup difavoritkan sehingga tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi warna gajahnya juga sangat bervariasi membuat anak-anak semakin suka dan bersemangat untuk naik.

Selain rekomendasi wisata anak di Indonesia yang telah dijelaskan di atas, tentunya masih banyak lagi tempat menarik yang bisa dikunjungi di Ancol Taman Impian. Tidak perlu tunggu besok, langsung saja pesan tiketnya di www.ancol.com dan nikmati semua keseruan yang tersaji di dalamnya.