11 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia yang Terbaik Terpopuler

Indonesia menjadi salah satu surga wisata dunia yang memiliki berbagai tempat wisata menarik. Selain Bali yang terkenal eksotis dengan keindahan dan tradisinya, ada banyak tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah mempesona. Bahkan di Jakarta yang identik dengan kepadatan dan kesibukannya.

Sebagai kota besar yang seolah tidak pernah tidur, wisatawan bisa dengan mudah menemukan tempat wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, sejarah, edukasi, budaya hingga wisata hiburan. Salah satu yang paling terkenal dan legendaris adalah Taman Impian Jaya Ancol yang berdiri sejak 1966.

11 Rekomendasi Tempat Wisata di Indonesia Terbaik

Popularitas Taman Impian Jaya Ancol sebagai tempat wisata legendaris tidak perlu diragukan lagi. Dalam perkembangannya, tempat wisata ini menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Jakarta. Tidak heran jika Taman Impian Jaya Ancol tidak pernah sepi pengunjung, bahkan di hari biasa.

Sebagai tempat wisata terpadu yang terbesar di Indonesia, Taman Impian Jaya Ancol menyediakan berbagai jenis wahana yang siap memanjakan pengunjung dengan konsep wisata yang bukan hanya menghibur tetapi juga edukatif. Apa saja wahana yang tersedia, berikut adalah informasinya.

1. Dunia Fantasi

cara aktivasi annual dufan

Dunia Fantasi atau sering disebut dengan Dufan, merupakan tempat wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sejak resmi dibuka pada tahun 1985, Dufan telah berhasil menyedot perhatian wisatawan dengan berbagai wahana permainan seru di dalamnya.

Dufan sendiri dikenal sebagai salah satu pusat rekreasi dan hiburan terbesar di Indonesia yang menyediakan setidaknya 9 kawasan dengan konsep fantasi yang menakjubkan. Tentunya ada banyak wahana permainan seru yang menarik untuk dicoba.

Di antaranya adalah Ontang Anting, Halilintar, Hysteria, Baling-Baling, Kereta Misteri, Rumah Miring, Poci-Poci, Istana Boneka, Kora-Kora, Tornado, Zig Zag, Kolibri hingga Paralayang dan Tornado Drop yang memacu adrenalin.

2. Pantai Ancol

pantai ancol keluarga

Pantai Ancol merupakan salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal dan menjadi objek wisata favorit bagi masyarakat Jakarta. Di tengah kesibukan kota besar yang padat, keberadaan Pantai Ancol menjadi oase yang memberikan kesejukan tersendiri.

Di kawasan pantai ini pengunjung bisa menikmati suasana santai sambil bermain pasir, berenang atau sekedar jalan-jalan di sepanjang bibir pantai. Pantai Ancol menjadi tempat terbaik untuk melepas penat, liburan bersama keluarga, kulineran dan berburu spot foto keren.

3. Sea World Ancol

Rekomendasi selanjutnya tempat wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Sea World Ancol. Sesuai dengan namanya, tempat ini menyajikan konsep wisata hiburan dan edukasi yang sangat bermanfaat, terutama untuk lebih mengenal kehidupan bawah laut.

Tentunya ada berbagai jenis spesies dan biota laut maupun air tawar yang bisa disaksikan di tempat ini. Masing-masing ditempatkan di berbagai jenis aquarium dan 4 kolam terbuka dengan tema khusus yang sangat menarik dan edukatif. Salah satunya kolam sentuhnya yang interaktif.

4. Ocean Dream Samudra

info tiket samudra ancol 2022

Ingin berinteraksi langsung dengan lumba-lumba, atau sekedar menyaksikan pertunjukan satwa yang lucu dan menghibur? Langsung saja berkunjung ke Ocean Dream Samudra yang sudah beroperasi sejak tahun 1974.

Tempat wisata ini bukan hanya sekedar menyediakan sarana rekreasi dan hiburan saja tetapi juga sekaligus sebagai tempat konservasi ikan lumba-lumba. Jadi selain menghibur, Ocean Dream Samudra juga sarat akan muatan edukasi yang bermanfaat.

5. Atlantis Water Adventure

Kalau ingin bermain air dengan sensasi seru yang menantang dan memacu adrenalin, Atlantis Water Adventure bisa menjadi tujuan wisata yang paling tepat. Ya, tempat wisata di Indonesia ini memang secara khusus menyediakan berbagai macam wahana permainan air yang seru.

Sejak resmi dibuka pada tahun 1974, tempat wisata ini selalu ramai pengunjung. Beberapa wahana yang seru untuk dicoba antara lain adalah Crazy Slide dengan lintasan tertutup sepanjang 149 meter. Ada pula Asthatirta yang tentunya tidak kalah menantang.

6. Allianz Eco Park

allianz ecopark ancol

Konsep rekreasi dan edukasi pada tempat wisata ini begitu kental karena pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dan indah sekaligus belajar tentang berbagai macam hal. Di kawasan wisata ini ada beberapa zona yang bisa dijelajahi.

Di antaranya adalah Zona Eco Art yang menyajikan berbagai macam pameran dan pentas seni yang menghibur, Zona Eco Nature yang mengajak pengunjung untuk lebih mengenal flora dan fauna, Zona Eco Care yang menyajikan berbagai jenis permainan edukatif, dan lain sebagainya.

7. Faunaland

kebun binatang terbaik di jakarta

Tidak kalah menarik dari tempat wisata sebelumnya, Faunaland adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Kebun binatang di kawasan Ancol ini mengusung konsep ala Papua dengan memadukan Benua Asia dan Benua Australia.

Tentunya ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Mulai dari menyaksikan aneka satwa hingga berinteraksi secara langsung dengan satwa yang ada. Salah satunya adalah memberi makan burung.

8. Pasar Seni

pasar seni ancol

Tempat wisata di Indonesia selanjutnya yang sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Pasar Seni. Tempat ini secara khusus menyajikan berbagai macam hasil karya seniman yang bisa dinikmati secara langsung atau bahkan dibeli oleh pengunjung.

Selain itu, di Pasar Seni Ancol juga dibuka kursus workshop di bidang kesenian yang akan membuat pengunjung semakin terlatih untuk mengembangkan bakat dan kreativitasnya. Mulai dari musik dan vokal, grafiti, stone painting, kerajinan, membatik, merajut, dan lain-lain.

9. Gondola

kereta gantung di jakarta

Sarana rekreasi yang satu ini sangat menantang untuk dicoba karena pengunjung diajak untuk menikmati keindahan Teluk Jakarta dan aneka wahana di Ancol dari atas ketinggian. Gondola yang disiapkan untuk wisatawan ada 37 unit dengan kapasitas 6 orang dewasa/cabin.

Pada wahana ini pengunjung juga bisa menikmati makan di atas ketinggian atau mencoba wahana Cabin Adrenalin dengan lantai transparan dan tanpa dinding kaca yang membuat adrenalin semakin terpacu.

10. Jakarta Bird Land

Rekomendasi tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah unik dan menarik untuk disambangi adalah Jakarta Bird Land. Ada banyak keseruan yang bisa dilakukan di tempat ini. Selain menyaksikan aneka jenis burung, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan burung.

Tempat ini bukan hanya sekedar taman rekreasi saja tetapi juga menjadi pusat konservasi bagi berbagai jenis burung yang terancam punah. Hal yang menarik, Thematic Hardscape yang ada di Jakarta Bird Land rupanya tidak ditemukan di taman burung lainnya di Indonesia.

11. Putri Duyung Ancol

resort di jakarta

Untuk menikmati momen liburan yang istimewa bersama keluarga, pilihan terbaiknya adalah mengunjungi Putri Duyung Ancol yang menyediakan 131 cottages dengan fasilitas lengkap di dalamnya. Berada di tempat ini akan membuat siapa saja betah dan ingin kembali lagi.

Di kawasan resort ini wisatawan bisa menikmati pemandangan laut nan mempesona sambil menyantap aneka hidangan istimewa yang tersaji. Selain itu, tersedia pula berbagai jenis wahana yang bisa dimanfaatkan untuk melengkapi momen liburan sehingga lebih sempurna.

Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata di Indonesia yang populer dan menjadi tujuan wisata favorit masyarakat. Tempat wisata yang sudah berusia lebih dari 50 tahun ini terus berkembang dan menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Klik www.ancol.com untuk pemesanan tiketnya.