Tempat Belajar di Jakarta yang Asyik dan Nyaman untuk Dikunjungi

Setiap orang pastinya punya preferensi berbeda terkait tempat belajar di Jakarta yang ideal. Tapi, setuju tidak kalau belajar sambil bermain di tengah hutan kota adalah sensasi yang unik. Pikiran seketika langsung fresh ketika berada di tempat yang dikelilingi pepohonan rindang.

Di kota Jakarta, wisata edutainment ini dapat dengan mudah ditemukan di Pademangan, tepatnya di Allianz Ecopark. Taman yang membentang seluas 34 hektare ini menawarkan lebih dari sekadar tempat wisata biasa. Banyak aktivitas menarik yang bisa dicoba. Mau tahu lebih lanjut? Yuk baca terus!

Suasana Allianz Ecopark

Wahana edutainment Allianz Ecopark terbagi menjadi empat zona, di antaranya Eco Art, Eco Care, Eco Nature dan Eco Energy. 

Masing-masing menawarkan beragam program menarik yang bisa dijadikan agenda akhir pekan bersama teman-teman, keluarga atau orang tersayang. Berikut adalah daya tarik dari setiap zona:

1. Eco Art

Zona ini bisa dibilang surganya penikmat karya seni. Sejumlah pertunjukan seni dan pameran adalah daya tarik yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Eco Art.

Pada waktu tertentu, pengunjung dapat menyaksikan penampilan teater di panggung terbuka Fantastique Magic Fountain Show. Cerita yang dipentaskan biasanya Buto Ijo dan Timun Mas. Pertunjukan ini berlangsung kurang lebih selama 60 menit. 

Penyusunan skrip yang asyik serta pemeran yang berkomitmen membuat pertunjukan terasa singkat. Buat yang mengaku berjiwa seni, pastinya betah berlama-lama di sini.

2. Eco Care

Zona yang kedua adalah zona dimana pengunjung bisa bermain sepuas-puasnya dengan wahana edukasi bersifat kekeluargaan. Tempat belajar di Jakarta ini mengajak pengunjung untuk melarikan diri dari kehidupan kota sejenak dengan adanya program bercocok tanam.

Pengunjung bisa belajar bagaimana cara menanam sayuran yang baik dan benar. Pengalaman terasa autentik, karena sawah dibuat seperti aslinya. Ada pula ladang besar untuk mengasah keterampilan berkebun pengunjung.

Program ini sangat cocok untuk menggali potensi buah hati melalui kegiatan yang positif dan menyenangkan.

3. Eco Nature

Eco Nature kerap dituju oleh para pecinta hewan. Zona ini adalah kawasan yang memungkinkan pengunjung untuk melihat dari dekat beragam satwa menggemaskan dan unik. Area ini sebetulnya bagian dari Faunaland, yaitu salah satu wahana yang bisa dikunjungi.

Wisata ini cocok dijadikan wisata keluarga. Selain menghibur diri, pengunjung pun akan menambah wawasan ketika berinteraksi dengan aneka hewan, seperti keran, rusa, burung kasuari hingga pelikan. Ada juga ikan koi, gurami dan lele yang mendiami danau buatan di Eco Island.

4. Eco Energy

Tempat belajar di Jakarta yang mengusung konsep green lifestyle ini tentu kurang lengkap kalau belum menyediakan wahana tentang konservasi energi dan sumber energi alternatif. Semua itu dapat ditemukan di zona Eco Energy.

Mengunjungi zona ini akan membuka jendela wawasan para pengunjung, sehingga lebih bijak dalam menggunakan energi. Pengunjung pun menjadi semakin paham dengan variasi energi alternatif beserta cara penggunaannya.

Fasilitas Allianz Ecopark

Wisata yang menjadi satu dengan Taman Impian Jaya Ancol ini menyediakan beberapa fasilitas lengkap untuk menunjang kebutuhan pengunjung, di antaranya:

  • Toilet umum
  • Tempat makan (food court)
  • Tempat ibadah
  • Tempat istirahat
  • Area parkir yang luas
  • Penyewaan sepeda, e-bike, boogie car, dan transportasi lainnya.

Aktivitas Edutainment di Allianz Ecopark

Tempat ngerjain tugas di Jakarta ini menawarkan sejumlah program belajar sambil bermain dan terbuka untuk segala usia. Berikut adalah beberapa aktivitas menyenangkan yang patut dimasukkan ke rencana tamasya nanti:

1. Rumah Lebah

Tidak perlu takut disengat ketika mengunjungi wisata ini. Pengunjung akan diberikan pakaian khusus dan didampingi oleh para tutor berpengalaman selama mengikuti wahana edukasi ini. Rumah Lebah pada dasarnya adalah area penangkaran lebah madu.

Nantinya pengunjung diajarkan bagaimana cara mengolah madu dari awal, mulai dari mengambil sarang lebah, mengekstraksi madu, sampai mengolahnya supaya siap dikonsumsi. 

Pembelajaran menarik ini dijelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami. Pengunjung juga mendapatkan edukasi tentang jenis-jenis, manfaat dan pola hidup lebah madu 

2. Learning Farm

Program yang ada di Learning Farm kerap membuat tempat belajar di Jakarta ini sebagai tujuan wisata keluarga. Learning Farm didukung oleh fasilitas yang membantu mengembangkan minat dan bakat anak melalui pembelajaran sambil bermain.

Ada aktivitas bercocok tanam, berkebun, beternak, dan masih banyak lagi. Anak pastinya senang diajak bermain peran sebagai petani sungguhan. Meski berada di jantung kota Jakarta, tempat pertanian disulap seperti di pedesaan, sehingga semakin berkesan.

Pembelajaran dimulai dari penanaman bibit, penyiraman, hingga panen. Bahkan anak juga diajarkan tentang manfaat menggunakan pupuk organik. 

Selepas dari mengikuti program ini, anak akan menjadi lebih berwawasan terkait siklus tumbuh sayuran. Tentunya ini bisa menjadi pengalaman yang akan diingat-ingat anak hingga tumbuh dewasa.

3. Eco Market

Eco Market adalah pasar yang selalu buka pada akhir pekan dan hari libur nasional. Produk yang dijual di sini bukan sekadar produk biasa. 

Dijamin sayuran dan buah yang dijual di pasar ini bebas pestisida. Beberapa kerajinan tangan dan tanaman hias juga dijual dengan harga bervariasi. Buah hati bisa diajak untuk belajar tentang produk organik dan manfaatnya. 

Selain itu, Eco Market juga mempunyai pertunjukan menarik yang hanya bisa ditemukan di sini, seperti demo pembuatan kerajinan keramik, penampilan musik akustik, dan senam pagi. Perlu diketahui, Eco Market buka dari jam 6 sampai 10 siang. 

4. Outbondholic Ancol Adventure Park

Anak-anak yang mau mengasah kemampuan motorik bisa mencoba tempat belajar di Jakarta ini. Taman petualangan ini terbilang luas dengan lahan hingga 1,5 hektare. Sedikit informasi, wahana ini terbuka untuk segala usia.

Outbondholic Ancol Adventure Park terbagi menjadi dua sirkuit, yaitu sirkuit anak dan sirkuit dewasa. Nantinya pengunjung ditemani tim andal untuk trekking menuju area outbond. Wahana didesain dengan tantangan sesuai sirkuit.

Pastinya efektif untuk memacu adrenalin dengan berbagai wahana. Setiap sirkuit dipecah kembali menjadi empat zona dan masing-masing memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi. Pengunjung dibuat merasakan sensasi bermain sambil berolahraga.

Terdapat 8 permainan yang bisa dicoba. Untuk sirkuit anak memiliki kapasitas 60 orang/jam dan sirkuit dewasa mampu menampung 35 orang/jam.

5. Rumah Energi

Wahana tempat belajar asik di Jakarta ini tak kalah asyik untuk didatangi. Sebagai bagian dari kehidupan, energi mempunyai peran yang sangat penting. Itulah mengapa wahana edukasi ini sangat penting. Rumah Energi akan membekali pengunjung tentang pengetahuan energi alternatif.

Andai energi tak terbarukan habis, pengunjung lebih siap untuk menghadapi fenomena tersebut. Pembelajaran yang dibahas pun sangat menarik, mulai dari cara membuat lampu organik, biogas, pupuk dan lain sebagainya.

6. Faunaland

Di sini, pengunjung akan diajak berinteraksi dengan berbagai satwa yang jarang ditemui. Ada kura-kura raksasa, singa putih, kangguru putih dan lain sebagainya. 

Wahana ini memiliki konsep taman Papua dengan flora dan fauna yang berasal dari Asia dan Australia. Para orang tua bisa memilih wahana ini untuk mengembangkan wawasan sang buah hati secara nyata.
Tak afdal kalau tidak mengunjungi Allianz Ecopark saat main ke Ancol. Asyiknya lagi, tempat belajar di Jakarta ini gratis untuk dikunjungi. Dengan catatan memiliki tiket masuk Ancol yang bisa dibeli dari Ancol.com.