6 Taman di Jakarta Terbaik yang Menarik Dikunjungi Bersama Keluarga

Mencari wisata taman di sekitar Jakarta tidaklah sulit mengingat kota ini menyediakan banyak sekali taman untuk sekedar berteduh dari panasnya cuaca di ibukota. Taman di Jakarta memiliki berbagai macam fasilitas yang memuaskan bagi para pengunjungnya. 

Jika jenuh dengan aktivitas sehari-hari di Jakarta, rekomendasi taman di bawah ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dikunjungi. Penasaran apa saja taman yang menarik dikunjungi ketika sedang berada di Jakarta?

Taman di Jakarta Terbaik

Siapa yang tidak mengenal Taman Impian Jaya Ancol? Salah satu destinasi yang selalu ingin dikunjungi oleh siapapun yang ada di Jakarta maupun luar Jakarta.

 Dilengkapi dengan berbagai wahana dan destinasi hiburan, Ancol adalah salah satu tempat yang rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Nah, bagi yang penasaran taman apa saja yang bisa dikunjungi di Ancol, berikut adalah pilihan untuk dijadikan pertimbangan :

1. Ecopark Allianz Ancol

Memiliki luas hingga 34 hektar, Ecopark Ancol atau sering disebut dengan nama Ecopark Allianz ini menyediakan berbagai fasilitas yang menarik untuk ditawarkan kepada para pengunjungnya. 

Taman satu ini mengusung sebuah konsep seperti padang golf dengan tema green lifestyle. Para pengunjung bisa melakukan eksplorasi dengan berbagai macam tanaman yang ada sambil bermain.

Ada empat zona yang bisa dijadikan pilihan ketika berwisata ke Ecopark Allianz, di antaranya adalah :

  • Eco Art

Zona pertama ada Eco-Art yang menyediakan berbagai macam pertunjukan seni dan pameran. Pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan berbagai seni yang dipamerkan, namun juga mempelajarinya bersama seniman langsung.

  • Eco Care

Selanjutnya ada zona yang dinamakan dengan Eco-Care. Nah, di zona ini, para pengunjung bisa menikmati berbagai macam permainan edukasi untuk anak yang begitu seru dan mempererat ikatan emosi,

  • Eco Nature

Zona ketiga yang bisa dijelajahi adalah Eco Nature yang memiliki konsep edukasi dan entertainment. Di sini, para pengunjung bisa menyaksikan beragam jenis flora dan fauna yang menarik. Pengunjung akan diajak untuk berbaur bersama alam yang masih asri dan masih hijau.

  • Eco-Energy

Sesuai dengan namanya, maka zona Eco-Energy ini sengaja dibangun dengan memanfaatkan energi. Jadi, pengunjung akan diajak untuk mempelajari bagaimana caranya untuk memanfaatkan energi dengan tepat. Selain itu, pengunjung juga bisa belajar tentang apa saja yang menjadi sumber energi terbaru.

Dengan mengutamakan kembali ke alam atau Go Green, Allianz Ecopark Ancol ini adalah sat-satunya taman di Jakarta dengan kawasan hijau dengan tanaman pesisir yang langka. Berwisata ke taman ini merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Suasana yang diberikan dijamin membuat siapapun akan merasa betah karena masih memiliki konsep go green. Nah, selain  zona yang disebutkan di atas,  Allianz Ecopark Ancol juga menyediakan berbagai wahana permainan yang menarik untuk dicoba.

2. Ocean Ecopark

Walau masih berada di kawasan Allianz Ecopark Ancol, namun khusus taman di Jakarta satu ini menyediakan berbagai macam wahana permainan yang seru. 

Di taman ini, pengunjung bisa mencoba naik flying fox. Fasilitas flying fox ini cukup ekstrim namun menarik juga untuk dicoba. Selain itu, pengunjung juga bisa untuk bermain Paintball. Ada juga wahana fun bike yang menyenangkan.

Bagi pengunjung yang ingin bermain asyik di sebuah taman yang masih asri dan menenangkan, maka datang saja ke Ocean Ecopark ini. Lokasinya ada di utara Allianz Ecopark Ancol dan untuk masuk ke kawasan ini juga masih gratis.

Selain 3 wahana yang disebutkan, masih ada beberapa fasilitas permainan lainnya yang tidak kalah mengasyikkan, di antaranya adalah :

  • Skuter Mobil
  • Learning Farm Individu
  • Kano
  • Charge Sepeda 
  • Memancing
  • Water Pedal Boat
  • Ecotrike
  • Golf Car
  • Mobility ATV

Dijamin menikmati wahana permainan sambil ditemani dengan tempat yang asyik di Ocean Ecopark akan membuat siapapun merasa betah.

3. Atlantis Water Adventures 

Beda konsep dengan Allianz Ecopark Ancol, maka kali ini ada taman rekreasi air yang menawarkan tempat asyik untuk berenang dan bermain air.  Awalnya, Atlantis Water Adventures ini dinamakan dengan Gelanggang Renang Ancol.

Namun kemudian taman rekreasi air ini diubah menjadi sebuah waterboom yang menarik untuk anak-anak. Ada banyak sekali wahana dan fasilitas untuk bermain air yang dijamin membuat anak tidak ingin pulang.

Di Atlantis Water Adventures sendiri ada 9 jenis kolam yang disediakan mulai dari kolam renang untuk anak-anak, dewasa, kolam arus, ombak dan masih banyak lagi. 

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermain air yang menyenangkan, maka Atlantis Water Adventures bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk dicoba bersama keluarga.

4. Ocean Dream Samudra  

Taman selanjutnya di Ancol mengusung tema Edutainment Theme Park. Dengan nuansa konservasi alam, maka siapapun yang berkunjung ke Ocean Dream Samudra akan mendapatkan pengalaman seru untuk berinteraksi dengan hewan.

Pengunjung akan diberikan kesempatan mengenal lebih dekat lagi pada aneka satwa yang disediakan di Ocean Dream Samudra. Bisa dibilang, Ocean Dream Samudra ini adalah sebuah oceanarium terbesar di Indonesia.

Di sinilah, pengunjung bisa menyaksikan berbagai pentas hewan-hewan cerdas seperti lumba-lumba dan singa laut. Tidak hanya itu saja, ada juga beragam pentas para satwa dan akuarium yang berisikan koleksi ikan laut dan tawar.

Pengunjung juga bisa bermain di sebuah taman yang menjadi habitat dari aneka macam burung yang dikoleksi di Ocean Dream Samudra.

5. Dufan

Pergi ke Ancol sepertinya kurang seru kalau tidak datang ke Dunia Fantasi atau Dufan. Jadi, Dufan ini adalah sebuah taman rekreasi dengan 33 wahana permainan yang sangat seru dan asyik untuk dicoba bersama keluarga maupun teman-teman.

Semua wahana yang disediakan ada pilihan indoor dan outdoor. Tidak hanya menyediakan wahana permainan saja, Dufan juga menjadi tempat edutainment fisika paling besar. Berkunjung ke Dufan akan mengajak siapapun berfantasi untuk  keliling dunia dengan berbagai wahana permainannya.

Semua wahana permainan sudah berteknologi tinggi dan dibagi menjadi 9 zona yaitu :

  • Jakarta
  • Indonesia
  •  Asia
  • Hikayat
  • Eropa
  • Yunani
  • Fantasy Lights
  • Amerika
  • Kalila 

Mau bermain asyik di sebuah taman hiburan? Dufan cocok sekali dijadikan sebagai pilihan. Pengunjung juga bisa memilih sendiri opsi wahana yang disukai.

6. Faunaland

Taman di Jakarta Ancol terakhir yang jangan dilewatkan adalah Faunaland. Di sini pengunjung bisa berkeliling di sebuah taman yang asri dan masih bernuansa alam dengan koleksi satwa langka. Faunaland Ancol sangat cocok sekali dikunjungi untuk anak-anak.

Mereka tidak hanya bisa sekedar jalan-jalan dan piknik di alam terbuka, namun juga bisa menyaksikan berbagai macam koleksi satwa. Uniknya, di Faunaland ini ada satwa endemik seperti kanguru putih dan singa putih dari Afrika.

Koleksi satwa di Faunaland yang unik dan hanya bisa ditemukan di sini hampir terancam punah. Bagi yang sedang mencari tempat bagus untuk piknik di taman Ancol, Faunaland bisa jadi pilihannya.

Taman di Jakarta Ancol menyediakan berbagai macam spot bagus untuk berjalan-jalan sambil menikmati alam atau bermain di wahana yang seru. Bagi yang ingin liburan ke Ancol, pesan tiketnya segera di sini!