Informasi Lengkap Syarat Masuk Ancol Hari ini, Update Terbaru 2023

Liburan ke Ancol selalu menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan. Tidak heran jika tempat wisata unggulan di Jakarta ini tidak pernah sepi pengunjung. Namun demi kenyamanan bersama, sebaiknya wisatawan mengetahui dan memahami apa saja syarat masuk Ancol hari ini.

Masa pandemi yang berlangsung sejak tahun 2020 tentu memberikan pengaruh besar pada dunia wisata, termasuk dalam hal persyaratan untuk masuk ke lokasi wisata. Di Ancol sendiri sudah diterapkan beberapa syarat dan aturan yang tentunya harus dipatuhi oleh pengunjung.

Syarat Masuk Ancol Hari ini Update Terbaru 2023

Saat ini Ancol menerapkan aturan yang dikenal dengan istilah SSBB atau singkatan dari Senang Selamat Bareng Bareng. Memang terdengar unik, namun aturan ini sengaja dibuat sebagai peraturan di masa new normal.

Peraturan ini merupakan bentuk komitmen Ancol sebagai tempat wisata terbesar di Indonesia dalam upaya memberikan kenyamanan lebih bagi semua pihak. Salah satunya dengan memastikan bahwa semua pengunjung, tamu, staf dan mitra dalam kondisi sehat dan selamat.

Dalam hal ini Ancol telah menetapkan beberapa poin penting yang harus diperhatikan oleh semua pihak yang terlibat di dalamnya. Berikut adalah syarat masuk Ancol hari ini yang akan dijelaskan secara lengkap.

1. Sebelum Kunjungan

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pengunjung sebelum datang ke kawasan Ancol. Beberapa diantaranya adalah seperti berikut:

  • Pengunjung harus sudah mendapatkan vaksin Covid 19 minimal dosis 1 dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi untuk keperluan check-in maupun check-out.
  • Anak dengan usia <12 tahun bisa mengunjungi Ancol dengan catatan didampingi orang tua yang telah mendapatkan vaksin Covid 19 minimal dosis 1.
  • Mematuhi tata tertib dan protokol kesehatan termasuk menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker dengan benar.
  • Mematuhi aturan terkait pembatasan jam operasional serta jumlah kunjungan pada masing-masing tempat rekreasi di Ancol.
  • Manajemen Ancol hanya melayani pembelian tiket secara online di situs resmi Ancol maupun mitra yang bekerjasama, serta tidak melayani pembelian tiket secara langsung/tunai di lokasi wisata.
  • Bagi pemilik tiket Annual Pass harus reservasi minimal H-2 sebelum kunjungan dan akan mendapatkan 1 barcode sebagai akses masuk tempat wisata.
  • Bagi pengunjung yang tidak memiliki barcode untuk akses masuk tidak diperbolehkan masuk.
  • Kawasan rekreasi Ancol hanya memberlakukan transaksi non tunai melalui beberapa fasilitas yang telah tersedia.
  • Seluruh pengunjung wajib melakukan pengecekan suhu tubuh. Jika ada pengunjung yang suhu tubuhnya >37,3o C maka tidak diizinkan memasuki kawasan wisata. Nantinya akan dilakukan reschedule ulang untuk kunjungan di lain waktu.
  • Akan diberlakukan pembatasan parkir serta pengaturan titik masuk bagi pengunjung oleh Manajemen Ancol.
  • Selama berada di kawasan wisata Ancol pengunjung wajib mengenakan masker dan jika melanggar akan dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.
  • Sangat disarankan untuk membawa peralatan makan dan minum sendiri. Untuk keperluan ibadah, pengunjung juga wajib membawa perlengkapan ibadah sendiri.
  • Penyesuaian kegiatan operasional tempat wisata berlaku selama masa operasional terbatas. Termasuk jam operasional yang berkurang serta penghentian kegiatan maupun wahana yang bisa melibatkan kerumunan massa.
  • Disediakan fasilitas bagi pengunjung untuk menjaga kebersihan, baik berupa fasilitas untuk cuci tangan maupun hand sanitizer. Pada area wisata juga dilakukan pembersihan secara berkala menggunakan cairan desinfektan.

Semua ketentuan yang telah dijelaskan di atas bisa berubah sewaktu-waktu. Seluruh perubahan yang terjadi akan langsung diberlakukan secara efektif sehingga wajib untuk dipatuhi.

2. Informasi Terkait Covid 19

Terkait dengan risiko penyebaran virus Covid 19, maka Manajemen Ancol secara tegas telah melaksanakan dan menerapkan protokol kesehatan sesuai instruksi pemerintah serta lembaga lainnya yang berwenang.

Dengan demikian bagi masyarakat yang akan berkunjung ke kawasan Ancol, baik sebagai mitra, wisatawan, tamu maupun karyawan wajib mematuhi protokol kesehatan dan peraturan yang telah ditetapkan.

Dalam hal ini Manajemen Ancol tidak bertanggung jawab terhadap penularan maupun penyebaran virus Covid 19 karena semua menjadi tanggung jawab masing-masing. Oleh karena itu kewajiban semua pihak adalah mematuhi protokol kesehatan secara disiplin.

Pihak Manajemen Ancol memiliki hak sepenuhnya untuk menolak dan memulangkan pengunjung atau orang-orang yang menunjukkan gejala Covid 19 atau berisiko tinggi menularkan Covid 19.

3. Aturan Parkir

Syarat masuk Ancol hari ini juga berkaitan dengan aturan parkir dan akses keluar masuk tempat wisata. Pada lokasi tertentu akan diberi tanda yang mengatur jarak kendaraan. Selain itu juga ada pembatasan pada pintu masuk dan keluar di kawasan Ancol.

Untuk akses masuk hanya dibuka melalui pintu masuk pejalan kaki dan kendaraan di kawasan Ancol Timur serta pintu masuk untuk pejalan kaki di halte Transjakarta Ancol. Pada akses pintu masuk di Ancol Barat, Pintu Marina dan Carnaval untuk sementara ditutup.

4. Pengecekan Suhu Tubuh

Untuk mencegah penularan Covid 19, maka dilakukan pengecekan suhu tubuh bagi setiap pengunjung, mitra, tamu maupun karyawan. Untuk aturan tersebut, pihak manajemen membagi pengecekan suhu tubuh menjadi dua, yaitu:


Penyaringan Pengunjung

Penyaringan Tamu, Karyawan dan Mitra

Pengunjung akan menjalani pengecekan suhu tubuh di pintu masuk yang dibuka. 
Bagi yang suhu tubuhnya >37,3oC maka tidak diperbolehkan masuk dan akan dilakukan reschedule di lain waktu.

Bagi tamu, karyawan dan mitra yang akan memasuki kawasan wisata Ancol diminta melakukan pengecekan suhu tubuh di rumah.
Selain itu juga diminta mengisi formulir self assessment terkait Covid 19 untuk menyelesaikan pemeriksaan kesehatan.

5. Pembatasan Kontak Fisik

Syarat masuk Ancol hari ini juga berkaitan dengan pembatasan kontak fisik. Pengunjung dan seluruh tamu, mitra maupun karyawan diharapkan mematuhi peraturan. Termasuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Adapun ketentuannya adalah seperti berikut:

  • Menggunakan masker kesehatan dengan benar dan dipakai setiap saat kecuali ketika sedang makan.
  • Penggunaan masker kostum dianggap tidak memenuhi ketentuan dan standar kesehatan yang berlaku.
  • Pembatasan aktivitas fisik bagi pengunjung diharapkan bisa menurunkan risiko penularan Covid 19 dengan tetap menjaga jarak dan menjaga kebersihan.
  • Semua jenis transaksi di kawasan Ancol adalah non tunai sehingga pengunjung harus mematuhi ketentuan tersebut.
  • Untuk pemesanan dan pembelian tiket hanya bisa dilakukan secara online, baik melalui situs resmi Ancol maupun mitra yang bekerjasama.

6. Jarak dan Kapasitas Fisik

Dengan mempertimbangkan physical distancing, Manajemen Ancol melakukan pengelolaan jumlah pengunjung serta jumlah karyawan sesuai peraturan pemerintah. Adapun ketentuannya adalah seperti berikut:

  • Memasang tanda yang menginformasikan jarak fisik yang harus dipatuhi saat berada di kawasan umum atau antrian.
  • Melakukan pelatihan kepada petugas untuk membantu memberikan himbauan dan sosialisasi terkait ketentuan jarak fisik di kawasan wisata.

7. Kebersihan dan Sanitasi

Kawasan wisata Ancol sudah dilengkapi dengan fasilitas kebersihan yang memadai sehingga cukup efektif untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid 19. Mulai dari fasilitas cuci tangan dan hand sanitizer di seluruh kawasan wisata hingga pembersihan secara berkala.

8. Training Petugas

Demi keselamatan dan kenyamanan bersama, karyawan dan petugas operasional telah mendapatkan pelatihan dan pengembangan dalam memberikan pelayanan yang aman dan nyaman bagi semua pengunjung.

Dengan mengetahui apa saja syarat masuk Ancol hari ini seperti yang telah dijelaskan di atas, maka diharapkan semua pengunjung, mitra, tamu dan karyawan bisa mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku. Untuk informasi maupun pemesanan tiket, silakan kunjungi www.ancol.com.