Ancol : Destinasi One-Stop Leisure di Utara Jakarta

Jakarta sebagai ibu kota negara menawarkan beragam pilihan obyek wisata menarik, salah satunya adalah Ancol. Berlokasi di Jakarta Utara, kawasan tepi laut ini menghadirkan sederet hiburan dan wahana permainan seru. Tak ayal, Ancol tidak pernah sepi pengunjung terutama pada hari libur.

Selain Sea World yang menyuguhkan uniknya akuarium raksasa, ada pula Dufan yang semakin menantang dengan hadirnya berbagai wahana baru seperti Halilintar dan Tornado. Ancol juga memiliki area outdoor dan indoor yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti konser atau pertemuan.

4 Kunci Kegembiraan di Ancol

Taman Impian Jaya Ancol atau sering disebut sebagai Ancol merupakan kawasan wisata terpadu yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Berdiri sejak tahun 1966, saat ini Ancol menawarkan empat atraksi yang tentunya tidak boleh Anda lewatkan.

1. Rekreasi dan Resort

waterboom di jakarta

Ancol adalah destinasi wisata terlengkap di Jakarta. Berlokasi di tepi pantai, Anda akan disuguhkan pemandangan lepas pantai yang indah serta udara nan segar. Ditambah lagi dengan sederet tempat rekreasi yang membuat Ancol menjadi destinasi terbaik bagi Anda dan keluarga.

  • Dunia Fantasi

Dufan merupakan taman bermain outdoor terbesar di Indonesia. Setiap pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pertunjukan seperti Fantasi Keliling Dunia serta wahana menantang yang pastinya akan menguji adrenalin Anda. 

Selain pertunjukan dan wahana, Dufan juga akan memuaskan perut Anda dengan hadirnya sejumlah restoran serta kedai-kedai makanan bisa ditemukan dengan mudah. Tersedia pula toko merchandise untuk menghadiahkan oleh-oleh khas Dufan untuk keluarga Anda di rumah.

  • Sea World

Untuk melengkapi liburan Anda, Ancol menghadirkan Sea World yang menyajikan beraneka ragam biota laut. Selain sebagai sarana hiburan, kawasan wisata ini juga menjadi salah satu sarana edukasi yang pastinya menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Terdapat lebih dari 28 display yang bisa Anda jumpai di Sea World, meliputi 9 akuarium air tawar, 4 kolam terbuka, dan 19 akuarium lain dengan berbagai jenis ikan. Terdapat pula wahana menantang seperti akuarium hiu, Jellyfish Sphere, hingga Museum Misteri Kehidupan Laut Dalam.

  • Ocean Dream Samudra

Mengusung konsep taman bermain dan edukasi, Ocean Dream Samudra menyuguhkan oceanarium terbesar di Indonesia. Di sini Anda bisa menyaksikan pentas lumba-lumba dan singa laut, peragaan satwa, hingga taman burung dari berbagai habitat.

Selain menikmati berbagai pertunjukan satwa, Anda juga bisa menjajal beragam wahana seru seperti Cinema 5D, Istana Penguin, hingga Kids Playground.

  • Atlantis Water Adventure

Nikmati serunya petualangan air di Atlantis Water Adventure. Kawasan wisata seluas 7 hektar ini menjadi salah satu tempat rekreasi air terfavorit. Selain karena tarif yang tergolong murah, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana yang pastinya seru dan tak terlupakan.

Di antara wahana yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda berkunjung ke Atlantis adalah Asthatirta, Crazy Slide, Skybox, dan Dragon Race. Hadir pula Rainbow Splash Pool, Apollo Pool, hingga Elephant Pool yang bisa memuaskan keinginan Anda untuk bermain air.

2. Area Indoor dan Outdoor

resort di jakarta

Selain menawarkan sederet sarana hiburan dan edukasi, Ancol juga memiliki area indoor dan outdoor yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti gathering perusahaan, pertemuan bisnis, pesta pernikahan, hingga konser.

  • Allianz EcoPark

Berdiri di lahan seluas 34 hektar, Allianz EcoPark merupakan sarana rekreasi yang mengusung konsep kembali ke alam. Ada berbagai permainan outdoor seru yang cocok untuk acara perusahaan atau keluarga, seperti paintball, panahan, hingga berperahu.

Kawasan ini terbagi menjadi 4 zona, yaitu Eco Care yang menyuguhkan permainan edukatif, Eco Art yang menampilkan pameran dan pentas seni, Eco Nature yang mengajak Anda mengenali flora dan fauna, serta Eco Energi yang mengedukasi pengunjung tentang pemanfaatan energi.

  • Putri Duyung

Hadir dengan pemandangan laut yang menawan, Putri Duyung menjadi salah satu pilihan untuk menginap. Resort ini memiliki 133 kamar serta dilengkapi dengan beragam fasilitas seperti infinity pool, fun bike, hingga jogging track.

Untuk keperluan meeting, seminar, atau pertemuan lainnya, Putri Duyung menawarkan ballroom dan ruang meeting yang tentunya nyaman serta memiliki fasilitas lengkap. Tersedia pula lokasi untuk mengadakan pesta pantai yang meriah.

  • Ecovention

Ecovention merupakan salah satu hall yang terletak di Ocean EcoPark. Area indoor seluas 5.000 meter persegi ini menjadi tempat yang ideal untuk berbagai keperluan seperti pameran, pentas seni, dan masih banyak lagi.

  • Pantai Karnaval

Pantai Karnaval mengajak Anda untuk menikmati konser artis-artis ternama ibu kota. Lokasi outdoor dengan pemandangan pantai eksotik juga menjadi tempat strategis untuk menikmati berbagai sajian kuliner lokal maupun internasional.

3. Kuliner dan Wisata Belanja

wisata kuliner jakarta

Perut kenyang adalah salah satu sumber kebahagiaan. Setelah puas bersenang-senang menikmati wahana permainan, kini saatnya untuk memulihkan tenaga dengan makanan yang lezat. Kabar baiknya, Ancol menyediakan ragam pilihan kuliner yang tidak boleh terlewatkan.

  • Ombak Laut

Restoran tepi pantai yang satu ini mengajak Anda untuk menikmati hidangan lokal dan internasional sambil ditemani pemandangan laut yang indah. Di antara menu yang tersedia, Anda wajib mencoba sajian seafood yang pastinya menggugah selera.

  • Nyiur Resto & Cafe

Tempat makan ini terletak di resort Putri Duyung. Restoran terkemuka di kawasan Ancol ini menyuguhkan makanan tradisional dan modern khas Indonesia. Salah satu menu yang direkomendasikan adalah Sop Buntut Nyiur yang memiliki cita rasa menggoda.

  • Ayam Tepi Laut

Sajian ayam yang renyah berpadu dengan pedasnya sambal melengkapi wisata Anda di kawasan Ancol. Ditambah lagi dengan panorama eksotik serta udara pantai yang segar. Tentukan pilihan sambal Anda sesuai selera, mulai dari sambal mangga hingga sambal hitam yang membuat lidah bergoyang.

4. Wisata di Kepulauan Seribu

tempat wisata pulau di jakarta

Berkunjung ke Ancol tak lengkap rasanya tanpa menyeberang ke Kepulauan Seribu. Terdiri dari ratusan pulau-pulau kecil, Kepulauan Seribu bisa menjadi destinasi tepat bagi Anda yang ingin melepas penat dan menjauh dari hiruk pikuk ibu kota.

  • Pulau Bidadari

Pulau yang terkenal dengan keindahan pantainya ini berjarak sekitar 15 km dari Jakarta dan dapat ditempuh dengan 30 menit perjalanan. Tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan uang, Anda sudah bisa menikmati keindahan pantai pasir putih dengan air yang jernih.

  • Pulau Pari

Penasaran dengan sensasi mengendarai sepeda di tengah pulau? Jadwalkan kunjungan ke Pulau Pari dan nikmati syahdunya bersepeda sambil menikmati desiran ombak, angin sepoi-sepoi, dan udara bersih nan segar.

Karena berukuran kecil, pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengelilingi pulau ini. Dijamin Anda betah dan serasa tidak ingin pulang!

  • Pulau Dolphin

Mengunjungi pulau tak berpenghuni ternyata tidak seseram yang dibayangkan. Anda justru akan disuguhi dengan suasana pantai yang sunyi, bersih, dan masih terjaga. Meskipun tidak jauh dari ibu kota, keindahan pulau ini tak kalah dengan Kepulauan Maladewa.

Banyak pengunjung menghabiskan waktu di Pulau Dolphin untuk berenang, berkemah, atau sekedar menikmati pemandangan. Ajak keluarga dan rasakan pengalaman tak terlupakan di pulau perawan ini.