Ragam Aktivitas Seru di Allianz Ecopark Bersama Keluarga

Jakarta adalah Ibu Kota Indonesia yang terkenal dengan kemacetan dan kepadatan penduduk. Akan tetapi bukan berarti Jakarta tidak memiliki destinasi wisata menarik karena ada Allianz Ecopark yang menjadi rekomendasi tempat liburan di akhir pekan. 

Tempat wisata ini bukan hanya untuk rekreasi saja, melainkan juga untuk sarana edukasi keluarga. Jadi, jika bingung mau pergi ke mana, tidak ada salahnya untuk pergi ke sini. Tempat ini mengusung konsep kesegaran alam yang hijau sehingga selama berada di sana akan terasa sejuk. 

Alamat, Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Alamat lengkapnya berada di Jalan Lodan Timur Nomor 7 RW 10 Ancol Kecamatan Pademangan Jakarta Utara Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Adapun harga tiket yang harus dibayarkan oleh setiap pengunjung adalah Rp25.000 saja.

Akan tetapi apabila pengunjung ingin mengikuti kelas wisata, maka biayanya beragam mulai dari Rp35.000 sampai dengan Rp500.000. Jika Anda ingin berkunjung maka bisa datang kapan saja karena terbuka setiap hari mulai dari Senin sampai Minggu. Adapun untuk jam operasionalnya adalah mulai pukul 6 sampai 5 sore.

Aktivitas Menarik di Lokasi

Allianz Ecopark tentunya menyediakan beragam wahana seru dan menarik yang siap Anda kunjungi. Semua wahana di sini akan memberikan kesan liburan yang menyenangkan sehingga menjadi perjalanan tidak terlupakan. Apa saja wahana-wahana tersebut? Ini dia penjelasannya. 

1. Bermain Rumah Lebah 

Rumah Lebah merupakan salah satu destinasi wisata menarik di lokasi ini yang harus Anda kunjungi. Tidak hanya memberikan pengalaman seru saja tetapi juga untuk wisata edukasi. Selain itu, pengunjung juga akan mendapatkan pengalaman untuk berinteraksi secara langsung dengan lebah-lebah di sini. 

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mempelajari berbagai wawasan penting terkait manfaat, pola hidup dan jenis-jenis lebahnya lewat para tutor ahli. Pengunjung juga diberikan akses untuk masuk ke area penangkaran lebah dan bisa mencoba menggunakan alat ekstraksi tanpa harus takut merusaknya. 

Cocok sekali bukan jika mengajak anak untuk ke Rumah Lebah? Anak Anda akan mendapatkan banyak wawasan baru terkait proses lebah menghasilkan madu dan madu yang diolah, jadi tidak perlu takut karena akan diawasi langsung oleh tutornya. 

2. Main Sepeda Santai di Eco-Bike 

Eco Bike adalah salah satu area di Allianz Ecopark yang cocok untuk bermain sepeda. Aktivitas ini cocok bagi pengunjung yang malas bersepeda di kota besar karena ada banyak polusi, tentu saja lebih suka jika bersepeda di lingkungan hijau sejuk dan bebas dari polusi.

Pihak pengelola sudah menyediakan jalur trek sepanjang 2 KM yang akan membuat pengunjung berkeliling ke Ocean Ecopark. Terdapat 2 pilihan sepeda yang bisa pengunjung pakai yaitu sepeda tandem untuk dua orang atau sepeda tunggal. 

Adapun harga sewa sepeda tandem adalah Rp65.000 per jamnya, sedangkan untuk sepeda tunggal harga sewanya adalah Rp35.000. Biaya yang cukup murah ini akan membuat pengunjung merasakan kenikmatan bersepeda di lingkungan hijau. 

3. Menguji Nyali Bermain Flying Fox

Selain bersepeda atau mengunjungi Rumah Lebah, pengunjung juga bisa menguji adrenalin dengan bermain flying fox. Flying fox merupakan salah satu wahana yang banyak peminatnya karena sangat seru, selain itu wahana ini juga merupakan salah satu produk dari Ancol. 

Menguji adrenalin dengan ketinggian seperti berada di lantai 7 sebuah gedung dan panjang talinya mencapai 480 meter ini sangat sayang untuk dilewatkan. Akan tetapi, jika tidak berani sebaiknya jangan bermain flying fox ya!

4. Duduk-Duduk di Outbondholic Resto

Outbound Holic Resto merupakan tempat untuk bersantai bagi pengunjung yang datang ke Allianz Ecopark Ancol Jakarta Utara. Restoran ini merupakan fasilitas bagi pengunjung yang merasa lapar atau menunggu anaknya untuk bermain outbound

Tidak hanya itu, restoran ini juga sudah menyediakan beberapa fasilitas lain seperti kamar ganti dan washing room. Ada beragam menu yang ditawarkan yaitu menu makanan Asia, tradisional atau western dan tentunya harganya juga terjangkau. 

5. Memancing Ikan

Bagi pengunjung yang merasa bosan bisa memancing ikan karena pihak pengelola sudah menyediakan area khusus. Terdapat kolam ikan dan fasilitas seperti alat pancing dengan harga sewa Rp25.000 yang termasuk umpan pancingnya. 

Jadi, pengunjung tidak perlu repot-repot lagi untuk membawa alat pancing karena sudah disediakan oleh pihak pengelola. Memancing di akhir pekan bersama dengan keluarga memang solusi menarik untuk menghilangkan penat dari tumpukan pekerjaan. 

6. Archery Battle

Siapa yang suka memanah? Tidak salah kalau Anda berkunjung kesini karena pihak pengelola juga menyediakan tempat untuk bermain panahan. Panahan merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat seru dan sesuai namanya aktivitas ini menantang Anda bermain panahan dengan orang lain. 

Bermain panahan dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuan motoriknya, mengasah kerja sama dan kecermatan agar bisa menang dalam pertandingan. Selama bermain, pengunjung akan dibekali dengan alat pengamanan di seluruh bagian tubuh agar lebih nyaman. 

Pengunjung tidak perlu takut terluka karena pihak pengelola juga sudah menyediakan seorang tutor. Selain itu syarat agar bisa ikut panahan tingginya minimal 145 cm, jadi untuk yang kurang dari itu, bisa bermain wahana lainnya saja ya!

7. Mengayuh Kano

Liburan ke Allianz Ecopark Ancol Jakarta akan terasa kurang apabila tidak mencoba wahana yang satu ini. Pengunjung bisa berkeliling menikmati hijaunya alam dengan menaiki kano, ini adalah wisata yang paling disukai oleh keluarga dan pasangan. 

Satu perahu kano bisa memuat untuk 4 orang, bersama dengan keluarga mengayuh kano secara perlahan-lahan merupakan pengalaman paling menyenangkan. Demi alasan keamanan, setiap pengunjung akan dibekali dengan pelampung, jadi setiap pengunjung harus mendengarkan instruksi dari pengarah. 

Fasilitas Pengunjung di Lokasi

Sebagai destinasi yang selalu ramai pengunjung setiap harinya, Ecopark memiliki banyak fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Ada beberapa fasilitas yang memang disediakan oleh pihak pengelola seperti tempat ibadah, tempat istirahat, restoran, toilet, area parkir luas dan sebagainya. 

Khusus di hari libur nasional dan akhir pekan, pihak pengelola juga menyediakan Eco-Market. Eco-Market merupakan sebuah pasar organic yang menjual buah dan sayur sehat tanpa bahan pestisida. Tidak hanya itu, semua pengunjung juga bisa membeli kerajinan tangan dan tanaman hias di sini. 

Eco-Market merupakan pasar yang menjual oleh-oleh dari Ecopark, jadi pengunjung yang ingin membeli buah tangan bisa langsung datang ke sini. Tidak perlu khawatir karena harganya juga terjangkau, selain itu suasana pasar menjadi lebih menyenangkan karena terdapat acara hiburan musik dan senam pagi. 

Pilihan Transportasi ke Ecopark

Jika ingin berkunjung ke lokasi yang berada di Kawasan Taman Impian Jaya Ancol ini mudah karena tersedia beragam pilihan transportasi umum. Anda bisa menggunakan kereta yang rutenya ke Tangerang, Depok, Serpong, Bekasi atau Bogor. 

Setelah itu, Anda bisa naik bus TransJakarta menuju Ancol lewat koridor 5 atau koridor 1. Atau dengan transportasi lain seperti bus umum atau Kopaja dari jurusan Grogol-Ancol, Blok M-Ancol dan Grogol Tanjung Priok. 

Allianz Ecopark merupakan pilihan destinasi wisata Ancol yang jarang ada di kota lain. Ecopark menyediakan beragam wahana seru dan menarik yang juga menjadi sarana edukasi bagi pengunjung. Jangan lupa ajak keluarga dengan memesan tiket langsung di https://www.ancol.com/