BERITA

Waaahhh... Ancol Terus Berbenah!

Selasa, 5 April 2011

Semakin banyaknya wahana rekreasi keluarga di Jakarta, PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA) telah mempersiapkan beberapa hal guna mempertahankan daya saing. Untuk mencapai target pengunjung setiap tahunnya, Ancol melakukan beberapa inovasi dengan membuat wahana baru dan program customer care.

Demikian dikatakan Direktur Utama PT PJA, Budi Karya Sumardi, saat meluncurkan program Premium Dufan, Sabtu (2/4/2011), di Ancol, Jakarta Utara. Budi mengatakan, untuk penambahan wahana baru, PJA telah mempersiapkan "Kalila", yang rencananya diluncurkan 15 Juni mendatang. Selain program itu, lanjut Budi, yang menjadi kekuatan Ancol saat ini adalah suasana outdoor dan ekowisatanya.

"Dengan adanya Echopark, pengunjung bisa melihat tanaman langka, menambah edukasi lingkungan, serta memahami konsep kesenian yang ramah lingkungan," katanya.

Budi menambahkan, tingginya potensi stres hidup di kota besar saat ini, pengunjung akan lebih memilih menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dalam ruang terbuka.

Sementara itu, demi kenyamanan pengunjung, PJA juga telah menyiapkan program tersendiri untuk mengatasi kemacetan lalulintas pada akses jalan yang menuju kawasan wisata tersebut. Ia mengatakan, pengunjung dihimbau tidak membawa kendaraan pribadi saat mengunjungi Ancol. Saat ini, PJA telah melakukan kerjasama dengan perusahaan angkutan umum, seperti Transjakarta dan PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Setelah busway, kami juga bekerjasama dengan KAI yang kami harap dapat beroperasi setiap hari, terlebih saat masa liburan sekolah. Pengunjung yang datang dengan angkutan umum kami sediakan kendaraan gratis untuk berkeliling Ancol," papar Budi.

Bulan ini, dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo akan meresmikan perhelatan car freeday di kawasan utara Ancol, 16 April mendatang. Ia mengungkapkan, semua inovasi tersebut akan terus dikembangkan dengan mengusung konsep hiburan dan edukasi.