BERITA

Empat Manfaat Bersepeda

Senin, 14 Februari 2011

General Manager Taman Impian sekaligus pengagas Commuter Bike to Ancol YJ Harwanto menjelaskan empat fungsi bersepeda. Ia mengungkapkan hal tersebut pada acara bersepeda di Ecopark Ancol, Kamis (10/2/2011).

Sebelumnya, ia menceritakan awal terbentuknya Commuter Bike to Ancol. "Bermula dari keinginan kita bahwa di kawasan rekreasi yang kita jual suasananya, salah satunya adalah lingkungan. Kita ingin mereduksi CO2 dan perbanyak tanaman," katanya. Ia menambahkan sepeda merupakan kegiatan yang didedikasikan untuk mereduksi CO2.

Apalagi Harwanto dan karyawan lainnya selalu harus berkoordinasi di lapangan. Untuk kegiatan tersebut, mereka memerlukan motor untuk bergerak di lapangan.

"Tapi sekarang pakai sepeda. Jadi bagi kami, sepeda itu alat kerja," jelasnya. Ia kemudian menjelaskan fungsi pertama dari bersepeda. Fungsi pertama adalah menyehatkan.

"Saya sebelumnya obesitas, berat saya mencapai 99 kilogram. Tapi sekarang 85 kilogram. Selama satu tahun, berat badan saya turun 14 kilogram hanya dengan bersepeda," paparnya.

Dulu, ia juga mudah sakit dan sering pusing. Namun sejak mengubah gaya hidup dengan setiap hari bersepeda, tak hanya berat badan turun, ia pun merasa lebih sehat.

Sementara itu, fungsi kedua adalah mengurangi beban perusahaan. "Karena sekarang kita pakai sepeda bukan motor, perusahaan jadi lebih hemat dan efisien, karena gak makai bensin," katanya.

Tambahan lagi, sebelumnya ada ratusan motor karyawan yang beroperasi di Ancol. "Satu hari bisa menghabiskan 1-2 liter per motor," ungkapnya.

Tentu saja hal ini pun memberikan keuntungan pula bagi negara. "Untuk negara, pengurangan pemakaian bensin jadi mengurangi beban subsidi," katanya.

Fungsi keempat, lanjutnya, tentu saja untuk lingkungan. "Dengan bersepeda, tidak mengeluarkan emisi yang mencemarkan lingkungan," jelasnya.