BERITA

Sky Runner, Menari di Udara

Senin, 22 November 2010

Pengunjung Pasar Seni Ancol Jakarta berjumpalitan mencoba alat olahraga baru bernama Sky Runner. Dalam acara UrbanFest memang menghadirkan berbagai aktivitas dan komunitas khas anak muda, seperti UrbanCompetition, UrbanMusic, UrbanArt, UrbanSport, dan UrbanExhibition. Kali ini UrbanSport menampilkan dua olahraga baru yaitu Sky Runner dan Trikke.

Sky Runner merupakan alat olahraga sambil bermain. Cara memasangnya seperti sepatu tapi bertumpu pada pijakan sempit seperti enggrang. Saat mencoba memainkan alat ini, keseimbangan hal utama yang harus dikuasai.

Tapi jika sudah menguasai alat ini, pemain bisa melompat-lompat bebas layaknya sedang menari di udara. "Jika sudah beradaptasi nanti bisa sprint di udara  dan bisa jalan dengan satu kaki. Yang  penting balancing," jelas Junidianti, koordinator Komunitas Sky Runner Indonesia.

Alat ini baru masuk Indonesia pada tahun 2010. Padahal di Olimpiade 2008 di Beijing Sky Runner sudah diperlombakan.

Menurut Junidianti, Sky Runner dapat melatih jantung dan membentuk otot. Para pengunjung UrbanFest 2010 pun tampak antusias mencoba alat ini. "Reaksi awalnya pengunjung kaget dan merasa aneh lihat produk ini. Akhirnya dicoba dan dalam waktu dua menit langsung bisa," cerita Junidianti.

Harga alat ini Rp 1.999.900 untuk ukuran Child dan Rp 2.499.900 untuk ukuran Adult. Tapi khusus selama dua hari acara UrbanFest 2010, harganya hanya Rp 650.000 untuk Child dan Rp 1.350.000 untuk Adult.

Alat olahraga unik lainnya yang mengundang perhatian pengunjung UrbanFest 2010 adalah Trikke. Trikke ini bentuknya sekilas mengingatkan pada otopet. Cara menggerakannya dengan badan. Ada dua tipe Trikke, yaitu dengan listrik dan tanpa listrik.

Khusus dalam acara UrbanFest 2010, Komunitas Trikke Indonesia ingin memperkenalkan Trikke tanpa listrik. "Barangnya baru masuk Indonesia, jadi kita coba mau kenalin masyarakat," kata Ressa, anggota Komunitas Trikke.

UrbanFest merupakan acara tahunan hasil kerja sama Prambors Radio, Kompas Gramedia, Ancol, dan Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Acara berlangsung tanggal 20-21 November 2010, mulai pukul 11.00 sampai selesai.

Jika Anda datang ke acara UrbanFest, siap-siap menyaksikan penampilan Parkour, streetball, skateboard, sampai pertandingan Futsal gladiator. Selain olahraga, ada pula komunitas seni seperti lomography, graffiti, dan masih banyak lainnya. Ada pula komunitas hobi dan koleksi, serta pertandingan olahraga seperti futsal.

Dalam UrbanFest 2010, terdapat beberapa panggung yang menampilkan lebih dari 60 indie band dan band-band lain seperti Sajamacut, Rocket Rockers, dan masih banyak lainnya.