BERITA

CARA MUDAH MENUJU ANCOL

Senin, 27 September 2010


PRESS RELEASE

CARA MUDAH MENUJU ANCOL

Jakarta, 17 September 2010

Kemudahaan akses menuju destinasi wisata merupakan salah satu infrastruktur yang terus dikembangkan oleh PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk, sebagai pengelola destinasi wisata Ancol Taman Impian. Oleh karena itu, dengan bekerjasama dengan berbagai pihak antara lain PT. Kereta Api Indonesia (PT. KAI) dan Trans Jakarta, Ancol terus mendukung penggunaan transportasi massal untuk seluruh pengunjung.
Kemudahan aksesibilitas menuju Ancol dapat menggunakan :

Akses Kereta Wisata :
- Rute : Tangerang, Serpong, Depok, Bekasi & Bogor.

Akses Busway :
- Ancol – Kampung Melayu—Kampung Rambutan
- Ancol – Lebak Bulus

Akses Kendaraan Umum :
- Bus Rute Blok M- Priok, Grogol - Priok
- Sarana pendukung lain seperti Mikrolet M15 A dan M 15 (Station Kota)

Akses Jalur Tol :
- Tol Lingkar Dalam – Ancol : Gunung Sahari dan Kemayoran
- Tol Lingkar Luar – Ancol : Tangerang/ Serpong menuju Ancol

Kereta Wisata Ancol

Untuk moda transportasi masaal kereta api, Ancol bekerjasama dengan PT. Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek dengan meluncurkan program “Masuk Ancol Hanya Rp 7.500” bagi warga Tangerang, Serpong, Bekasi, Depok, dan Bogor yang ingin berwisata dan menikmati masa liburan Lebaran 2010 pada tanggal 11, 12, 13, 18, dan 19 September 2010 dengan memanfaatkan Kereta Express Wisata Ancol yang dilengkapi  dengan pendingin (AC).

“Pengguna Kereta Express Wisata Ancol dari Tangerang, Serpong, Bekasi, Depok, Bogor cukup menunjukkan tiket kereta pada tanggal yang sama untuk bisa menikmati program masuk Ancol hanya Rp 7.500 untuk setiap pengunjung,” kata Budi Karya Sumadi, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA), perusahaan pengelola kawasan Ancol Taman Impian.

Untuk memudahkan pengunjung, mereka akan mendapatkan tiga lembar kertas. Kertas pertama merupakan tiket kereta menuju ke Ancol dari stasiun keberangkatan, kertas kedua merupakan tiket masuk Ancol, dan kertas ketiga adalah tiket pulang ke stasiun keberangkatan. Program ini diselenggarakan Ancol untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi warga masyarakat Jakarta, dan sekitarnya khususnya dari wilayah Tangerang, Serpong, Bekasi, Depok dan Bogor dalam rangka menikmati masa liburan Lebaran 2010 di Ancol Taman Impian.

Operasional kereta wisata Ancol dari masing-masing stasiun awal juga diatur sedemikian rupa agar pengunjung bisa berwisata ke Ancol Taman Impian dengan nyaman dan puas. Untuk tujuan Stasiun Tangerang-Ancol dan Serpong-Ancol, jam keberangkatan KA dari stasiun awal masing-masing pada pukul 07.55 dan 08.30 WIB. Sedangkan waktu kepulangan/keberangkatan dari Stasiun Ancol masing-masing pukul 16.05 dan 17.05 WIB.

Keberangkatan dari Stasiun Bekasi pada pukul 08.25 dan keberangkat pulang dari Stasiun Ancol pukul 16.05 WIB. Dari  Stasiun Depok, KA berangkat pukul 08.48 WIB dan balik dari Stasiun Ancol pukul 17.05 WIB. Sementara keberangkatan dari Stasiun Bogor pada pukul 08.25 dan keberangkatan dari Stasiun Ancol pukul 17.05 WIB. Pengunjung yang tiba dari masing-masing stasiun awal di Stasiun Ancol akan disediakan angkutan bus gratis untuk menuju Ancol Taman Impian, begitu pula untuk keberangkatan pulang ke menuju Stasiun Ancol.

Pengguna Kereta Wisata Ancol pada Lebaran pertama, Jumat 10 September 2010 sd 13 September 2010 mencapai 3.530 penggunjung, dan angka ini terus bertambah sampai akhir pekan lebaran. Bahkan meningkat dari pekan lebaran tahun lalu sebesar 2.170 pengguna kereta. Bila diihat dari bulan Januari – September 2010 telah mencapai 11.112 pengguna kereta wisata, yang juga meningkat dari angka tahun 2009 sebesar 6.257 pengguna kereta.


Trans Jakarta

Untuk Busway, Ancol bekerjasama dengan Departemen Perhubungan untuk menambah armada jalur keberangkatan ke Ancol Taman Impian, terutama pada saat pekan lebaran ini, khususnya untuk Rute Kampung Melayu- Ancol. Rute ini melewati kawasan Pademangan, Gunung Sahari Mangga Dua, Pasar Baru Timur, Budi Utomo, Senen Central, Pal Putih, Keramat Sentyong, Salemba UI, Matraman, Tegalan, Slamet Riyadi, Kebon Pala, Jatinegara, hingga Kampung Melayu.


Sedangkan busway yang menuju Kampung Melayu antara lain: Kampung Rambutan, dengan rute Kampung Rambutan, Pasar Induk, Pasar Kramat Jatinegara, PGC. Cililitan, BKN, UKI, BNN, Cawang Otista, Gelanggang Remaja, Bidara Cina hingga Kampung Melayu. Animo pengunjung yang menggunakan busway terhitung sejak tanggal 1 – 15 September 2010 ini telah mencapai 383,560 pengunjung. Angka ini terus bertambah 10% setiap tahunnya. ***(END).


Untuk informasi lebih lanjut:Departemen Corporate Plan: dengan sdri. Sofia Cakti & Nicke Putri :
021 6454567